Mengaktifkan Kembali Warisan: Peran Saya dalam Melestarikan Budaya

Mengaktifkan Kembali Warisan: Peran Saya dalam Melestarikan Budaya
info gambar utama

#LombaArtikelPKN2023

#PekanKebudayaanNasional2023

#IndonesiaMelumbung untuk Melambung

Indonesia memiliki beragam kebudayaan,Keberagaman budaya biasanya menggambarkan ciri khas dari setiap wilayah Indonesia. Menurut Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi telah menetapkan sebanyak 1728 Warisan Budaya Takbenda (WBTb) Indonesia sejak tahun 2013 hingga 2022. Keberagaman budaya ini merupakan salah satu identitas indonesia. Tahukah kawan GNFI, bahwa berbagai bentuk budaya daerah adalah bibit-bibit dari budaya nasional, Jika budaya daerah berkembang maka budaya nasional juga akan berkembang.

Dunia kita terus berkembang dengan cepat. Inovasi teknologi, arus budaya global, dan perubahan sosial telah membentuk modern dengan cepat, Hal ini mempertanyakan nilai-nilai dan tradisi yang pernah dipegang dengan kuat oleh leluhur kita. Namun, dalam pusaran perubahan ini, ada satu elemen yang tak boleh kita lewatkan, yaitu warisan budaya.Lalu apakah kawan GNFI tau, bagaimana cara kita bisa menjaga, memelihara, dan memperkuat akar-akar tradisi kita sambil tetap bergerak maju dalam dunia yang terus berubah?

Latar Belakang Kebudayaan

Setiap daerah memiliki latar belakang budaya yang berbeda - beda. Latar belakang budaya daerah berkaitan dengan identitas dan sejarah pada daerah tersebut. Seperti yang kita tahu, bahwa sumber budaya di Indonesia seperti Musik, Tarian, Seni, Tradisi, dan cerita-cerita lama adalah suatu anugrah yang dapat membentuk identitas kita

Pentingnya Melestarikan Budaya

Seperti yang kita tahu, bahwa budaya merupakan jembatan ke masa lalu yang dapat menghubungkan kita dengan kumpulan nilai-nilai, tradisi, pengetahuan yang telah diwariskan. Dengan kita melestarikan budaya,maka kita juga telah melestarikan identitas dan jati diri kita. Oleh karena itu kawan GNFI, Mari kita cegah tradisi dan nilai- nilai berharga ini terkikis dengan perubahan modern.

Peran saya dalam Melestarikan Budaya

Saya meyakini bahwa kita memiliki peran penting dalam melestarikan budaya indonesia. Melalui peran pribadi saya, saya berupaya untuk mengaktifkan kembali warisan budaya indonesia. Berikut merupakan langkah- langkah yang saya lakukan sebagai berikut:

  1. Mempelajari dan Memahami Warisan Budaya Saya

Langkah ini bertujuan untuk mempelajari lebih dalam serta memahami makna makna budaya yang ada di daerah saya.Berawal dari Sejarah tradisi daerah dengan menggali informasi seseorang yang memahami tentang tradisi dalam daerah saya.

  1. Culture Experience

Langkah kedua adalah pelestarian budaya, dalam hal ini saya lakukan dengan cara terjun langsung kesebuah pengalaman kultural. Misalnya jika budaya berbentuk tarian maka saya aktif terlibat dalam mempelajari makna tarian dan berlatih untuk menguasai tarian tersebut. Dengan hal ini saya dapat memahami lebih dalam budaya tersebut.

  1. Membagikan Pengetahuan Tentang Budaya

Pada langkah ini, saya mencoba untuk membagikan pengetahuan yang telah diberikan kepada saja, dengan cara membuat tulisan, membagikan video dan foto atau bahkan mengadakan pameran seni. Pada langkah ini kita dapat memanfaatkan kemajuan teknologi untuk memperkenalkan budaya kita.

Tantangan Melestarikan Budaya

Tahukah kawan GNFI bahwa mengaktifkan kembali warisan GNFI bukan lah hal yg mudah?. Kita dihadapkan dengan beberapa tantangan yang signifikan. Seperti hilangnya minat generasi muda tentang perihal tradisi,Globalisasi, Modernisasi dan urbanisasi, hal - hal ini dapat menjadi tantangan dalam pelestarian budaya, karena dapat mengancam budaya kita. Oleh karena itu peran kita sebagai budaya menjadi hal yang sangat Penting.

Saya yakin bahwa seluruh warga indonesia memiliki peran penting dalam melestarikan budaya indonesia. Mari kita sama - sama lestarikan kebudayaan indonesia melalui budaya daerah kita masing-masing.

Referensi

https://ejournal.unib.ac.id/jsn/article/view/7669/pdf

https://www.kompas.com/skola/read/2020/09/23/130000869/cara-melestarikan-budaya-indonesia?page=all

https://digitalbisa.id/artikel/pelestarian-budaya-di-era-digital-IVfVl

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

SP
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini