Setapak Langkah Sederhana Menuju Impian Besar

Setapak Langkah Sederhana Menuju Impian Besar
info gambar utama

#LombaArtikelPKN2023 #PekanKebudayaanNasional2023 #IndonesiaMelumbung untuk Melambung

Melestarikan kebudayaan, dua kata yang terdengar sederhana dan mudah untuk diucapkan. Pada Pekan Kebudayaan Nasional 2023 ini, saya seolah diingatkan mengenai pentingnya menjaga dan merawat kebudayaan Indonesia yang sangat beragam. Sesuai dengan tema tahun ini yaitu Merawat Bumi, Merawat Kebudayaan, maka kita sebagai satu bangsa wajib bergotong royong dalam pelestarian kebudayaan. Walau tampak sederhana namun jika tidak dilakukan bersama dengan kompak, maka tujuan yang diinginkan akan sulit untuk tercapai. Cukup dengan melakukan hal-hal kecil di lingkungan, maka kita sudah ikut berperan dalam pelestarian budaya.

Dari pengalaman saya, langkah-langkah itu dapat dilakukan oleh semua usia dan golongan. Langkah paling sederhana yang sudah banyak dilakukan adalah memakai baju dari kain tradisional Indonesia. Terlepas dari kontroversi apakah benar-benar terbuat dari kain tradisional asli atau hanya motifnya saja, namun dengan memakainya, ada kesempatan untuk dilihat oleh orang lain. Bila orang lain sudah melihat dan mengaguminya, saya sebagai yang mengenakan baju tersebut bisa mulai menjelaskan. Satu langkah ini kalau berhasil, dapat membuat orang lain ingin atau lebih percaya diri untuk mengenakan kain tradisional untuk berbagai acara misalnya pergi ke kantor atau ke kafe.

Saat waktunya liburan, saya pun memilih untuk menjelajahi Indonesia. Baik tempat yang jauh maupun dekat dari rumah saya, bila membuat saya tertarik maka akan masuk ke dalam agenda liburan selanjutnya. Kebetulan saya adalah penggemar wisata alam dan budaya sehingga destinasi yang menarik bagi saya adalah yang kental dengan unsur budayanya. Setibanya di tempat tujuan, yang saya lakukan adalah menonton pementasan tradisional, memasuki objek-objek wisata bersejarah dan menikmati kuliner lokal. Tidak lupa saya mengabadikan hal-hal tersebut, selain untuk dokumentasi pribadi juga untuk dibagikan dengan teman-teman saya.

Ketika saya membagikan pengalaman saya berlibur di Indonesia, maka harapan saya adalah teman-teman saya juga tertarik untuk memilih tujuan wisata domestik dibandingkan mancanegara. Hal ini karena saya yakin sebenarnya kekayaan budaya Indonesia membuatnya tidak kalah mengagumkan dari negara-negara lain. Bila semakin banyak orang yang datang dan menonton acara kebudayaan, misalnya pentas tari tradisional, maka hal ini akan menghidupi para pelaku budaya tersebut. Selain mendapatkan penghasilan, mereka pun akan terpacu untuk terus berkarya sebagai penari karena adanya permintaan dari wisatawan yang datang. Begitu pula jika saya mengunjungi pameran hasil karya tradisional lainnya seperti patung atau lukisan. Kalau pengunjung datang dan mempromosikan ke orang lain, bahkan lebih baik lagi jika membeli, para seniman akan mendapatkan dana dan energi yang baru untuk menghasilkan karya-karya lainnya.

Tidak hanya itu, kuliner tradisional juga menjadi bagian penting dari kebudayaan. Saat berwisata di Indonesia, saya berusaha mencari kuliner yang benar-benar asli dari daerah tersebut. Sebagai warga Jakarta, saya sudah puas dengan aneka makanan kekinian dan makanan impor jadi tentu saja saya ingin merasakan sesuatu yang eksotis saat berlibur. Ketika berhasil menemukan kuliner lokal, saya akan mempromosikannya ke orang-orang di sekitar saya agar mereka tertarik untuk ikut mencoba. Harapannya, dengan makin banyak wisatawan yang ingin mencicipi kuliner tertentu, tingkat kunjungan ke tempat tersebut dapat meningkat. Warga lokal yang menjual hidangan tersebut pun mendapat keuntungan dan mau terus berjualan, yang akan menghindarkan kuliner tersebut dari kepunahan.

Tidak lupa juga, sebagai bagian dari liburan, saya membagikan foto-foto tempat wisata yang saya kunjungi. Umumnya tujuan wisata saya adalah lokasi dengan alam yang indah, maka sudut-sudut pemandangan yang saya anggap menarik akan saya bagikan. Sebenarnya ini bukanlah bagian dari kebudayaan, tetapi dengan melihat cantiknya objek wisata yang ada, hal ini dapat membuat orang tinggal lebih lama di daerah tersebut. Saat tinggal lebih lama, wisatawan akan membuat perputaran ekonomi berjalan lebih baik karena lebih banyak transaksi jual beli yang dilakukan. Dampaknya, warga sekitar pun mendapat lebih banyak penghasilan yang membuat mereka dapat berkarya dengan lebih baik.

Jadi itulah beberapa langkah yang saya lakukan untuk melestarikan kebudayaan di Indonesia. Memang itu hanya langkah sederhana dan kecil karena saya sendiri bukanlah selebgram atau artis ibukota. Namun jika langkah itu dilakukan oleh segenap rakyat Indonesia khususnya yang tinggal di kota-kota besar, maka akan menciptakan hasil yang nyata yaitu kebudayaan yang terus terjaga. Bila kebudayaan tetap lestari, maka kelak anak cucu kita tetap bisa mengenal dan berinteraksi dengan para seniman dan hasil dari budaya tersebut. Jadi jangan ragu untuk mulai lebih banyak mengeksplorasi budaya Indonesia dan membagikan hal-hal positif kepada orang-orang di sekitar kita.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

LK
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini