Cerita Menarik dalam Gemilangnya Gelaran Karya Pekan Kebudayaan Nusantara 2023

Cerita Menarik dalam Gemilangnya Gelaran Karya Pekan Kebudayaan Nusantara 2023
info gambar utama

Gemilangnya Gelaran Karya Pekan Kebudayaan Nusantara 2023 : Cerita Menarik dalam penyelenggaraan Pekan Kebudayaan Nasional 2023

#LombaArtikelPKN2023 #PekanKebudayaanNasional2023 #IndonesiaMelumbung untuk Melambung

Gebyar pembukaan Pekan Kebudayaan Nasional 2023 telah resmi dibuka pada hari Jumat, 20 Oktober 2023, jam 10.00 WIB oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) di gedung Beppenas dan telah berakhir pada 29 Oktober 2023. Pembukaan ini dihadiri oleh para tokoh terkemuka serta Masyarakat yang hadir ikut untuk merayakan kekayaan dan keberagaman budaya Indonesia dalam pembukaan Pekan Kebudayaan Nasional dengan tema ‘Merawat Bumi, Merawat Kebudayaan’ sebagai arti dan keterkaitan dalam setiap seni dan budaya yang ditampilkan, dan tentunya tetap mempertahankan kelestarian nilai budaya dan kearifan lokal yang saling beriringan untuk kehidupan yang berkelanjutan.

Kegiatan rangkaian PKN ini mulai di buka dengan tempat seperti ruang tamu, kegiatan Pekan Kebudayaan Nasional 2023 ini dibuka dengan acara akad ijab dan Tumpeng Nusantara sebagai pembuka oleh kemdibukristek dan Bappenas dalam menjadikan kebudayaan sebagai Paradigma utama dalam perencanaan Pembangunan serta turut serta merayakan panen raya kerja-kerja kebudayaan sebagai penyusunan perancangan Pembangunan kedepannya. Secara umum untuk konsep yang diberikan hanya berupa ‘Ruang tamu’ tapi layaknya rumah yang siap dikunjungi dan saling beriteraksi antara semua pengunjung dan pelaku budaya, sehingga memberikan kesan kekeluargaan yang berisikan banyak kenangan budaya yang terasa, karena didalamnya yang banyak disuguhkan beragam koleksi budaya yang disertakan teknologi didalamnya, jadi bukan hanya sebuah pahatan dan karya tangan saja, tapi berbagai macam karya yang disusun yang menggambarkan teknologi masa kini.

Kegiatan ini bukan hanya dibuka dengan acara Akad Ijab tapi juga adanya kegiatan yang menarik dibanding tahun sebelumnya yaitu kegiatan musrebang di Bappenas yang telah berlangsung selama 10 hari dimulai pada hari pembukaan 20 Oktober-29 Oktober di hari penutupan PKN 2023. Kegiatan ini dengan harapan adanya pemajuan budaya yang beriringan dengan perkembangan teknologi. Pembukaan ini diwarnai dengan penampilan seni tradisional dan kebudayaan benda yang menciptakan atmosfer yang sarat makna akan budaya.

Pekan Kebudayaan Nasional juga menampilkan serangkaian seminar dan diskusi tentang pelestarian warisan budaya. Para pemikir, akademisi, dan praktisi budaya dari berbagi pandangan mereka mengenai tantangan dan peluang dalam menjaga keberlanjutan budaya di era modern. . Selain itu kini, Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2023 juga menyongsong tema baru, yakni “Lumbung”. Yang dimaknai sebagai satu wadah kolektif, yang di mana seluruh sumber daya yang dimiliki oleh setiap kolektif/kelompok, dan individu disimpan dan dikelola secara bersama. Kegiatan PKN 2023 ini digelar dengan menghadiri berbagai macam serangkaian pameran dan acara public seperti lokakarya, diskusi seniman, pasar ilmu, bazar barter, festival layer tancap, konser musik, penerbitan, tur, perjamuan, dan banyak lainnya, yang diselenggarakan di 40 titik di Jabodetabek, dan 450 ivent, dan diikuti 800 pelaku budaya. Adapun 40 titik Adapun 40 titik tersebut nantinya tersebar di Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Utara, Bekasi, Tangerang, Bogor, dan Kepulauan Seribu. Di wilayah Jakarta sejumlah tempat telah disiapkan seperti di Kantor Kemendikbudristek, Galeri Nasional, Museum Kebangkitan Nasional, MBloc Space, PFN, Taman Suropati dan masih banyak lainnya.

Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) menjadi wahana penyelenggaraan untuk merayakan kekayaan dan keindahan budaya Nusantara. Sebuah penyelenggaraan event kebudayaan ini lahir pada tahun 2018 dari Kongres Kebudayaan Indonesia dengan nama yang sekarang dikenal sebagai Pekan Kebudayaan Nasional (PKN). Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2023 adalah momentum kebudayaan yang luar biasa karena menghadirkan keberagaman budaya Indonesia dalam satu panggung. Melalui serangkaian acara yang mengesankan, Hal ini di representasikan sebagai bentuk ruang diskusi dan reakreasi untuk kemajuan antar-budaya dan inovasi kreatif Indonesia dalam bentuk serangkaian kegiatan yang produktif. Dengan semangat Indonesia dalam melambungkan keragaman dari kebudayaan Indonesia yang sangat beragam, kegiatan inilah yang diharapkan dapat menjadi energi dan menginspirasi masyarakat untuk dapat berkolaborasi dan berkreasi terutama disektor budaya Indonesia.

Kegiatan Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) pun ditutup dengan kegiatan penutupan secara meriah di Gedung Galeri Nasional, penutupan yang tidak hanya dihadiri oleh para pemimpin kebudayaan saja tapi juga dimeriahkan oleh ribuan Masyarakat yang antusias menyaksikan kegiatan Pawai Lumbung Sungai di aliran Cisadane Ciliwung, BKT yang meriah, dan penuh dengan kreatifitas dan kebudayaan yang tercermin sebagai kearifan budaya yang terus berkembang, selain di BKT terdapat juga beberapa wilayah yang mengadakan kegiatan akhir PKN diantaranya Bekasi, Tanggerang, Bogor dan Kepulauan Seribu yang dilakukan i Kampung Kranggan Bekasi, Grand Galaxy Park Bekasi, UIN Syarif Hidayatullah Tangerang, Stasiun Bogor, Taman Ekspresi Bogor, Alun-Alun Kota Bogor, dan Kelurahan Pulau Pramuka Kepulauan Seribu.

Kini Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2023 telah berhasil menciptakan pengalaman mendalam bagi setiap pengunjung. Melalui berbagai kegiatan, acara ini bukan hanya menjadi sarana hiburan, tetapi juga sebagai wadah untuk memperkuat rasa kebangsaan dan cinta akan warisan budaya. Seperti sesuai harapan dari Hilmara yang hadir dalam kegiatan penutupan PKN di BKT “semoga kegiatan PKN dapat memberikan harapan yang banyak dan memberikan ispirasi kepada masyarakat untuk upaya pemajuan kebudayaan serta imbauan untuk merawat bumi, agar budaya terus lestari.”. Dan semoga, dengan melalui momentum ini, kesadaran akan pentingnya pelestarian budaya terus tumbuh, dan semangat kebhinekaan tetap berkobar di setiap jengkal tanah air Indonesia. Mari kita terbangkan imajinasi dan kreasi kita melalui cerita kebudayaan yang menarik dari berbagai daerah di Indonesia dengan mengukir karya pada Pekan Kebudayaan Nasional selanjutnya.

Sumber

detikNews. 2023, Ada Akad Ijab Kabul di Puncak Pekan Kebudayaan Nasional 2023. https://news.detik.com/foto-news/d-6993695/ada-akad-ijab-kabul-di-puncak-pekan-kebudayaan-nasional-2023/3.

Kompas.com. 2023. Penutupan Pekan Kebudayaan Nasional 2023, Pawai Lumbung Sungai Berlangsung Meriah di BKT.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

EN
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini