Berguna bagi Dosen dan Mahasiswa, Kenali Apa Itu Turnitin dan Cara Menggunakannya

Berguna bagi Dosen dan Mahasiswa, Kenali Apa Itu Turnitin dan Cara Menggunakannya
info gambar utama

Turnitin adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk mengecek kemiripan atau similaritas suatu naskah dalam bentuk digital. Turnitin dapat mendeteksi kesamaan tulisan dalam naskah tersebut dengan naskah-naskah lain yang tersebar di seluruh dunia.

Turnitin biasa digunakan di lingkungan pendidikan. Dosen dan mahasiswa banyak yang mengandalkan turnitin untuk memastikan suatu karya tulis adalah hasil kerja yang orisinil dan bukan hasil plagiasi.

Asal-usul Turnitin adalah hasil kerja mahasiswa Universitas California-Berkeley pada akhir 1990-an. Memasuki era 2000-an, lahirlah aplikasi pemeriksa kesamaan yangmemanfaatkan teknologi pencocokan pola database yang dikembangkan dari riset doktoral mahasiswa di kampus tersebut.

Selama ini, Turnitin memang tampak menyasar ranah pendidikan sebagai target utama teknologinya. Dalam laman resminya, Turnitin menyebut bahwa mereka telah berkecimpung di komunitas pendidikan global sejak 1998 dengan teknologi yang mengedepankan kejujuran, konsistensi, dan keadilan di seluruh ranah pendidikan dan riset akademik.

Kendati ada beberapa aplikasi dengan fitur dan layanan serupa, Turnitin tetap jadi yang paling populer dan paling banyak digunakan. Di Indonesia sendiri, Turnitin banyak dipakai untuk mengecek naskah skripsi, tesis, atau disertasi mahasiswa yang hasil uji similaritasnya menjadi syarat administrasi untuk pendaftaran sidang atau ujian akhir.

Inilah 5 Universitas Negeri dengan Jurusan Pertanian Akreditasi A dan Pilihan Prodinya!

Cara Menggunakan Turnitin

Cara menggubakan Turnitin pada dasarnya cukup mudah. Hal yang dibutuhkan hanya naskah yang akan dicek dan akun Turnitin.

Untuk membuat akun Turnitin, Anda membutuhkan Class Id serta Enrollment Key dan password-nya. Keduanya bisa didapat di kampus masing-masing.

Setelah akun berhasil dibuat, Anda perlu mengunggah file karya tulis dengan mengklik tombol "Submit" terlebih dulu. Setelahnya, Anda juga perlu mengisi kolom nama depan dan belakang, serta judul naskah.

Jika semua persyaratan yang diminta sudah dipenuhi, Turnitin akan mulai mengecek. Seberapa mirip isi karya tulis Anda dengan karya tulis lain akan ditampilkan dalam hitungan persen.

Bagian dalam karya tulis yang dianggap plagiarisme atau sama dengan sumber lain akan terlihat. Anda dapat segera merevisi bagian tersebut untuk menurunkan tingkat kemiripannya.

Beberapa perguruan tinggi telah menyediakan layanan uji similaritas menggunakan Turnitin. Mahasiswa yang ingin menggunakan layanan tersebut cukup mengirimkan file karya tulis kepada staf kampus, lalu tinggal menunggu balasan berupa hasil uji.

Di Universitas Indonesia misalnya. Layanan uji similaritas ini disediakan melalui Perpustakaan Pusat pada jam kerja dengan syarat mengisi formulir yang disediakan terlebih dulu. Beberapa perguruan tinggi lain pun menyediakan layanan ini melalui perpustakaan masing-masing.

10 Universitas Tertua di Indonesia

Referensi:

  • https://www.turnitin.com/id/about
  • https://pjj.ui.ac.id/ufaqs/bagaimana-mendeteksi-plagiarisme/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini