Mengenal Museum Kebangkitan Nasional Tempat diadakannya Pekan Kebudayaan Nasional 2023

Mengenal Museum Kebangkitan Nasional Tempat diadakannya Pekan Kebudayaan Nasional 2023
info gambar utama

#LombaArtikelPKN2023 #PekanKebudayaanNasional2023 #IndonesiaMelumbung untuk Melambung

Halo, Kawan pasti tahu dong apa itu Pekan Kebudayaan Nasional. Itu lohh acara kebudayaan tiap tahun yang selalu diadakan untuk kita semua masyarakat Indonesia dengan tujuan supaya kita mengenal akan kebudayaan dari negara kita yang tercinta ini. Pekan Kebudayaan Nasional ini acara yang sangat bagus sekali bisa dinikmati dari kalangan baik itu anak-anak hingga orang dewasa bisa datang langsung ke lokasi.

Pekan Kebudayaan Nasional ini merupakan suatu perayaan yang selalu diadakan oleh Kemendikbudristek dengan bertujuan memajukan kebudayaan Indonesia yang telah disetujui dalam Kongres Kebudayaan Indonesia pada tahun 2018 tujuannya adalah mewujudkan serta menyediakan ruang untuk apresiasi, ekspresi, mendukung terciptanya interaksi budaya inklusif di seluruh Indonesia.

Pada perayaan Pekan Kebudayaan Nasional ada banyak sekali menampilkan kegiatan-kegiatan kebudayaan khas negara Indonesia ini. Baik itu pertunjukan seni, pertunjukan musik, pameran budaya, tarian daerah, pameran seni rupa, bahkan kuliner pun ada juga di perayaan Pekan Kebudayaan Nasional tahun 2023 ini.

Perayaan Pekan Kebudayaan Nasional tahun 2023 ini berbeda dengan perayaan-perayaan Pekan Kebudayaan Nasional seperti tahun yang lalu. Pada tahun 2023 ini Pekan Kebudayaan Nasional bertemakan Merawat Bumi, Merawat Kebudayaan tema ini bertujuan memberikan makna dan relevansi pada setiap aksi-aksi kesenian dan kebudayaan dengan tetap berpedoman kepada nilai-nilai kebudayaan dan juga kearifan lokal.

Nah, Kawan tahu tidak tempat untuk mengadakan Pekan Kebudayaan Nasional? Tempatnya adalah Museum Kebangkitan Nasional. Bagi Kawan yang belum tahu Museum Kebangkitan Nasional adalah sebuah gedung dibangun sebagai sebuah monumen dari tempat lahir dan berkembangnya kesadaran nasional serta ditemukannya organisasi dari pergerakan modern untuk pertama kalinya, yakni organisasi Boedi Oetomo.

Sebelum dijadikan sebuah museum, dulunya bangunan ini dipakai untuk sebuah sekolah yang didirikan oleh Belanda nama sekolahnya adalah School tot Opleiding van Inlandsche Artsen disingkat namanya menjadi STOVIA atau Sekolah Dokter Bumiputera. Setelahnya waktu yang terus berjalan gedung ini berubah fungsi menjadi museum digunakan untuk memperingati hari kebangkitan nasional.

Pakaian adat Batak Toba ditampilkan pada pameran di Museum Kebangkitan Nasional | Freepik
info gambar

Nah, diiMuseum Kebangkitan Nasional ini lah digunakan untuk mengadakan Pekan Kebudayaan Nasional 2023. Banyak sekali kebudayaan Indonesia yang di tampilkan. Di Museum Kebangkitan Nasional ini ada banyak pameran yang di tampilkan baik itu pameran tentang tomat, pameran pakaian adat, pameran karya tari dan inklusivitas, dan pameran lainnya di tampilkan disini.

Selain sebagai tempat untuk pameran, juga digunakan sebagai tempat diskusi kelompok, pergelaran tari-tarian seperti pertunjukan tandur hasil karya siswa dan siswi presisi Bali , pertunjukan ritual masyarakat adat dalam menerima tamu dari luar, pergelaran tari karya SMAN Rancakalong, pergelaran rombong dawai: sape, ukulele, gitar lokal, pergelaran tari dan inklusivitas: Gigi Art of Dance, dan pergelaran tari-tarian lainnya, lokakarya mendongeng digital bersama PMTOH, dan lokakarya lainnya, kuliner nusantara, dan masih banyak lagi kegiatan lainnya yang ditampilkan di Museum Kebangkitan Nasional ini. Sangat seru dan dijamin tidak akan rugi jika kita datang.

Pada Pekan Kebudayaan Nasional ini banyak bertaburan keanekaragaman kebudayaan Indonesia dari Aceh sampai Papua dengan maksud dan tujuan supaya kita masyarakat Indonesia bisa lebih mengenal lebih dalam lagi akan kebudayaan negara kita Indonesia ini, lebih menghormati kebudayaan Indonesia, semakin lagi dalam menghargai kebudayaan, dan jangan sampai lupa akan kebudayaan negara sendiri.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

MG
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini