Menyantap Kelezatan Sate Balibul Legendaris Kota Tegal

Menyantap Kelezatan Sate Balibul Legendaris Kota Tegal
info gambar utama

Sate balibul merupakan makna dari sate kambing yang berumur bawah lima bulan. Hidangan sate ini bisa Kawan jumpai jika berkunjung ke Tegal, bahkan bagi beberapa wisatawan sate balibul menjadi makanan yang wajib untuk dicicipi.

Bagi Kawan yang akan mengunjungi Kota Tegal wajib tahu dulu nih informasi mengenai sate balibul khas “Kota Poci” ini, terlebih bagi penggemar daging kambing.

Apa itu sate balibul dan batibul

Mengenal Sate Balibul Tegal | Instagram/sategal_lamb
info gambar

Bukan hanya istilah sate balibul, di Tegal juga ada sate batibul atau sate kambing dengan usia bawah tiga bulan yang bisa Kawan cicipi. Daging kambing muda ini memiliki tekstur daging yang empuk dan aromanya yang sangat menggugah selera.

Daging kambing muda ini diiris kecil dan ditusuk di sujen (tusukan satu) dan dibakar dengan bumbu khas sate Tegal. Rasanya jangan ditanya, daging sate balibul atau batibul ini sangat gurih, sedikit manis dan pastinya tidak kenyal! Dijamin, kawan akan ketagihan dengan kelembutan daging kambing muda ini.

Perlu diketahui, sate balibul atau batibul dari Tegal ini tidak kaya akan bumbu dalam proses pembakarannya. Biasanya, sate balibul atau batibul dibakar setengah matang dan disajikan terpisah dengan sambal kecap yang dipadukan irisan tomat, cabai rawit, dan bawang merah mentah.

Perpaduan antara daging kambing dan sambal kecap ini memberikan sensasi cita rasa yang dapat memanjakan lidah para penggemar sate kambing.

Baca juga :
Mengenal Kambing Boer, Kambing Pedaging yang Sesungguhnya Asal Afrika Selatan

Asal-usul dan sejarah Sate Balibul

Proses Pembakaran Sate Balibul | Instagram/sategal_lamb
info gambar

Tegal menjadi salah satu kota yang terkenal dengan kelezatan sate kambingnya, sehingga tak heran banyak kalau Sate Tegal tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Identik dengan dagingnya yang empuk dan lezat, hal ini dikarenakan mereka memilih kambing dengan usia muda sebagai bahan satenya. Nah, dari sinilah muncul batibul dan balibul, yang kemudian menjadi ciri khas sate kambing Tegal. Yang mana kedua nama tersebut merujuk pada usia kambing yang disajikan.

Dalam istilah Jawa, kambing seperti itu disebut masih tergolong cempe atau kambing. Semakin muda usia kambing yang akan dijadikan sate balibul atau sate batibul, maka tekstur dagingnya akan semakin empuk dan tidak berbau. Inilah rahasia mengapa sate kambing Tegal dikenal akan kelezatannya.

Tempat-tempat terkenal yang menyajikan Sate Balibul di Indonesia

Sate Balibul Laka-Laka | Instagram/satetegal.lakalaka
info gambar

Siapa nih yang ingin berkunjung ke Tegal? Atau Kawan lagi berada di Tegal? Nah, berikut merupakan warung sate di Kota Tegal yang kesohor menurut laman pariwisata.tegalkota.go.id yang tentunya dapat menjadi pilihan untuk mencicipi sate balibul atau sate batibul yaitu:

  • Warung Makan Sate Tirus H. Sakya yang terletak di Jl. Kapten Soedibyo No.5 Tirus Kota Tegal,
  • Warung Sate Kambing Wendy's di daerah Tegalsari,
  • Warung Sate Sari Mendo yang terletak di Jl. Teuku Umar Kota Tegal,
  • Warung Sate Cempu Lemu terletak di Jl, Ahmad Yani No.84,
  • Warung Sate Kambing Ghonam terletak di Jl. Cendrawasih No.35,
  • Warung Sate Kambing Indrasari terletak di Jl. Sultan Agung No.12 Tegal

Selain di Kota Tegal, ada juga nih beberapa pilihan tempat makan sate balibul dan batibul di area Jabodetabek yaitu:

  • Sate Tegal Laka-Laka, ada di beberapa cabang Jabodetabek. Ada di Ruko Metro Sunter, Blok A1 No. 9 - 10, Jl. Danau Sunter Utara, Sunter, Jakarta Utara. Untuk Bogor ada di Jl. Pandu Raya No. 42, Tagal Gundil Kec. Bogor Utara, Kota Bogor.
  • Sate Tegal Kambing Muda Wedus Cilik, Lokasinya ada di Cawang dekat dengan gedung BNN yaitu di Jl. MT Haryono St, RT.1/RW.4, Cawang, Kramat Jati, Jakarta Timur.
  • Sate Tegal Slawi Ayu, berlokasi di Jl. Warung Buncit Raya No.3, RT.3/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan.
  • Sate dan Sop Kambing H. Mansur, beralamat di Jl. Abdullah Syafei No.13, RT.12/RW.9, Bukit Duri, Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan.

Penggemar sate kambing, tentu belum lengkap rasanya jika belum mencicipi sate balibul atau batibul khas Kota Tegal ini. Yuk, mampir di warung sate balibul terdekat Kawan.

Sumber artikel

  • pariwisata.tegalkota.go.id
  • ayobandung.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Deka Noverma lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Deka Noverma.

DN
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini