PMI Kirim Bantuan Alat Medis ke Gaza Senilai Rp2,9 Miliar

PMI Kirim Bantuan Alat Medis ke Gaza Senilai Rp2,9 Miliar
info gambar utama

Palang Merah Indonesia (PMI) mengirimkan bantuan peralatan medis senilai Rp2,9 miliar untuk masyarakat di Gaza, Palestina. Bantuan diberangkatkan melalui Bandara Internasional Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Selasa (31/10/2023).

Sekretaris Jenderal PMI Abdurrahman Mohammad Fachir menerangkan, pengiriman bantuan bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri RI. Sesuai instruksi Ketua UMUM PMI Jusuf Kalla, bantuan ini berkaitan dengan konflik di Jalur Gaza yang sudah terjadi sejak 7 Oktober.

Dia mengatakan, ada sepuluh item alat medis yang dikirimkan pada tahap pertama ini. Semua itu terdiri dari oxygen concerator, tabung oksigen, masker N95, masker respirator, sarung tangan lateks, apron, baby kit, hygiene kit, kantong mayat infeksius, dan genset. Selain alat medis, kata dia, PMI juga berencana mengirimkan bantuan berupa alat penjernih air dengan kapasitas produksi air minum 1.500—2.000 liter air per jam.

“PMI juga membuka rekening bantuan kemanusiaan," tutur Fachir dalam keterangan tertulis, Minggu (29/10/2023).

RI Desak PBB Hentikan Kekerasan di Gaza dan Selidiki Serangan Israel

Dia kemudian mengungkapkan bahwa PMI berharap, proses pemberian bantuan tersebut dapat berjalan dengan baik melalui koordinasi lintas sektor.

Sementara itu, Jusuf Kalla menulis pemberitahuan di media sosial pribadinya, bagi masyarakat Indonesia yang ingin menyumbang donasi untuk warga Gaza, PMI membuka rekening bantuan kemanusiaan melalui:

  1. BCA

No. Rekening 2063006688, atas nama: Kantor Pusat PMI

  1. BRI

No. Rekening 039001000030303, atas nama: Palang Merah Indonesia

Untuk informasi lebih lanjut, masyarakat dapat menghubungi Kepala Biro Humas PMI Andreane Tampubolon via telepon ke nomor 0818429954 atau Kontak Media Anggun Permana Sidiq dengan nomor telepon 081344254619.

Konflik Palestina-Israel, Bagaimana Tanggapan Pemerintah Indonesia?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini