WhatsApp Channel, Fitur Baru yang Bikin Kawan Selalu Up to Date

WhatsApp Channel, Fitur Baru yang Bikin Kawan Selalu Up to Date
info gambar utama

Fitur WhatsApp Channel beberapa hari ini membuat gempar para penggunanya. Pasalnya di sebagian pengguna WhatsApp sudah mendapatkan update antara muka baru, salah satunya memuat fitur baru ini.

Apa itu WhatsApp Channel?

Jika Kawan menggunakan aplikasi Telegram, mungkin sudah tidak asing lagi dengan konsep channel yang diusungnya. Begitu juga dengan fitur baru WhatsApp Channel ini nampaknya tidak terlalu beda jauh dengan Telegram Channel.

Dikutip dari Website resminya WhatsApp, WhatsApp Channel merupakan cara baru untuk mendapatkan informasi terbaru secara langsung dari orang atau organisasi yang Kawan ikuti.

Dengan mengikuti orang atau organisasi yang sesuai minat, Kawan akan mendapatkan update seperti teks, link ke informasi, foto, atau video dari saluran atau channel tersebut.

Sayangnya fitur WhatsApp Channel ini belum diberikan untuk semua pengguna. Hanya sebagian pengguna saja yang sementara ini bisa menikmati dan menggunakannya.

Konsep dan tata letak WhatsApp Channel

WhatsApp Channel menggunakan konsep follow dan unfollow. Ketika Kawan memfollow suatu saluran, otomatis Kawan melakukan subscription dan semua info yang terkirim akan kawan terima.

Ketika unfollow maka seketika kawan sudah unsubscribe dan tidak akan mendapatkan update lagi dari channel yang sudah diikuti sebelumnya.

Secara tata letak, WhatsApp Channel menggantikan posisi Status. Pada tab Status Kawan bisa mendapatkan update dari kontak yang tersimpan dan bisa langsung meresponnya melalui chat 2 arah.

Tampilan Terbaru WhatsApp Channel
info gambar

Namun pada WhatsApp Channel merupakan saluran komunikasi searah. Kawan hanya akan mendapatkan update dari channel yang Kawan ikuti dan tidak bisa memberikan respon berupa chat. Namun begitu, Kawan masih bisa berinteraksi dengan Channel melalui polling dan juga memberikan emoji.

Cara Menemukan dan Follow WhatsApp Channel

Untuk menemukan sebuah WhatsApp Channel dan memfollow nya, Kawan bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini :

  1. Klik icon Channels
  2. Klik tanda + (plus) lalu temukan Channel yang akan Kawan ikuti.
  3. Channel dengan centang hijau menandakan jika Channel tersebut resmi.
  4. Selesai.

Cara membuat WhatsApp Channel

Jika kawan ingin membuat WhatsApp Channel, berikut langkah-langkahnya :

  1. Buka WhatsApp Web, masuk ke tab Channel dan klik ikon Channel.
  2. Klik tanda + (plus) lalu pilih Create Channel.
  3. Klik Continue.
  4. Berikan nama channelnya. Kawan bisa menggantinya kapan saja.
  5. Lakukan kustomisasi WhatsApp Channel dengan menambahkan deskripsi dan icon.
  6. Klik tombol Create Channel.
  7. Selesai.

Itulah Kawan sekilas tentang apa itu WhatsApp Channel, cara menemukan channel dan juga membuatnya. Mudah bukan? Semoga bermanfaat.

sumber : https://faq.whatsapp.com/549900560675125/?helpref=hc_fnav

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Sholeh lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Sholeh.

Terima kasih telah membaca sampai di sini