Teks Ulasan: Pengertian, Struktur, dan Contohnya

Teks Ulasan: Pengertian, Struktur, dan Contohnya
info gambar utama

Teks ulasan merupakan sebuah karangan atau teks yang berisi komentar atau pandangan terhadap suatu objek. Penulis teks akan memberikan informasi, kelebihan, hingga kekurangan dari objek yang diulasnya.

Teks ulasan atau review ini memiliki tujuan untuk menyampaikan sudut pandang atau penilaian penulis terhadap suatu karya atau objek. Hal ini dapat membantu pembaca untuk mempertimbangkan atau menilai suatu karya yang akan dibaca atau dilihat.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), teks merupakan naskah yang berupa kata-kata asli dari pengarang; bahan tertulis untuk dasar memberikan pelajaran, berpidato, dan sebagainya. Sedangkan ulasan adalah kupasan atau tafsiran atau komentar.

Dalam penulisannya, teks ulasan atau review ini dapat ditulis di berbagai media, mulai dari media online hingga media cetak.

Struktur Teks Ulasan

Teks Ulasan

Teks ulasan memiliki beberapa struktur, mulai dari orientasi, tafsiran isi, evaluasi, dan rangkuman. Berikut penjelasan lengkap dan contoh ulasan dari film Avengers:End Game oleh Sri Sulistiyani.

1. Orientasi

Orientasi merupakan struktur awal teks ulasan yang memiliki isi berupa pengenalan terhadap karya atau benda yang akan diulas atau di-review. Penulis dapat menuliskan latar belakang dari objek yang akan diulas.

Contoh:

Avengers: Endgame menjadi pertarungan penghabisan para Avengers untuk melawan musuh terkuat mereka, Thanos. Di film ini, seluruh superhero mengerahkan kemampuan terbaik yang mereka miliki untuk menyelamatkan dunia dari kehancuran. Ada kemenangan yang diraih, namun ada pula pengorbanan yang harus dibayarkan dalam film ini.

2. Tafsiran

Selanjutnya, tafsiran isi merupakan pandangan atau penilaian penulis teks terhadap objek yang akan diulas. Pada struktur ini, penulis akan menjelaskan kelebihan, kekurangan, dan keunikan karya atau benda tersebut.

Contoh:

Avengers: Endgame menjadi film blockbuster yang menyajikan kisah epik dari pertarungan terakhir para Avengers melawan musuh terkuat mereka. Film ini menyajikan unsur cerita yang lengkap, dari kisah heroik, komedi, hingga cerita yang emosional. Para fans yang mengikuti perjalanan Avengers dari film pertama tentu akan merasakan keterikatan yang mendalam dengan akhir kisah film ini.

3. Evaluasi

Setelah tafsiran, penulis akan menjabarkan evaluasi yang menjelaskan objek semakin mendalam. Dalam tahap ini, kelebihan dan kekurangan dibahas untuk menentukan bahwa karya atau objek ini dapat dinikmati atau tidak.

Contoh:

Totalitas dari para aktor dan aktris ini pun tak perlu diragukan lagi. Seluruh pemeran memperlihatkan chemistry yang begitu kuat dan membuat film ini terasa begitu hidup. Bagi para fans yang mengikuti seluruh film dalam Marvel Cinematic Universe, pertemuan seluruh karakter Marvel dalam film Avengers: Endgame ini menjadi hal yang sangat dinantikan.

4. Rangkuman

Rangkuman berisi kesimpulan dari semua pembahasan yang sudah dijabarkan secara mendalam. Penulis akan memberikan rangkuman komentar atau kesimpulan tentang karya tersebut. Selain itu, penulis juga biasanya memberikan penilaian terhadap objek yang diulas.

Contoh:

Selain menjadi film penutup dengan kesan yang hebat, Avengers: Endgame juga menjadi penanda untuk dimulainya Marvel Cinematic Universe fase 4. Meski beberapa karakter superhero telah dikisahkan selesai di Avengers: Endgame, rangkaian film Marvel di fase empat tetap menjanjikan kisah seru dari para superhero Marvel. Secara garis besar, film ini diberikan nilai 4 / 5.

Ciri-Ciri Teks Ulasan

Nah, agar Kawan lebih memahami teks ulasan atau review, berikut ini ciri-ciri teks ulasan.

  • Memiliki sebutan lain yang lebih populer dikenal banyak orang,yakni review atau resensi.
  • Berisi kelebihan, kekurangan, atau keunikan suatu karya atau objek yang diulas.
  • Memiliki struktur, orientasi, tafsiran, evaluasi, dan rangkuman.
  • Mengandung opini atau pendapat dari penulis. Seluruh informasi adalah opini yang ditulis penulis untuk mengulas suatu objek.

Itu dia penjelasan lengkap mengenai struktur teks ulasan. Apakah Kawan tertarik untuk memberikan ulasan terhadap suatu karya yang Kawan baca?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Zihan Berliana Ram Ghani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Zihan Berliana Ram Ghani.

ZG
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini