Hasil Survei Optimisme Generasi Muda 2023 dalam Kehidupan Sosial, Apa Saja?

Hasil Survei Optimisme Generasi Muda 2023 dalam Kehidupan Sosial, Apa Saja?
info gambar utama

Generasi muda menjadi agen perubahan yang akan meneruskan negara Indonesia dan yang akan menentukan bagaimana sebuah negara akan berkembang atau maju. Kehidupan sosial menjadi salah satu dimensi yang penting untuk kemajuan bangsa.

Oleh sebab itu, generasi muda harus memiliki sikap tolerasi dan saling menghargai dan tidak mudah termakan konflik, sehingga mudah memunculkan perpecahan. Berikut ini dimensi dalam kehidupan sosial hasil survei optimisme generasi muda 2023 dalam angka 7,87. Simak ulasannya sampai habis!

1. Sikap Toleransi

Masyarakat Indonesia memiliki beragam agama, budaya, suku, dan ras yang harusnya kita jaga dan bersatu. Sikap saling menghargai dan menghormati adalah salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh kita sebagai generasi muda yang menjunjung tinggi kesatuan dan persatuan.

Hasil Survei Optimisme Generasi Muda dalam aspek sikap toleransi sebesar 8,10. Angka tersebut termasuk tinggi dan menjadi topik bahwa generasi muda memiliki sikap toleransi yang tinggi, baik antara agama, suku, budaya, dan lain sebagainya.

2. Kebebasan Berpendapat

Hasil Survei Optimisme Generasi Muda aspek kebebasan berpendapat menduduki nilai 7,93 yang artinya sudah cukup baik. Namun, perlu ditingkatkan lagi dalam segi kebebasan berpendapat kepada pemerintah atau lainnya. Hak atas kebebasan berpendapat atau beropini dan kebebasan berekspresi adalah hak-hak asasi yang fundamental dan penting dalam negara yang demokratis.

Bebebasan berpendapat menjadi ruang yang harus ada agar masyarakat atau generasi muda dapat berekspresi untuk menampilkan ide, gagasan, pemikiran, sikap dan lain sebagainya untuk memastikan terlaksananya dekomrasi di Indonesia. Hak-Hak tersebut telah diakui dan dijamin dalam berbagai instrumen HAM internasional dan nasional, termasuk diakui dan dijamin dalam Konstitusi Indonesia, yakni Undang-Undang Dasar 1945.

3. Memiliki Kesempatan yang Sama untuk Berkembang

Seseorang memiliki kesempatan yang sama di hadapan hukum, juga di dalam dunia pendidikan dan dunia kerja yang memiliki kesempatan yang sama untuk mengembangkan karier. Pelatihan keterampilan dan pengembangan diri sudah marak di dunia digital. Mulai dari proses yang dapat meningkatkan motivasi belajar dan lain sebagainya. Terdapat pernyataan di dalam masyarakat bahwa ketika seseorang memiliki keterampilan maka akan makin sukses.

Di dunia kerja, semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk mengembangkan karir. Mulai dari proses rekrutmen yang objektif, penempatan kerja sesuai kemampuan, kebebasan berpendapat, hingga kesempatan meniti jenjang karier untuk pada akhirnya memimpin sebuah tim atau divisi. Hasil Survei Optimisme Generasi Muda dalam aspek ini sebesar 8,48 yang artiya generasi muda Indonesia optimis dalam memiliki kesempatan yang sama untuk berkembang.

Generasi muda Indonesia dapat mengasah skill dan kemampuan dalam bidang apapun dan banyak peluang yang ada di zaman sekarang ini.

4. Etika Bermedia Sosial Semakin Baik

Zaman sekarang semakin canggih, banyak orang yang memakai media sosial. Di sisi lain, adanya media sosial memiliki dampak positif dan negatif. Namun, banyak juga yang memakainya secara tidak bijak dan berperilaku seenaknya dalam menebar kebencian dalam mengomentari postingan seseorang.

Hasil Survei Optimisme Generasi Muda 2023 aspek etika bermedia sosial semakin baik menunjukan di angka 6,97 yang artinya ini paling rendah diantara aspek lainnya. Diharapkan menjadi bahan pertimbangan, bahwa etika bermedia sosial generasi muda kurang baik dan nantinya diharapkan semakin baik.

Bagaimana cara beretika dalam bermedia sosial yang baik? bisa kita lakukan dengan tidak menggunakan kata kasar, provikatif, ataupun SARA; memposting suatu hal yang fakta dan ada data sehingga tidak menimbulkan hoax; lalu tidak meng-copy paste artikel atau gambar yang mempunyai hak cipta serta memberikan komentar yang relevan.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

NS
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini