Jeka Saragih, Petarung MMA Asal Indonesia Berhasil Menang Pada Laga Debut UFC

Jeka Saragih, Petarung MMA Asal Indonesia Berhasil Menang Pada Laga Debut UFC
info gambar utama

Nama Indonesia di dunia Mixed Martial Arts (MMA), menjadi semakin meroket berkat petarungnya, Jeka Saragih. Pada laga debutnya di Ultimate Fighting Championship (UFC), Jeka Saragih menaklukan lawannya dan membawa kemenangan gemilang.

Dalam laga UFC yang berlangsung di UFC Apex Las Vegas, Amerika Serikat, Jeka Saragih berhasil menumbangkan petarung asal Brasil, Lucas Alexander melalui kemenangan KO di ronde pertama. Sebelum pertandingan berlangsung banyak yang meragukan kemampuan Jeka. Namun, hal itu justru menjadi motivasi bagi Jeka.

"Sebelum pertarungan banyak yang meragukan kemampuan saya, bahkan tidak yakin saya bisa menang. Tapi hal itu saya jadikan motivasi, dan saya buktikan kepada semua pihak yang meragukan, bahwa mereka salah, dan saya berhasil memenangkan pertarungan pertama saya", ucap Jeka, mengutip dari antaranews.com.

Petarung yang memiliki julukan "Si Tendangan Maut" itu memanfaatkan kelengahan Lucas Alexander dan melakukan serangan yang melumpuhkan lawannya di menit 1:31. Gebrakan dan kecerdikan Jeka melihat kelengahan lawan membuktikan bahwa kekuatan petarung asal Simalungun yang berlaga di panggung Octagon itu tidak bisa di pandang sebelah mata.

Baca juga: Jeka Saragih dan Pengorbanannya yang Terbayar Lunas Lewat Kemenangan di UFC

Jeka tampil dengan beringan pasa pertarungan kelas bulu Ifeather weight) itu. Dia sempat mendapatkan pukulan upper cut ringan saat bermain hati-hati ketika memulai pertarungan. Namun, serangan itu tidak memberikan dampak kepadanya.

Setelah itu, Jeka berhasil menjatuhkan lawannya, tetapi tidak meneruskannya dengan mengunci Lucas karena petarung Brasil itu melepaskan tendangan untuk menjaga jarak dari Jeka. Saat Lucas berusaha bangkit, dia langsung memburunya dengan melepaskan serangan kombinasi sehingga lawannya itu terjatuh.

Lalu, Jeka kembali melepaskan kombinasi pukulan yang berhasil mendarat telak di kepala Lucas, hal itu cukup untuk membuat wasit menghentikan pertandingan. Petarung 28 tahun itu pun dinyatakan menang KO (knock out).

Kemenangan Jeka pada laga debutnya itu terjadi dalam kurun waktu yang sangat singkat, yakni, yakni 1 menit 31 detik.

"Ini pekerjaan yang sangat panjang. Ini juga dibantu dengan coach Mark, coach Jack, dan manajer saya Graham Boyland. Dan teman-teman di MMA Academy, thanks, terima kasih semua atas bantuannya," ucap Jeka, mengutip dari sport.tempo.co.

Baca juga: Gregoria Mariska Tunjung Bangkit dan Bertumbuh, Kumamoto Masters 2023 adalah Buktinya

Dengan keberhasilannya ini, Jeka berhasil menjadi petarung Indonesia pertama yang mampu menang di ajang beladiri campuran paling terkemuka di dunia, UFC. Ia kini memiliki catatan pertaturangan yang cukup apik, dengan total 17 pertandingan, 14 kemenangan, dan tiga kekalahan.

Hasil kemenangan Jeka Juga menjadikan dirinya sebagai petarung MMA asal Indonesia dengan penghasilan tertinggi. Melansir dari Antara, Jeka mendapat bayaran sebesar US$ 85.000 dengan perincian US$ 35 ribu sebagai tampil dan sisanya merupakan bonus. Jika dikonversi, maka Jeka bakal mendapat sekitar Rp1,2 miliar sebelum di potong pajak.

Hal tersebut menjadikan Jeka menjadi petarung MMA Indonesai dengan penghasilan tertinggi setelah menjalani debut di UFC, dengan perkiraan meraup total 1,2 miliar dalam pertarungan pertamanya itu.

Meski berlangsung singkat dan tayang dini hari WIB, pertarungan antara Jeka Saragih dan Lucas Alexander disaksikan oleh 450 penonton.

"Sempat Khawatir karena ada dua kali pembatalan dari pihak lawan, kami percaya Jeka Saragih dan tim telah bekerja kerasa dalam mempersiapkan pertarungan pertamanya ini. Kami ikut bangga dengan keberhasilan Jeka," kata perwakilan Mola, Mirwan Suwarso, mengutip dari sport.tempo.co.

Sumber referensi:

  • https://sport.tempo.co/read/1798750/jeka-saragih-raih-kemenangan-ko-atas-petarung-brasil-pada-debutnya-di-ufc
  • https://sport.detik.com/sport-lain/d-7044569/sejarah-jeka-saragih-jadi-fighter-indonesia-pertama-menang-di-ufc

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

RH
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini