Alvinia Christiany dan “Teman Autis”: Cahaya merubah stigma Autism

Alvinia Christiany dan “Teman Autis”: Cahaya merubah stigma Autism
info gambar utama

Alvinia Christiany merupakah salah satu co-founder dari Teman Autis yang dapat diakses melalui www.temanautis.com Bersama dengan Ratih sebagai founder dan beberapa rekan yang lainnya. Kawan GNFI, Alvinia Christiany ini telah menerima SATU Indonesia Award 2022 dalam kategori kelompok karena dedikasinya terhadap Teman Autis.

Intip sedikit profil Alvinia yuk!

Kawan, Alvinia Christiany adalah seorang Digital Marketing Specialist yang saat ini sedang bekerja di PT Surya Persada Raya. Alvinia merupakan lulusan Desain Interior Raffles College of Higher Education di Singapura pada tahun 2013.

Meskipun bukan lulusan di bidang Kesehatan atau psikologi, Alviani berani mengambil tantangan bersama rekan-rekannya untuk membangun cahaya di tengah stigma gelap masyarakat mengenai autism.

Bersama rekan-rekan nya, Alvinia menjadi co-founder Teman Autis pada 2018 silam dan organisasi tersebut terus berkembang hingga saat ini. Seputar Teman Autis, merupakan suatu wadah bagi orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus (Autism) untuk menggali informasi dan berbagi untuk mengatasi anak-anak mereka.

Stigma Autism

Kurangnya edukasi mengenai autism yang baik dan benar di kalangan masyarakat, membuat terbentuknya stigma yang buruk mengenai anak yang mengidap autism tersebut. Dilansir dari web teman autis, autism merupakan gangguan yang terjadi pada sistem syaraf atau neurologis pada seseorang.

Masyarakat cenderung melihat autism sebagai seorang yang aneh, gila dan justru menjadikan mereka yang mengidap autism ini sebagai bahan untuk bercanda. Untuk mengatasi stigma tersebut yang sudah sangat umum Kawan menemukannya di kehidupan sehaari-hari, Teman Autis datang sebagai cahaya dalam kegelapan itu.

Kepo-in Teman Autis

Teman Autis, memberikan segudang informasi mengenai Autism. Mulai dari informasi dasar seperti apa itu autism, bagaimana ciri-ciri, bagaimana cara mengatasi penderita autism, penyebab, faktor yang dapat memperburuk kondisi tersebut, jenis jenis autism, hingga seberapa mungkinkah autism dapat disembuhkan.

Kawan juga dapat mencari tahu mengenai Klinik/ Rumah Sakit/ Sekolah / Komunitas autism terdekat melalui web Teman Autism. Cukup dengan memasukkan informasi sesuai dengan kebutuhan Kawan di kolom pencarian, Kawan dapat langsung terhubung dengan yang bersangkutan tersebut.

Informasi yang disediakan tersebut juga merupakan hasil dari sumber yang terpercaya yakni dari seorang psikolog ternama lulusan S1 Psikologi dan telah berkecimpung di dunia Gangguan Pemrosesan Sensori sejak 2016. Sumber lainnya berasal dari buku Diagnosic and Statistical Manual of Mental Disorder Fifth EditionAmerican Psychiatric Association. Informasi yang disediakan dikemas dengan jelas, padat dan mudah dipahami oleh berbagai kalangan.

Teman Autism juga menyediakan artikel edukasi mengenai autism, seperti bepergian melalui pesawat, bagaimana cara merawat kesehatan gigi anak autism, beberapa kisah inspiratif oleh seorang autism dan masih banyak lagi.

Dalam web ini juga tersebar informasi mengenai acara yang berhubungan dengan autism dan dapat diikuti secara online. Tentunya sangat mengedukasi dan dapat diaskes siapapun, kapanpun dan dimanapun. Ada juga test psikologi untuk anak, serta program baru yakni Autis berdaya yang baru saja diselenggarakan 2 Oktober 2023. Program konsultasi online yang tidak dipungut biaya bagi para orang tua dan anak autism.

Teman Autis juga memperluas jaringan dengan menyebarkan informasi terkait autism melalui Instagram @temanautis, yang saat ini memiliki lebih dari 12 ribu pengikut. Berisi konten mengenai autism yang dikemas dengan sangat menarik dan memuat informasi yang padat dan jelas yang tentunya akan disukai oleh Kawan generasi Z saat ini.

Perluasan jaringan ini merupakan suatu langkah tepat yang dilakukan oleh Teman Autis dan membuktikan bahwa cahaya yang mereka bawa pada tahun 2018 silam tidak pernah padam dan terus menyala semakin terang hingga saat ini.

#kabarbaiksatuindonesia

Tampilan beranda utama www.temanautis.com
info gambar

Referensi:

https://www.instagram.com/temanautis/?utm_source=ig_web_button_share_sheet&igshid=OGQ5ZDc2ODk2ZA==

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

S
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini