Terpikat pada bacaan pertama, Pustaka Kampung Impian!

Terpikat pada bacaan pertama, Pustaka Kampung Impian!
info gambar utama

Terpikat pada bacaan pertama, Pustaka Kampung Impian!

Awal tahun 2022, saya mendapat kesempatan untuk belajar dan mengajar di salah satu daerah 3 T di Sulawesi selama 1 tahun. Suatu hal yang menarik untuk saya jalani, dengan mengenal budaya baru, upaya bertahan hidup, hingga menyelesaikan misi penyetaraan Pendidikan seluruh pelosok Indonesia. Saya terbawa arus rasa ingin tahu tentang potensi masyarakat dalam meningkatkan Pendidikan setempat, dan terus tergerak untuk melibatkan mereka. Hingga 1 tahun telah berakhir, penugasan selesai dan saya kembali ke Aceh. Saya membawa pulang rasa ingin tahu yang masih sama, namun kini tentang potensi masyarakat Aceh dalam memandang Pendidikan.

Perjalanan menemukan siapa, apa, dan bagaimana saya menemukan jawaban atas rasa ingin tahu ini membawa saya pada Komunitas Rumah Relawan Remaja, dinaungi oleh Ibu Rahmiana Rahman salah satu Penerima Apresiasi SIA Provinsi tahun 2021. Kesan pertama melihat Komunitas ini melalui sosial media Instagram, terpaut makna autentik di dalamnya. Walau hanya melalui layar smartphone, ini sangat menenangkan melihat para relawan bersama wajah serius dan senyum tipis, mereka memancarkan harapan baik dan ketulusan untuk membersamai anak-anak di pelosok Aceh.

Komunitas Rumah Relawan Remaja (3R) merupakan komunitas perdamaian yang bekerja untuk kemanusiaan. Komunitas yang berdiri sejak tahun 2013 ini didirikan oleh Perdana Romi Saputra, pemuda asal Aceh. Salah satu program Komunitas 3R adalah Pustaka Kampung Impian, telah tersebar di 6 desa terpencil dan/atau terdampak bencana, yaitu Bah dan Serampah (Kab. Aceh Tengah), Lapeng ( Pulo Aceh, Kab. Aceh Besar), Klieng Cot Aron (Kab. Aceh Besar), Sarah Baru (Kab. Aceh Selatan), dan Balingkarang (Kab. Aceh Tengah).

Pustaka Kampung Impian membuka kesempatan besar bagi Pemuda Aceh untuk menebar kebermanfaatan dalam kemajuan Pendidikan di Aceh dengan berbagai aktivitas, di antaranya pengadaan Perpustakaan Kecil dan Guru Impian. Makna Perpustakaan tidak hanya dipenuhi buku bacaan, namun juga berbagai aktivitas edukatif dan interaktif lain turut melengkapi pembelajaran di sini, ditambah adanya kelas Membaca Dasar, Membaca Lanjut, Menulis, Kesenian Tradisional, Prakarya, Fotografi, hingga kelas untuk Pemuda dan Orang Tua dalam meningkatkan kemampuan lainnya.

Keterlibatan yang tidak membatasi seseorang dalam mengambil peran, membuat Pustaka Kampung Impian sangat diminati Relawan dan Anak-anak. Akan selalu ada hal baru dapat dibagikan dan dipelajari bersama. Menariknya anak-anak juga terlibat aktif dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, mulai dari mempersiapkan kelas yang bersih dan nyaman, hingga mengikuti pembelajaran dengan baik. Alat dan fasilitas yang terbatas masih memberikan semangat belajar tinggi bagi mereka.

Selain program Pustaka Kampung Impian, masih terdapat banyak program menarik dan bermanfaat yang dapat diikuti sesuai ketertarikan relawan dan kebutuhan setempat lainnya seperti Peace Camp, Peace Library, Peace School, 3R Extra-Class, Comunnity Sharing, Beasiswa, Wood Carving, 3R Social Enterprise, dan lainnya. Kini, sudah saatnya kawan mengambil peran kebaikan dan kebermanfataan bagi sesama, semua hal dapat dipelajari dan dibagikan untuk orang lain.

Pustaka Kampung Impian telah memberikan bukti bahwa merajut mimpi membutuhkan kolaborasi untuk mencapai Pendidikan yang lebih baik lagi. Ibu Rahmiana Rahman membuka kesempatan untuk semua kalangan untuk membantu Pendidikan di Pelosok Aceh, temukan wujud peran terbaik kawan dalam meningkatkan Pendidikan yang adil dan setara bagi mereka yang juga ingin melanjutkan mimpi-mimpinya. Bagikan kabar baik dan ikuti perjalanan baik Komunitas Rumah Relawan Remaja melalui Media Sosial dan Situs rumahrelawanremaja.or.id.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

MP
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini