Skuad Timnas U-17 Indonesia di Piala Dunia U-17 2023: Ada Pemain Sao Paulo dan Hoffenheim

Skuad Timnas U-17 Indonesia di Piala Dunia U-17 2023: Ada Pemain Sao Paulo dan Hoffenheim
info gambar utama

Timnas U-17 Indonesia sudah punya skuad final untuk Piala Dunia U-17 2023. Sebanyak 21 pemain bakal ikut berlaga bersama Garuda.

PSSI telah mengumumkan daftar pemain yang masuk skuad Timnas U-17 Indonesia pada Rabu (1/11/2023). Para pemain dipilih melalui proses seleksi ketat plus pelatihan intensif di Jerman.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir optimistis bahwa para pemain bisa tampil maksinal. Ia pun berpesan agar mereka tak melupakan hal-hal penting yang harus diperhatikan saat berlaga di lapangan.

"Pelatnas lima minggu di Jerman dan tujuh laga uji coba, saya yakin menambah nyali mereka bermain maksimal di kandang. Kuncinya ada tiga, disiplin bermain, jadi jika sudah ditetapkan formasinya, maka disiplin. Lalu komunikasi di lapangan yang bagus sehingga saling dukung. Ketiga, berusaha keras cetak gol setiap menyerang," kata Erick seperti dilansir laman resmi PSSI.

Saat ini, Piala Dunia U-17 2023 sudah di depan mata. Ajang usia muda tingkat dunia itu dijadwalkan digelar di Indonesia pada 10 November hingga 2 Desember 2023.

Timnas U-17 Indonesia berada di Grup A bersama Ekuador, Maroko, dan Panama. Erick meminta agar para pemain tidak meremehkan sekaligus gentar terhadap lawan.

"Jangan pernah menganggap remeh Panama, dan juga jangan pernah menganggap besar Ekuador dan Maroko," tutur Erick.

Indonesia Bawa Pulang Medali Emas di APG, dari Keterbatasan Menjadi Kebanggaan

Gabungan Pemain Lama dan Baru

Jika dilihat komposisinya, skuad Timnas U-17 Indonesia adalah gabungan antara pemain lama dan baru. Ada pemain yang sebelumnya juga sudah pernah berseragam merah-putih, ada pula yang belum.

Pemain yang tergolong wajah lama di antaranya yakni Nabil Asyura, Iqbal Gwijangge, dan Arkhan Kaka. Mereka pernah membela Timnas U-16 Indonesia di Piala AFF U-16 2022.

Selain itu, ada pula dua pemain baru yang berkiprah di klub luar negeri. Mereka adalah Welber Jardim dan Amar Brkic.

Welber berkiprah di Brasil meski lahir di Indonesia. Welber yang bernama lengkap Welberlieskott De Halim Jardim saat ini adalah pemain tim U-17 di salah satu klub beken Brasil, Sao Paulo.

Sementara itu, Amar Brkic adalah pemain kelahiran Jerman. Saat ini, ia bermain bagi klub TSG Hoffenheim U-17.

Berikut skuad Timnas U-17 Indonesia untuk Piala Dunia U-17 2023:

Kiper: Ikram Algiffari (PPLP Sumbar), Andrika Fathir (Borneo FC), Rifky Tofani (PPOP DKI Jakarta)

Belakang: Rizdjar Nurviat (Borneo FC), Tonci Ramandei (PPLP Papua), Mohamad Andre (Bali United), Welberlieskott Jardim (Sao Paulo), Sultan Zaky (PSM Makassar), Habil Abdillah (PPLP Jateng), M Iqbal Gwijangge (Barito Putera)

Tengah: Achmad Zidan (PSS Sleman), Mokhamad Hanif (Cipta Cendekia), Figo Dennis (Persija Jakarta), Muhammad Kafiatur (Dewa United), Ji Da Bin (ASIOP), Amar Brkic (TSG 1899 Hoffenheim), M. Riski Afrisal (Madura United), M. Nabil Asyura (Persija Jakarta), Jehan Pahlevi (Persija Jakarta)

Depan: Arkhan Kaka (Persis Solo), M. Aulia Rahman (Persita Tangerang)

Atlet Indonesia Bawa Semangat Persatuan dalam Keragaman ke Asian Para Games 2022

Referensi:

  • https://www.pssi.org/news/erick-thohir-minta-pemain-manfaatkan-kesempatan-besar-ini

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini