Kereta Cepat Whoosh Resmi Beroperasi, Awal Modernisasi Transportasi Massal

Kereta Cepat Whoosh Resmi Beroperasi, Awal Modernisasi Transportasi Massal
info gambar utama

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengoperasian Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang diberi nama WHOOSH di Stasiun Halim, Jakarta Timur, Senin pagi (2/10/2023). Dia menyampaikan dalam sambutannya bahwa momentum ini menandai modernisasi transportasi massal di Tanah Air.

“Kereta Cepat Jakarta-Bandung ini menandai modernisasi transportasi massal kita yang efisien, ramah lingkungan, dan terintegrasi dengan moda transportasi lainnya, maupun terintegrasi dengan TOD (transit oriented development),” ucapnya.

Jokowi kemudian mengatakan, kereta cepat merupakan hal baru bagi Indonesia, baik dari segi teknologi, kecepatan, konstruksi, serta model pembiayaan. Namun, dirinya menegaskan bahwa Indonesia tidak perlu takut untuk mengadopsi dan mempelajari teknologi transportasi modern demi kemajuan bangsa.

Menurutnya, keberanian untuk mencoba hal baru dan memberikan kesempatan kepada anak bangsa untuk belajar, akan sangat berguna bagi pengembangan sumber daya manusia yang semakin maju dan mandiri.

“Dalam proses itu bisa muncul hal-hal yang tidak terduga, kesulitan-kesulitan di lapangan, masalah-masalah, dan ketidaksempurnaan. Pengalaman itu mahal, namun sangat berharga dan kita tidak perlu takut karena jika kita konsisten, kesalahan itu akan semakin sedikit, biaya kesalahan juga akan semakin menurun, dan pada akhirnya, biaya produksi, biaya proyek, lama-kelamaan juga akan semakin rendah,” tutur dia.

Whoosh Jadi Nama Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Ini Asal Mulanya

Tiket gratis hingga pertengahan Oktober

WHOOSH kata Jokowi merupakan singkatan dari Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Hebat. Nama tersebut terinspirasi dari suara kereta yang melesat dengan kecepatan tinggi.

Dalam laporannya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan, sebelum KCJB resmi beroperasi, uji coba gratis untuk publik telah dilakukan selama tiga pekan.

Dia menambahkan, berkat antusiasme yang tinggi, masyarakat masih dapat menjajal kereta cepat WHOOSH secara gratis hingga pertengahan Oktober 2023.

“Berkat tingginya rasa penasaran masyarakat terhadap uji coba gratis kecil KCJB, maka kami bersepakat hingga pertengahan Oktober, pengoperasian kereta api cepat Jakarta-Bandung masih tidak digunakan biaya atau gratis,” ujar Luhut.

WHOOSH diklaim sebagai kereta berkecepatan tinggi pertama di Indonesia dan Asia Tenggara. Ia dapat melaju hingga kecepatan 350 kilometer per jam. Kereta ini memiliki jalur sepanjang 142,3 kilometer dengan empat stasiun pemberhentian antara lain: Halim, Karawang, Padalarang, dan Tegalluar.

WHOOSH memiliki desain ruang yang luas dan modern serta terbagi ke dalam tiga kelas berkapasitas 601 penumpang. Kereta ini juga dilengkapi berbagai fasilitas, mulai dari stopkontak, rak bagasi, mini bar, gantungan tas, hingga toilet aksesibel.

Kereta Cepat Whoosh Akan Tingkatkan Pergerakan Wisatawan

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini