Darak Badarak in Indonesia's Got Talent : Berfikir Kreatif dan Aksi Nyata

Darak Badarak in Indonesia's Got Talent : Berfikir Kreatif dan Aksi Nyata
info gambar utama

Komunitas seni asal Pariaman berhasil tampil memukau di ajang bergengsi Indonesia's Got Talent 2023. Darak Badarak adalah nama yang saat ini mengharumkan Sumatera Barat karena dapat meraih juara 2 di ajang tingkat nasional tersebut pada Senin (14/8/2023) malam.

Indonesia's Got Talent adalah ajang pencarian bakat Indonesia yang disiarkan langsung di stasiun televisi RCTI. Setiap peserta akan menampilkan berbagai talenta yang menarik dan menghibur. Darak Badarak juga ikut tampil membawakan penampilan yang tidak hanya menarik dan menghibur tapi juga memiliki nilai yang autentik.

Menurut Rossa sebagai salah satu juri di Indonesia's Got Talent ''Betapa indahnya, kesenian daerah itu ketika dimodernisasi dan ternyata bisa tetap dicintai, malam ini Darak Badarak bisa menmpilkan penampilan yang luar biasa", tutur Rossa berkomentar setelah penampilan Darak Badarak pada Rabu (2/8).

Kawan GNFI, penampilan Darak Badarak di Indonesia's Got Talent membuktikan bahwa mencintai musik tradisional sebagai salah satu budaya dari Sumatera Barat yang dapat beradaptasi dengan musik modern akan menghasilkan karya yang sangat indah. Melestarikan musik tradisonal tidak akan dinilai "kuno" lagi.

Sebagai generasi muda, kita mesti meningkatkan rasa optimisme dan kreativitas dalam menciptakan karya yang dapat diterima oleh masyarakat yang modern saat ini.

Musik tradisional yang dibawakan oleh Darak Badarak adalah Tambua, Tansa dan Talempong dipadukan dengan musik modern gitar dan drum. Hal ini dapat memberikan nilai bahwa tidak harus memilih salah satu untuk mempelajari musik kekinian dan mencintai kebudayaan.

Sebuah karya yang menarik akan tercipta dengan kreativitas menggabungkan seni musik ini. Darak Badarak yang terdiri dari beberapa anak muda dari Sumatera Barat dapat membuktikan bahwa semangat yang tinggi untuk mencapai kemenangan dengan latihan dan kerja keras lebih baik daripada memamfaatkan waktu terhadap hal yang tidak positif seperti pergaulan bebas dan tindak kriminal lainnya.

Lolos ke babak final dan bahkan meraih juara 2 di Indonesia Got Talent adalah bukti nyata yang dilakukan oleh Darak Badarak dalam mengenalkan dan melestarikan budaya dari Minangkabau dan membuat Indonesia mengetahui betapa kreatifnya anak muda dalam berkarya.

Aksi nyata yang dilakukan Darak Badarak berhasil membuat masyarakat melek akan budaya terutama musik tradisional. Hal ini terbukti setelah kembali ke Sumatera Barat, Darak Badarak berhasil memeriahkan berbagai acara dan festival di Sumatera Barat. Bahkan tidak hanya di provinsi asal Darak Badarak juga pernah mengguncang IDP Fest 2019 di Jakarta, Jum'at (29/3/2019).

Kreatifitas generasi muda sangat diperlukan dan diasah dalam mengembangkan budaya di era modern saakt ini. Kebudayaan yang sudah mulai memudar harus diselamatkan dengan inovasi baru dan semestinya dilakukan oleh generasi muda yang masih di usia produktif.

Motivasi yang harus selalu tumbuh, dalam mempelajari alat musik tradisional maupun kebudayaan lainnya, murni dan sudah seharusnya tetap melekat pada jiwa generasi muda. Serta kekhawatiran yang akan muncul apabila kita hanya fokus pada budaya era modern saja akan membuat ciri khas dari banyaknya kebudayaan tradisional di Indonesia yang mesti dilestarikan secara turun-temurun.

Bagi penulis, melestarikan budaya tidaklah sedang menyelam pada wilayah yang sempit. Namun sebaliknya dengan kreatifitas dalam memodifikasi atau bahkan menggubah suatu karya dapat menembus cakupan yang sangat luas. Darak Badarak adalah salah satu bukti yang dapat menembus prestasi sampai ke tingkat nasional.

Masih banyak seniman lainnya yang bahkan mampu membawa budaya sampai ke tingkat internasional, mengenalkan budaya nusantara kepada mata dunia. Tidak hanya itu berkarya dengan tetap mempelajari budaya dapat menambah wawasan dan pengalaman yang berguna untuk bangsa dan negara.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

WA
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini