Ke Final Piala AFF U-23 2023, Timnas U-23 Indonesia Bertarung untuk Jadi Jawara ASEAN Lagi

Ke Final Piala AFF U-23 2023, Timnas U-23 Indonesia Bertarung untuk Jadi Jawara ASEAN Lagi
info gambar utama

Timnas U-23 Indonesia masuk final Piala AFF U-23 2023. Artinya, Garuda Muda tinggal selangkah lagi untuk berhasil kembali merebut gelar juara.

Timnas U-23 Indonesia ke final Piala AFF U-23 2023 setelah mengalahkan tuan rumah Thailand pada babak semifinal. Bermain di Rayong Stadium pada Kamis (24/8/2023), Indonesia menang dengan skor 3-1.

Seluruh gol dalam laga tersebut tercipta pada babak pertama. Indonesia membuka keunggulan 1-0 terlebih dahulu lewat Kelly Sroyer pada menit ke-10. Indonesia kemudian menggandakan keunggulan menjadi 2-0 setelah Muhammad Ferrari mencetak gol pada menit ke-23.

Thailand sempat memperkecil skor menjadi 1-2 saat Chukid Wanpraphao membobol gawang Indonesia pada menit ke-menit ke-27. Namun, pemain Thailand Natcha Promsomboon justru membuat gol bunuh diri pada pengujung babak pertama. Skor 3-1 bagi keunggulan Indonesia pun tak berubah hingga laga tuntas.

Kini, Indonesia menatap laga final. Berkat kemenangan meyakinkan atas Thailand, Indonesia menyambut final dengan antusias.

"Kerja keras dan memberikan seluruh kekuatan maksimal menjadi kunci kemenangan di pertandingan ini. Kami apresiasi pemain Indonesia U-23 telah bermain bagus dan melawan tuan rumah," ujar Shin Tae-yong seperti dilansir laman resmi PSSI.

"Kita akui empat negara yang lolos di semifinal semuanya sangat kuat. Secara pribadi, saya pikir pertandingan final mendatang melawan Vietnam akan sangat bagus. Kemenangan ini juga menambah kepercayaan diri pemain," lanjutnya.

Di final, Indonesia sudah ditunggu oleh Vietnam. Adapun Vietnam lebih dulu merebut tiket ke final setelah menghadapi Malaysia di semifinal dalam laga yang berlangsung empat jam lebih awal dari Indonesia versus Thailand.

Vietnam mengalahkan Malaysia dengan skor telak 4-1. Empat gol Vietnam dicetak oleh Dinh Xuan Tien (8'), Nguyen Quoc Viet (32', 44'), dan Nguyen Hong Phuc (85'). Sementara itu, gol semata wayang Malaysia diciptakan Alif Ikmalrizal Anuar (49').

Laga final Piala AFF U-23 2023 antara Indonesia versus Vietnam dijadwalkan digelar pada Sabtu (26/8/2023) mendatang.

Lolos ke final membuat Indonesia punya kans untuk kembali meraih gelar juara. Sebelum tampil di Piala AFF U-23 2023, Indonesia memang sudah pernah merasakan juara di ajang bagi pemain-pemain muda seantero ASEAN ini.

Piala AFF U-23 telah diselenggarakan sejak 2005 dan edisi 2023 ini adalah penyelenggaraan yang kelima. Indonesia menjadi juara dalam penyenggaraan tahun 2019.

Saat itu, Indonesia menjadi juara dengan mengalahkan Thailand 2-1 di final. Sejauh ini, ada tiga tim yang telah merasakan juara Piala AFF U-23, yakni Indonesia, Thailand, dan Vietnam yang masing-masing pernah satu kali juara.

Sejarah Gemilang Tercipta, Timnas Basket Putri Indonesia Masuk Jajaran Tim Elite Asia

Referensi:

  • https://www.pssi.org/news/kerja-keras-kunci-sukses-indonesia-libas-thailand



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini