Kontingen Para Catur Indonesia Mendulang Banyak Medali di Hangzhou Asian Para Games 2022

Kontingen Para Catur Indonesia Mendulang Banyak Medali di Hangzhou Asian Para Games 2022
info gambar utama

Kabar baik datang dari kontingen Indonesia di Hangzhou Asian Para Games 2022, khususnya cabang olahraga (cabor) para catur. Pasalnya cabor ini telah meraih medali paling banyak untuk Indonesia di ajang pertandingan olahraga internasional tersebut. Tim cabor para catur Indonesia juga berhasil mempertahankan juara umum di cabor tersebut dengan raihan 10 medali emas.

Berdasarkan hasil penelusuran di laman Instagram resmi Kemenpora Indonesia, berikut ini merupakan nama-nama peraih medali emas di cabor para catur.

  • Indra Yoga (Nomor Invidual Standard Putra VI-B1)
  • Tirto (Nomor Individual Putra Standard PI)
  • Fitriyanto Prasetyo/Yadi Sopian/Indra Yoga (Nomor Standard VI-B1 Beregu Putra)
  • Alfrets Dien/Maksum Firdaus/Tirto (Nomor Standard PI Beregu Putra)
  • Aisah Wijayanti Putri Brahmana (Nomor Individual Putri Standard VI-B2/B3)
  • Aisah Wijayanti Putri Brahmana/Khairunnisa/Yumna Budiarti Farah (Nomor Standard VI-B2/B3 Putri Beregu)
  • Lilis Herna Yulia/Nasip Farta Simanja/Yuni (Nomor Standard PI Putri Beregu)
  • Lilis Herna Yulia/Nasip Farta Simanja/Yuni (Nomor Rapid PI Putri Beregu)
  • Wijayanti Putri Brahmana Aisah/Khairunnisa/Yumna Budiarti Farah (Nomor Rapid VI-B2/B3 Beregu Putri)
  • Khairunnisa (Nomor Individual Putri Standard VI-B2/B3)

Selain meraih 10 medali emas, kontingen para catur Indonesia juga meraih 7 medali perak dan 8 medali perunggu. Pada hari terakhir pertandingan (28/10) kontingen Indonesia cabor para catur memperoleh 5 medali perak yang diraih oleh Satrio Gayuh/Hartono Adji/Jumadi (Nomor Rapid VI-B2/B3 RND7 Beregu Putra), Tita Puspita/Halawa Yustina/Wilma Margareta Sinaga (Nomor Rapid VI-B1 RND7 Beregu Putri), Lilis Herna Yulia (Nomor Individual Putri Rapid PI RND7), Puspita Tita (Nomor Individual Putri Rapid VI-B1 RND7), dan Gayuh Satrio (Nomor Individual Putra Rapid VI-B2/B3 RND7). Di hari yang sama juga diperoleh 4 medali perunggu yang diraih oleh Sopian Yadi/Yoga Indra/Fitriyanto Prasetyo (Nomor Rapid VI-B1 RND7 Beregu Putra), Nasip Farta Simanja (Nomor Individual Putri Rapid PI RND7), Tirto/Firdaus Maksum/Dien Alfrets (Nomor Rapid PI RND7 Beregu Putra), dan Tirto (Nomor Individual Putra Rapid PI RND7).

Deputy CdM Indonesia, Andi Herman (dalam Kumparan) mengatakan bahwa keberhasilan tersebut tidak lepas dari kerja keras para atlet, Ketua Umum NPC Indonesia Senny Marbun, para pelatih, dan manager. Ia juga menambahkan bahwa dengan keberhasilannya mempertahankan juara umum juga membuktikan bahwa tim atlet para catur Indonesia memiliki standar catur yang disegani di benua Asia.

Hangzhou Asian Para Games 2022 Telah Selesai

Asian Para Games 2022 yang diselenggarakan di Hangzhou, China, telah selesai setelah dilakukannya closing ceremony pada (28/10). China sang tuan rumah keluar sebagai juara umum dan Indonesia berada di posisi keenam, tepat di bawah India.

Berdasarkan website resmi Hangzhou Asian Para Games 2022, total medali yang diperoleh Indonesia berjumlah 95 medali dengan rincian 29 medali emas, 30 medali perak, 36 medali perunggu. Dari perolehan medali tersebut menjadikan Indonesia sebagai negara yang menduduki tingkat pertama di kawasan Asia Tenggara dalam Hangzhou Asian Para Games 2022. Chef de Mission (CdM) kontingen Indonesia di Asian Para Games 2022, Angela Tanoesoedibjo, dalam konferensi pers virtual menyebutkan bahwa capaian medali kontingen Indonesia melampaui dari target yang sudah ditetapkan dengan 19 medali emas, 23 perak, dan 25 perunggu.

Dalam ajang pertandingan olahraga internasional tersebut para atlet Indonesia juga mencetak 13 rekor baru yaitu delapan rekor Asian Para Games, tiga rekor Asia, dan dua rekor dunia.

Selamat kepada seluruh atlet Indonesia yang telah berjuang di Asian Para Games 2022. Semoga prestasi ini dapat dipertahankan dan terus berkembang!

Sumber:

https://www.instagram.com/kemenpora/

https://www.hangzhou2022.cn/paragames/En/

https://kemenparekraf.go.id/berita/siaran-pers-wamenparekraf-perolehan-medali-kontingen-indonesia-di-asian-para-games-2022-lampaui-target%20

https://kumparan.com/kumparansport/tim-para-catur-indonesia-sukses-pertahankan-juara-umum-asian-para-games-21T2U7wP3wt/full%20

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

NW
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini