Kampung Berseri Astra Cakung Barat Jakarta Upayakan Program Terus Berlanjut

Kampung Berseri Astra Cakung Barat Jakarta Upayakan Program Terus Berlanjut
info gambar utama

Perubahan musim menimbulkan berbagai macam pro dan kontra sehingga kegiatan yang dijalankan berkaitan dengan kondisi musim. Sama halnya dengan kegiatan yang dilakukan oleh warga RW 01 Cakung Barat.

Ibu Ely adalah seorang ibu rumah tangga yang tinggal di RW 01 Jalan Raya Bekasi KM 22, Kelurahan Cakung Barat, Kecamatan Cakung, Kota Jakarta Timur. RW 01 merupakan salah satu dari wilayah yang mendapatkan program Kampung Berseri Astra (KBA) yang dibina oleh PT International Astra Tbk sejak tahun 2013.

KBA adalah program yang dijalankan oleh Astra yang terdiri dari 4 pilar yaitu pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan UMKM. Ketua RW 01 pada saat itu bekerjasama dengan para warga untuk peduli lingkungan. Ibu Ely selaku salah satu warga di RW tersebut merasa turut andil dan aktif melaksanakan program.

Sebelum pandemi Covid rata-rata warga di RW 01 aktif diajak bekerjasama melakukan hal positif, begitu juga dengan Ibu Ely. "Pertama kali diajak ketua RW 01 untuk acara go green saya dan warga semangat jadi disini tidak ada alasan untuk tidak melakukan kegiatan hal tersebut" ucap Ibu Ely. Tidak disangka ternyata RW 01 memenangkan acara go green dan mendapatkan piala serta uang tunai. Selain itu RW 01 mengadakan pengelolaan bank sampah mulai dari minyak jelantah dan barang bekas lalu dipasarkan ke masyarakat umum. Namun, pada saat ini program go green tidak berjalan dengan baik dikarenakan pada musim kemarau ini banyak tanaman yang mati dan kering sedangkan program bank sampah dikarenakan sulitnya pemasaran setelah dikelola jadi hanya jual beli barang bekas untuk menambah pemasukan.

Ibu Ely dan warga inisiatif untuk terus memberikan perubahan yang lebih baik. Pada saat ini terdapat 3 program yang berjalan di KBA Cakung Barat yaitu bidang pendidikan Paud Nusa Indah, bidang kesehatan Posyandu Cut Nyak Dien, dan program lingkungan simulasi pemadam kebakaran.

Rumah Pintar dan Paud Nusa Indah

Ibu Ely selaku penggerak berusaha untuk memajukan warganya. Rumah Pintar pada awalnya diberdayakan oleh karang taruna dan masyarakat setempat bisa belajar apapun sesuai dengan kebutuhan. Pihak Astra dan masyarakat RW 01 turut menyumbangkan buku sehingga mendukung proses pembelajaran. Namun, karena ada beberapa pengelola yang tidak bisa meneruskan maka Ibu Ely bekerjasama dengan warga lain untuk mengajar di Paud Nusa Indah. Beberapa buku yang ada di Rumah Pintar dimanfaatkan ke Paud untuk mendukung program belajar mengajar. Pada saat ini jumlah siswa di Paud Nusa Indah berjumlah 23 orang, jumlah guru 4 orang, dan jumlah pengurus 3 orang. Guru Paud dan Pengurus merupakan kader-kader yang sudah ikut pelatihan yang diadakan oleh binaan Astra dan binaan kader PKK Kelurahan. Jadwal kegiatan belajar di Paud Nusa Indah mulai Senin - Jumat pukul 08.00 - 10.00 WIB.

Posyandu Cut Nyak Dien

Astra turut berperan di bidang kesehatan, salah satunya membantu RW 01 untuk mengembangkan program kesehatan. Pengelolaan Posyandu Cut Nyak Dien dilakukan pada minggu ke 2 setiap bulan. Masyarakat bisa memanfaatkan fasilitas tersebut mulai dari makan gratis balita untuk mendukung kebutuhan gizi terpenuhi dan pengecekan kesehatan.

Simulasi Pemadam Kebakaran

Warga RW 01 tidak tinggal diam dan terus melakukan hal positif. Pada saat ini terdapat program simulasi pemadam kebakaran yang awalnya difasilitasi oleh kelurahan lalu sekarang masyarakat mulai mengadakan simulasi sendiri dibantu dengan warga lainnya. Pada musim kemarau saat ini rentan terjadi kebakaran, maka dari itu Ibu Ely serta warga bersama-sama melakukan simulasi pemadam kebakaran.

Dengan fasilitas binaan yang telah disediakan oleh Astra KBA Cakung Barat terus memaksimalkan fasilitas maupun potensi yang ada. Diharapkan kampung ini bisa menginspirasi kampung lainnya terutama di sekitar wilayah RW tersebut sesuai dengan potensi yang ada. #kabarbaiksatuindonesia



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

FS
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini