Melestarikan Kebudayaan Indonesia

Melestarikan Kebudayaan Indonesia
info gambar utama

#LombaArtikelPKN2023 #PekanKebudayaanNasional2023 #IndonesiaMelumbung untuk Melambung

UPAYAKU DALAM MELESTARIKAN KEBUDAYAAN

Indonesia merupakan negara kepulauan yang luas dan memiliki beragam suku bangsa, dan adat istiadat. Kebudayaan Indonesia adalah seluruh kebudayaan nasional, dan lokal yang beranekaragam budaya, etnis, agama, tarian, bahasa, dan masih banyak lagi. Budaya Indonesia yang berasal dari bangsa Indonesia sebagai suatu karya atau ciri khas yang mencerminkan identitas negara Indonesia.

Menurut saya, kita sebagai warga negara Indonesia harus bangga dan wajib ikut serta untuk melestarikan kebudayaan yang tak ternilai harganya, sebagai rasa cinta terhadap negara Indonesia serta rasa hormat kita terhadap leluhur. Kebudayaan Indonesia memiliki nilai-nilai luhur yang sangat amat berharga dan harus dijaga dengan baik. Pendapat saya terhadap peran generasi muda saat ini sangat diperlukan untuk ikut serta dalam melestarikan kebudayaan Indonesia, karena generasi muda pasti memiliki rasa ingin tahu yang tinggi serta jiwa semangat yang besar. Generasi muda saat ini mempunyai kekuatan yang sangat besar dalam melestarikan dan mengembangkan kebudayaan Indonesia dengan bantuan teknologi yang sudah canggih, sementara itu generasi muda harus bisa tahu berbagai dampak negatif dan meminimalisir terjadinya kehilangan rasa cinta terhadap kebudayaan negara sendiri.

Tetapi setelah saya cari tahu pada era globalisasi ini dapat memberikan dampak positif dan negatif terhadap kebudayaan Indonesia. Globalisasi dapat membawa pengaruh pluralisme yaitu suatu paham yang menghargai adanya perbedaan dalam suatu masyarakat dan memperbolehkan kelompok yang berbeda tersebut untuk tetap menjaga keunikan budayanya masing-masing. Dampak positif dari adanya globalisasi terhadap kebudayaan Indonesia adalah meningkatnya eksistensi budaya suatu daerah seperti batik, batik telah dikenal ke berbagai negara, dan digemari warga negara asing. Selain itu globalisasi membuat budaya Indonesia semakin dikenal luas ke berbeagai negara lain.

Upaya saya dalam melestarikan kebudayaan pada saat ini adalah berlatih dan fokus mempelajari berbagai tarian daerah yang ada di Indonesia, serta memperkenalkan tarian daerah yang sangat beragam kepada generasi muda. Kenapa saya memilih untuk melestarikan kebudayaan dengan mempelajari berbagai tarian daerah, karena menari merupakan hobi kesukaan saya sejak kecil.

Saya menari sejak taman kanak-kanak hingga kuliah pada saat ini. Berada di dunia tari dalam waktu betahun-tahun bukan waktu yang singkat, saya seringkali mengikuti berbagai lomba yang diselenggarakan, menang dan kalah merupakan hal yang biasa menurut saya, yang penting saya bahagia membawakan tarian daerah tersebut dengan semaksimal mungkin.

Saya tidak pernah merasa jenuh, karena dengan menari saya dapat mengekspresikan segala perasaan dan membuat diri saya semakin maju dan berkembang. Pada saat SMA saya mengikuti ekstrakurikuler tari tradisional dan berkesempatan menjadi wakil ketua ekskul tersebut. Pada saat SMA kami memperkenalkan berbagai tarian daerah kepada warga sekolah, pada saat acara penting di sekolah. Pada saat itu saya membawakan tarian yang bernama “Lenggang Nyai’ tarian tersebut merupakan tari kreasi baru yang berasal dari Betawi. Selain itu kami pernah tampil pada opening 19th ICMSS Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia dan membawakan sebuah tarian yang bernama “Bajidor Kahot”, tarian tersebut berasal dari Jawa Barat.

Bergabung dalam UKM tari dikampus merupakan keputusan saya karena ingin mengasah kemampuan saya di dunia tari, dan UKM tari tradisional mempunyai visi misi yang sangat berpengaruh besar dalam melestarikan kebudayaan Indonesia. Singkat cerita setelah saya gabung dengan UKM tersebut, saya dipilih untuk mengikuti seleksi lomba tari yang diselenggarakan oleh GNFI pada bulan mei 2023, dari beberapa anggota yang mengikuti seleksi saya lolos dalam seleksi tersebut, lalu setelah seleksi saya dan tim rutin untuk latihan membuat sebuah tarian nusantara kreasi baru, gabungan dari beberapa tarian daerah.

Walaupun pada saat itu saya dan tim belum dapat berkesempatan untuk menang dalam kompetisi tersebut, tetapi kami sudah merasa puas dan merasa senang karena bisa membuat tari nusantara kreasi baru versi kami. Dan secara tidak langsung kami melestarikan kebudayaan Indonesia.

Menurut saya sebuah tarian daerah memiliki keindahannya tersendiri. Dalam seni tari ada 3 unsur yang membuat tarian itu menjadi indah yaitu wirasa, wirama, dan wiraga. Wirasa ketika seorang penari mengekspresikan perasaan atau menyampaikan pesan melalui gerak dan raut muka, wirama yang berarti sebuah irama atau gerakan yang harus dilakukan seorang penari agar menciptakan suatu keharmonisan, dan wiraga adalah bagaimana seorang penari menggerakan tangan, kaki, serta wajahnya saat menari.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

IR
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini