Griya Schizofren : Penggerak Kesejahteraan Mental di Indonesia

Griya Schizofren : Penggerak Kesejahteraan Mental di Indonesia
info gambar utama

Menjadi penerima penghargaan Satu Indonesia Awards (ASTRA) pada tahun 2017 di bidang Kesehatan, Griya Schizofren bermula terbentuk dari inisiatif dari sekelompok mahasiswa sosiologi sebagai respon terhadap stigma dan kurangnya pemahaman masyarakat mengenai masalah Kesehatan jiwa. Terletak di Surakarta, Jawa Tengah, Griya Schizofren telah ada sejak tahun 2012.

Griya Schizofren : Bergerak Membuka Pintu untuk Kesejahteraan Mental

Terbentuk pada tahun 2012, Griya Schizofren bukan sekedar wadah bagi individu dengan masalah terhadap kejiwaan. Inisiatif ini muncul bukan hanya bertumpu pada pengetahuan medis dan psikologis. Melainkan juga menekankan pada pentingnya peran Masyarakat luas dalam membentuk lingkungan yang ramah, mendukung dan inklusif bagi individu dengan masalah kejiwaan.

Triana Rahmawati, pendiri Griya Schizofren, menjelaskan bahwa masalah kesehatan jiwa bukan hanya menjadi tanggung jawab para ahli, akan tetapi merupakan tanggung jawab sosial bagi masyarakat secara luas. " (Triana, " Webinar Good Movement : Satu Indonesia Awards Kesehatan" rekaman webinar, 29 Oktober 2023)

Mengubah stigma masyarakat terhadap individu dengan masalah kejiwaan merupakan salah satu tujuan utama dari gerakan ini. Dengan melakukan kegiatan yang menciptakan interaksi sosial yang memberikan kesadaran dan pemahaman, Griya Schizofren berusaha menghapuskan stigma dan membuat ruang yang aman dan nyaman bagi individu dengan masalah kejiwaan.

Melalui kegiatan pemberdayaan masyarakat dan peningkatan kesadaran, Griya Schizofren telah membuka pintu bagi kesejahteraan mental dengan memberikan layanan yang ramah, tanpa diskriminasi, dan memberikan ruang bagi individu dengan masalah kejiwaan untuk merasakan keterikatan dan penerimaan dari lingkungan sekitar. Dengan adanya pendekatan yang inklusif, mereka berhasil menciptakan lingkungan yang menginspirasi individu untuk tumbuh dan berkembang, serta memberikan harapan bagi mereka yang menghadapi tantangan dalam perjalanan pemulihan kesehatan jiwa.

Mengatasi Tantangan: Melibatkan Komunitas dalam Proses Pemulihan

Berbagai tantangan harus Triana hadapi di tengah upaya untuk memperjuangkan kesadaran akan kesehatan mental, salah satunya ialah merangkul tenaga ahli atau biasa disebut dengan relawan ahli dan sukarelawan yang peduli, untuk memberikan perhatian dan dukungan bagi individu dengan masalah kejiwaan. Kolaborasi dengan pihak berwenang dan lembaga kesehatan merupakan kunci untuk memastikan bahwa mereka yang membutuhkan mendapatkan bantuan tepat waktu dan efektif.

Griya Schizofren berupaya memperluas jangkauan dengan menyelenggarakan acara-acara yang melibatkan masyarakat secara langsung, perayaan hari-hari besar seperti perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia dan mengadakan kegiatan sosial di panti-panti dan komunitas. Langkah tersebut bukan hanya mengurangi isolasi sosial bagi individu dengan masalah kejiwaan, akan tetapi membangun rasa keterikatan dan kemanusiaan antara individu dengan masalah kejiwaan dan masyarakat sekitar.

Dampak Positif dan Rencana Masa Depan

Griya schizofren telah berhasil menarik perhatian masyarakat melalui partisipasi aktif dalam kegiatan sosial dan pendidikan, dengan melibatkan ratusan sukarelawan dan relawan dalam gerakan relawan ahli yang meliputi para dokter dan sikolog serta relawan dengan hati merupakan Masyarakat awam yang peduli . Melalui berbagai proyek sosial, Griya Schizofren bukan sekedar memberikan bantuan operasional, tetapi juga menciptakan lapangan kerja bagi individu dengan masalah kejiwaan.

Untuk Griya Schizofren kedepannya akan terus meperluas jangkauan dengan pembukaan cabang di daerah lain, yang berfokus pada edukasi dan pemberdayaan masyarakat. Selain itu, diungkapkan oleh Triana bahwa Griya Schizofren juga berencana untuk merilis laporan dampak yang komprehensif dan modul pendampingan yang akan membantu masyarakat dalam memberikan dukungan terhadap individua tau keluarga dengan masalah kejiwaan.

Melalui perjuangan panjang, Griya Schizofren tak hanya menciptakan kesadaran akan pentingnya kesehatan mental, tetapi memberikan harapan dan ruang bagi individu dengan masalah kejiwaan untuk mendapatkan dukungan yang semestinya individu tersebut dapatkan. Gerakan ini bukan hanya tentang mengubah pola berfikir masyarakat terhadap masalah kesehatan jiwa, tetapi juga tentang membangun masyarakat yang lebih inklusif dan peduli terhadap sesama. Dengan terus melangkah maju, Griya Schizofren berharap dapat memberikan dampak yang lebih besar lagi bagi Masyarakat serta menciptakan perubahan positif dalam pendekatan terhadap kesehatan jiwa

Triana. (29 Oktober 2023) Webinar Good Movement : Satu Indonesia Awards Kesehatan. [Webinar] Good Movement. Rekaman Webinar.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

LS
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini