Kisah Inspiratif Bhrisco Jordy Dudi Padatu, Penerima SATU INDONESIA AWARDS

Kisah Inspiratif Bhrisco Jordy Dudi Padatu, Penerima SATU INDONESIA AWARDS
info gambar utama

Papua Future Project adalah sebuah komunitas yang didirikan oleh Bhrisco Jordy Dudi Padatu, seorang pemuda asal Papua yang memiliki mimpi besar untuk meningkatkan kualitas pendidikan di tanah kelahirannya. Komunitas ini berfokus pada penyediaan akses pendidikan secara inklusif kepada anak-anak di Papua yang tinggal di wilayah dengan tingkat buta huruf yang tinggi.

Salah satu wilayah yang menjadi sasaran dari Papua Future Project adalah Pulau Mansinam, sebuah pulau kecil di Papua Barat yang memiliki nilai sejarah dan kekayaan alam yang luar biasa. Namun, di balik keindahan dan keeksotisan pulau ini, terdapat kesenjangan pendidikan yang sangat mencolok. Banyak anak-anak di pulau ini yang tidak bersekolah, tidak bisa membaca, menulis, berhitung, bahkan menulis nama mereka sendiri.

Bhrisco Jordy Dudi Padatu merasakan langsung kondisi tersebut ketika ia mengunjungi Pulau Mansinam pada tahun 2020. Ia merasa prihatin dan terpanggil untuk melakukan sesuatu bagi anak-anak di pulau tersebut. Ia pun berinisiatif untuk mengajak para anak muda di Manokwari yang tertarik pada bidang pendidikan untuk mendirikan sebuah komunitas yang bernama “Papua Future Project” sebagai wadah pemberi akses pendidikan bagi anak-anak dari daerah Terluar, Terdepan, dan Tertinggal (3T) yang tidak memiliki kesempatan merasakannya.

Komunitas ini mulai beroperasi sejak bulan Juli tahun 2020 dengan mengadakan kegiatan belajar mengajar setiap minggu di Pulau Mansinam. Mereka menggunakan kurikulum kontekstual yang mengintegrasikan teknologi, permainan adat, tradisional, nilai-nilai yang terdapat di masyarakat, serta tidak memaksa untuk mengikuti standarisasi kurikulum nasional. Mereka juga menyediakan pojok baca yang dilengkapi dengan buku-buku dan alat tulis untuk anak-anak.

Bhrisco Jordy mengajar anak-anak di Pulau Mansinam (sumber: dok. Papua Future Project)

Bhrisco Jordy mengajar anak-anak di Pulau Mansinam (Sumber: Dok. Papua Future Project)

Dengan semangat dan dedikasi yang tinggi, Papua Future Project berhasil memberikan dampak positif bagi anak-anak di Pulau Mansinam. Banyak anak-anak yang mulai tertarik untuk belajar dan mengembangkan potensi mereka. Mereka juga mulai bisa membaca, menulis, berhitung, dan mengenal teknologi digital. Selain itu, mereka juga mendapatkan pengetahuan tentang perubahan iklim dan cara melestarikan lingkungan.

Prestasi dari Papua Future Project tidak luput dari perhatian publik. Pada tahun 2023, Bhrisco Jordy Dudi Padatu mendapatkan penghargaan SATU INDONESIA AWARDS[1] dari PT. Astra International Tbk sebagai bentuk apresiasi bagi anak muda yang telah berkontribusi untuk mendukung terciptanya kehidupan berkelanjutan melalui bidang pendidikan[2]. Penghargaan ini merupakan salah satu penghargaan bergengsi di Indonesia yang diberikan kepada generasi muda yang memiliki kepeloporan dan melakukan perubahan untuk berbagi dengan masyarakat sekitarnya[3].

Bhrisco Jordy Dudi Padatu merasa bersyukur dan bangga atas penghargaan yang ia terima. Ia mengatakan bahwa penghargaan ini bukan hanya miliknya, tetapi juga milik seluruh anggota Papua Future Project dan anak-anak di Pulau Mansinam. Ia berharap bahwa penghargaan ini bisa menjadi motivasi bagi dirinya dan komunitasnya untuk terus berjuang demi pendidikan di Papua.

“Kami ingin membuktikan bahwa anak-anak Papua juga bisa maju dan berkembang jika diberi kesempatan dan dukungan. Kami ingin membawa perubahan positif bagi negeri ini melalui pendidikan,” ujar Bhrisco Jordy Dudi Padatu.

Kisah inspiratif Bhrisco Jordy Dudi Padatu dan Papua Future Project ini menunjukkan bahwa tidak ada batas bagi mereka yang memiliki mimpi dan tekad untuk mewujudkannya. Dengan semangat dan kerja keras, mereka bisa melintasi garis batas yang memisahkan mereka dengan dunia luar. Mereka bisa menjadi pahlawan bagi diri mereka sendiri, masyarakat sekitar, dan bangsa Indonesia.

#KabarBaikSatuIndonesia

Referensi:

[1] https://www.goodnewsfromindonesia.id/2023/10/17/bhrisco-jordy-putra-daerah-pembawa-perubahan-di-timur-indonesia

[2] https://www.kumparan.com/millenial/bhrisco-jordy-penyuluh-pelita-yang-fokus-tingkatkan-literasi-di-pulau-mansinam-20Uq5M7iVqR

[3] https://www.achihartoyo.com/2022/12/02/bhrisco-jordy-dudi-padatu-pejuang-pendidikan-bagi-penerus-bangsa-di-papua/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

NA
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini