Mengenal Lebih Dalam Mengenai Kebun Teh dan Kakao melalui Kegiatan Kenal Kebun

Mengenal Lebih Dalam Mengenai Kebun Teh dan Kakao melalui Kegiatan Kenal Kebun
info gambar utama

Pada tanggal 1 September 2023, aku bersama rombongan angkatan dari Universitas berangkat ke Kebun Teh Pagilaran yang terletak di Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Kebetulan ini memang salah satu kegiatan yang diadakan oleh Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada. Kami berangkat pada pukul 5 sore dari Yogyakarta dan tiba disana sekitar jam 1 malam. Udara disana sangat dingin, sehingga aku langsung tidur dan menyiapkan diri untuk acara besok pagi.

Keesokan paginya, kami diarahkan untuk makan di aula pada pukul 7 pagi, udaranya sangat sejuk mengingat lokasi kebun berada di dataran tinggi yang merupakan tempat yang cocok untuk pertumbuhan teh. Setelah selesai sarapan sekitar jam 8, kami pergi ke kebun teh menggunakan truk. Perjalanan kami terasa sangat seru karena bisa menaiki truk bersama teman-teman dan melihat pemandangan kebun teh yang indah.

Setelah sekitar 1 jam perjalanan, kami sampai di atas kebun teh. Di sana, kami dijelaskan mengenai pembudidayaan, pembuatan pupuk, pengendalian hama dan penyakit pada teh, cara merawat pohon teh, dan cara untuk memanennya. Dari penyampaian materi tersebut aku mendapatkan banyak sekali ilmu baru, terutama tentang budidaya tanaman teh itu sendiri. Setelah pemaparan materi sekitar 2 jam, kami berjalan menuruni bukit untuk kembali ke aula di dekat penginapan. Setelah sampai, kami diizinkan untuk makan dan sholat terlebih dahulu.

Setelah itu, kami melanjutkan untuk melihat produksi teh di pabrik yang ada di dekat kebun. Pertama, kami diperlihatkan bagaimana memilah daun teh sesuai dengan grade dan mutunya. Selanjutnya, kami diperlihatkan bagaimana proses produksi teh, suasana di dalam pabrik sangat berbeda dengan suasana di luar pabrik.

Di dalam pabrik produksi teh masih berjalan dan mesin-mesin yang digunakan pun menyala dan bekerja sehingga suhu di dalam pabrik lebih tinggi daripada suhu di luar pabrik. Lalu yang terakhir, kami diberitahu cara untuk menilai kualitas teh yang diproduksi selain itu kita diajarkan baguaman testing dan menilai teh dan menggolongkan sesuai gradenya. Setelah selesai kunjungan ke pabrik teh, kami dipersilahkan untuk istirahat sampai jam 7 malam. Setelah tiba jam 7 malam, kami berkumpul lagi di aula untuk makan malam dan mengikuti sesi wawancara dengan pengelola PT. Pagilaran. Dari situ, banyak insight yang bisa kami dapatkan.

Setelah sampai jam 9, kami dipersilahkan untuk tidur karena keesokan harinya yaitu tepatnya hari minggu kami harus melakukan perjalanan pulang dan berkunjung ke pabrik coklat milik Universitas Gadjah Mada. Keesokan harinya, setelah sarapan dan berkumpul pada pukul 7, kami melanjutkan perjalanan menggunakan bus. Setelah 2 jam perjalanan, kami tiba di pabrik coklat milik Universitas Gadjah Mada. Di sana, kami dijelaskan bagaimana proses pembuatan coklat dan diperlihatkan mesin-mesinnya. Namun, sayangnya saat itu pabrik tidak sedang dalam masa aktif produksi.

Selanjutnya, kami beranjak ke kebun kakao yang ada di dekat pabrik. Di sana, kami dijelaskan bagaimana pertumbuhan, pembudidayaan, dan pengolahan kakao sebelum didistribusikan ke pabrik. Saat sampai di tahap pengolahan kakao sebelum didistribusikan, kita diizinkan untuk mencoba buah kakao yang sudah matang dan kita juga diizinkan untuk mencoba biji kakao yang sudah diasapkan. Selain itu di pabrik yang tadi kita kunjungi kita bisa membeli coklat yang diproduksi oleh pabrik, rasanya enak dan juga berbeda dengan coklat kemasan di pasaran biasanya. Setelah itu, kami beranjak kembali ke Jogja dan sampai pada pukul 5 sore.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

S
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini