Produsen Mobil Vietnam, VinFast, Berencana Investasi 1,2 Miliar Dolar di Indonesia

Produsen Mobil Vietnam, VinFast, Berencana Investasi 1,2 Miliar Dolar di Indonesia
info gambar utama

Produsen kendaraan listrik terkemuka Vietnam, VinFast, berencana mendirikan pabrik di Indonesia dengan investasi sebesar Rp 18,6 triliun (US$1,2 miliar), seperti yang diumumkan oleh Kepala Staf Presiden Indonesia, Moeldoko.

Moeldoko mengungkapkan bahwa konstruksi fasilitas tersebut akan dimulai sesegera mungkin. Namun, rincian spesifik mengenai rencana tersebut tidak diungkapkan.

VinFast, sebagai salah satu produsen kendaraan listrik terkemuka di Asia Tenggara, telah berhasil mendapatkan respon pasar yang cukup baik dengan mobil-mobilnya diekspor ke Eropa dan Amerika. Langkah investasi di Indonesia ini dianggap sebagai langkah strategis yang dapat berkontribusi pada pengembangan ekosistem kendaraan listrik di dalam negeri.

Para petinggi VinFast juga telah melakukan pertemuan dengan Menteri Perdagangan Indonesia, Zulkifli Hasan, pada awal September 2023, yang kemudian menyatakan komitmennya untuk memfasilitasi operasional produsen otomotif tersebut.

Kukuh Kumara, Sekretaris Jenderal Asosiasi Industri Otomotif Indonesia (Gaikindo), berbagi dengan Antara News Agency Indonesia pada akhir Oktober bahwa VinFast telah melakukan pembicaraan dan mengekspresikan minatnya untuk bergabung dengan asosiasi tersebut. Dia menyebutkan bahwa produsen sedang menyelesaikan prosedur yang diperlukan dengan pemerintah Indonesia sebelum secara resmi memasuki pasar otomotif di negara ini.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

Terima kasih telah membaca sampai di sini