6 Jenis Ikan Mas Koki Termahal di Indonesia

6 Jenis Ikan Mas Koki Termahal di Indonesia
info gambar utama

Ikan mas koki dengan keindahan dan variasi warnanya yang begitu menakjubkan, telah lama menjadi primadona di dunia akuarium. Namun, beberapa jenis ikan mas koki memiliki keunikan dan keindahan yang begitu istimewa sehingga harganya pun melambung tinggi.

Berikut adalah ulasan mengenai beragam jenis ikan mas koki termahal di Indonesia, lengkap dengan keunikan dan kisaran harganya. Para pecinta ikan hias, mari merapat!

Sekilas Info Mengenai Ikan Mas Koki

Ikan Mas Koki atau yang dikenal juga dengan nama Goldfish adalah salah satu jenis ikan hias air tawar yang populer di seluruh dunia. Ikan ini berasal dari Asia Timur, khususnya Cina dan Jepang, dan memiliki berbagai variasi warna dan bentuk tubuh yang menarik.

Dalam budaya Tiongkok, ikan mas koki memiliki makna simbolis sebagai simbol keberuntungan dan kemakmuran. Karena itu, ikan ini sering dianggap sebagai hadiah yang baik dan sering ditemukan dalam dekorasi rumah dan taman.

Ragam Jenis Ikan Mas Koki Termahal di Indonesia yang Banyak Diburu Kolektor

Perlu Kawan ketahui bahwa ada banyak sekali jenis ikan mas koki yang bahkan telah menjadi buruan para kolektor di Indonesia bahkan seluruh dunia, berikut beberapa di antaranya :

Lionhead

Ikan mas koki Lionhead
info gambar

Ikan mas koki kepala singa atau Lionhead merupakan salah satu jenis ikan mas koki paling populer di Indonesia. Sesuai namanya, jenis ikan ini dikenal karena memiliki lekuk kepala yang mirip dengan singa, sehingga membuatnya sangat menarik. Kepala yang besar dan berbentuk bulat ini membuat ikan mas koki Lionhead terlihat menggemaskan.

Dari segi tampilannya, Lionhead memiliki berbagai variasi warna, mulai dari merah, putih, dan hitam. Karena kesulitan dalam perkembangbiakannya, Lionhead menjadi salah satu jenis ikan mas koki termahal di pasaran. Bagi Kawan yang berminat untuk merawatnya, harganya sekitar 50 ribu rupiah untuk ukuran 5-7 cm.

Bubble Eye

Ikan mas koki bubble eye
info gambar

Karakter khusus dari jenis ikan ini tak lain yaitu memiliki gelembung transparan di bagian bawah matanya. Gelembung ini tentunya mampu memberikan tampilan yang unik dan lucu pada ikan mas koki Bubble Eye. Namun, keunikan ini juga membuatnya rentan terhadap cedera sehingga pemilik perlu ekstra hati-hati dalam merawatnya.

Dengan tampilannya yang unik Bubble Eye dibanderol sekitar 135 ribuan per ekor. Namun harganya bisa lebih mahal menyesuaikan dengan ukuran dan keunikan pola warna yang dimilikinya.

Ryukin

Ikan mas koki ryukin
info gambar

Dari namanya, tentu Kawan dapat menebak jika ikan mas koki yang satu ini berasal dari Jepang. Ryukin begitu menggoda sekaligus lucu dengan punuk dan sirip lebar yang dimilikinya.

Ryukin sendiri merupakan jenis ikan hias yang cukup mahal dengan banderol 100 ribu hingga 500 ribuan per ekornya.

Tosakin

ikan mas koki tosakin
info gambar

Jenis ikan mas koki termahal ini berasal dari Jepang di mana keunikan utamanya terletak pada ekornya yang terurai panjang dan terbelah pada bagian atasnya. Hal ini pun memberikan kesan anggun dan indah di akuarium. Bahkan Tosakin dijuluki sebagai ratunya ikan mas koki karena pesona yang dimilikinya.

Sekilas, tampilan ikan ini mirip dengan ikan mas koki Ryukin, namun Tosakin tidak memiliki punuk dan mata yang besar. Ikan ini masuk dalam kategori ikan top view atau yang dinikmati keindahannya dari atas, sehingga lebih cocok dipelihara di dalam kolam. Terlihat seperti kupu-kupu yang sedang menari dengan indah, ikan ini dibanderol mulai dari 100 hingga 300 ribuan per ekornya.

Black Moor Goldfish

ikan mas koki black moor
info gambar

Dikenal karena tubuhnya yang hitam pekat dan mata menonjol, ikan ini memiliki kesan misterius dan elegan dalam akuarium. Asalnya dari Tiongkok, Black Moor Goldfish memiliki bentuk tubuh yang hampir bulat dan tidak memiliki sirip ekor yang panjang. Di pasaran, ikan ini dijual berkisar di harga 200 hingga 300 ribu untuk yang standar, tetapi jika warna dan bentuknya lebih unik maka harganya bisa lebih mahal.

Fancy Panda

ikan mas koki fancy panda
info gambar

Selanjutnya kita beralih ke ikan mas koki terakhir dalam list ini sekaligus yang disebut-sebut sebagai jenis ikan mas koki termahal yakni ikan mas koki Fancy Panda.

Sesuai namanya, ikan ini identik dengan bentuknya yang bulat serta kombinasi warna hitam dan putihnya.

Keunikan yang dimilikinya bahkan membuatnya menjadi salah satu ikan mas koki yang langka sehingga tak heran membuat harganya melambung tinggi.

Jika Kawan naksir dan ingin memilikinya, siapkan budget sekitar 150 hingga 250 ribu untuk ikan berusia dua hingga tiga bulan. Namun untuk ikan Fancy Panda berusia 1 tahun harganya berkisar di 1 juta rupiah per ekornya.

Mengoleksi jenis ikan mas koki termahal memang bisa menjadi investasi yang menguntungkan. Terlebih bagi para pecinta ikan hias, investasi dalam ikan mas koki tidak hanya menghadirkan pundi-pundi rupiah, tetapi juga bisa menjadi suatu kebanggaan tersendiri. Namun, sebelum memutuskan untuk membeli ikan mas koki, pastikan Kawan telah memahami cara merawatnya dengan baik dan benar.

Jadi, dari ke 6 ikan mas koki termahal di atas mana yang Kawan taksir untuk dipelihara di rumah?

Sumber referensi :

https://kumparan.com/seputar-hobi/ragam-jenis-ikan-mas-koki-dan-keunikannya-204NedqVVEH

https://bobo.grid.id/read/08679343/ikan-mas-koki-mata-gelembung

https://gerava.com/informasi-fakta-ikan-black-moor/

https://infokost.id/blog/jenis-jenis-ikan-koki/125224/

https://lifestyle.haluan.co/2023/04/19/jenis-ikan-mas-koki-lucu-dan-paling-populer/

https://www.rajapetshop.com/en/news/JENIS-JENIS-IKAN-MAS-KOKI-and-KEUNIKANNYA

https://www.dictio.id/t/apa-yang-anda-ketahui-tentang-ikan-mas-koki-tosakin/21323

https://www.ruparupa.com/blog/jenis-ikan-koki/

https://www.ekor9.com/23-jenis-ikan-mas-koki-yang-paling-bagus-termahal-di-pasaran/

https://www.majalahikan.com/2015/11/Jenis-Ikan-Koki.html

https://berita.99.co/harga-ikan-koki-panda/

https://www.wisklik.com/2019/04/jenis-ikan-mas-koki-populer.html

https://fokusjabar.id/2020/09/25/ini-loh-10-ikan-mas-hias-paling-populer/

https://www.kompasiana.com/amp/hermanto/54ff5116a33311874a50fd9e/tosakin-the-queen-of-goldfish

https://artikel.rumah123.com/10-jenis-ikan-mas-koki-beserta-harganya-cocok-untuk-akuarium-rumah-78362

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Raras Wenny lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Raras Wenny.

RW
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini