PKN 2023 : Semangat Baru Melestarikan Kebudayaan Indonesia

PKN 2023 : Semangat Baru Melestarikan Kebudayaan Indonesia
info gambar utama

#LombaArtikelPKN2023 #PekanKebudayaanNasional2023 #IndonesiaMelumbung untuk Melumbung

Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2023 telah usai digelar pada 29 Oktober 2023 lalu. Gelaran yang mengusung tema "Merawat Bumi, Merawat Kebudayaan" ini berlangsung selama 10 hari di 40 titik di Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, dan Kepulauan Seribu. PKN 2023 berhasil menghadirkan berbagai kabar baik bagi kebudayaan Indonesia. Pekan Kebudayaan Nasional sudah menjadi rangkaian rutin yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek sejak tahun 2019 silam. Pelaksanaan ini adalah salah satu implementasi dari strategi untuk memajukan kebudayaan yang telah disepakati dalam Kongres Kebudayaan Indonesia pada tahun 2018. Dimana hal ini untuk mewujudkan serta menyediakan ruang untuk apresiasi, ekspres, serta karya seni dan budaya yang beragam serta mendukung terciptanya interaksi budaya yang inklusif di seluruh Indonesia (Kemdikbud, 2023).

Berikut adalah beberapa hal yang disampaikan dalam acara tersebut yaitu peningkatan apresiasi masyarakat terhadap kebudayaan. Peningkatan itu berhasil menarik perhatian masyarakat dari berbagai kalangan. Hal ini terlihat dari banyaknya pengunjung yang hadir di berbagai kegiatan PKN, baik di Jakarta maupun di daerah. Data dari Kemendikbudristek menunjukkan bahwa PKN 2023 dikunjungi oleh lebih dari 1 juta orang. Angka ini meningkat signifikan dibandingkan PKN 2019 yang dikunjungi oleh sekitar 500 ribu orang. Peningkatan apresiasi masyarakat terhadap kebudayaan ini merupakan kabar baik bagi keberlangsungan kebudayaan Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat semakin sadar akan pentingnya kebudayaan dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Menurut Hilmar, PKN 2023 ini bukan hanya sekadar perayaan, tetapi juga sebuah misi. Misi untuk mengingatkan masyarakat bahwa kebudayaan turut berperan dalam dalam menciptakan masa depan bumi yang berkelanjutan. Dalam belajar kebudayaan kita bisa mengerti bagaimana budaya itu bekerja.

Lalu ada keberagaman dan inklusivitas kebudayaan Indonesia yang menampilkan kekayaan dan keragaman kebudayaan Indonesia dari berbagai daerah. Dapat terlihat dari berbagai kegiatan PKN ini menampilkan seni, budaya, dan tradisi dari seluruh penjuru Indonesia. Hal tersebut menunjukkan bahwa Indonesia merupakan bangsa yang kaya akan budaya dan memiliki potensi yang besar untuk menjadi bangsa yang bersatu. Adapun kesadaran akan pentingnya pelestarian lingkungan serta mendorong kesadaran masyarakat akan pentingnya pelestarian lingkungan. Terlihat dari berbagai kegiatan PKN yang mengusung tema lingkungan, seperti pameran seni rupa bertema lingkungan dan lomba daur ulang sampah.

Acara yang dilakukan ini secara tidak langsung membuat masyarakat semakin sadar akan pentingnya menjaga lingkungan untuk kehidupan yang berkelanjutan. Secara keseluruhan, PKN 2023 merupakan gelaran yang sukses dan berhasil menghadirkan berbagai kabar baik bagi kebudayaan Indonesia. Gelaran ini diharapkan dapat terus menjadi momentum untuk mempromosikan dan melestarikan kebudayaan Indonesia. Salah seorang peserta Pawai Sungai dari Kalimantan Selatan, Mimin, mengungkapkan bahwa keikutsertaannya dalam festival ini merupakan suatu pengalaman yang luar biasa.

Artikel ini dapat disimpulkan kalau PKN 2023 telah memberikan semangat baru bagi upaya pelestarian kebudayaan Indonesia. Gelaran ini berhasil meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap kebudayaan, menampilkan kekayaan dan keragaman kebudayaan Indonesia, serta mendorong kesadaran masyarakat akan pentingnya pelestarian lingkungan sesuai dengan tema yang dibawakannya. PKN 2023 diharapkan dapat terus menjadi momentum untuk mempromosikan dan melestarikan kebudayaan Indonesia. Dengan demikian, kebudayaan Indonesia dapat terus lestari dan menjadi salah satu aset bangsa yang dapat dibanggakan. Semoga ditahun depan acara ini bisa dilakukan kembali dan banyak peserta baru yang belum pernah mengikuti atau sudah pernah mengikuti bisa melakukan hal ini lagi.

https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2023/09/pekan-kebudayaan-nasional-2023-wadah-kolektif-wujud-kolaborasi-dari-kebudayaan-untuk-bumi-lestari

https://nasional.sindonews.com/read/1194841/15/perhelatan-pkn-2023-bakal-dibarengi-dengan-kongres-kebudayaan-indonesia-1693994989

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AP
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini