Optimisme Generasi Muda: Menyambut Pemilu 2024, Indeks Optimisme dalam Politik Menurun?

Optimisme Generasi Muda: Menyambut Pemilu 2024, Indeks Optimisme dalam Politik Menurun?
info gambar utama

Dalam kisah evolusi umat manusia, tak ada yang sekuat atau seberani generasi muda yang hadir di zaman ini. generasi muda adalah pilar-pilar utama yang membawa terobosan, membangun visi baru, dan menjembatani jurang antara masa lalu dan masa depan.

Di tengah-tengah dinamika zaman ini, generasi muda bukanlah hanya penonton, melainkan pionir penuh gairah yang merangkul teknologi, memeluk inklusivitas, dan mengampanyekan perubahan sosial yang lebih baik. Mereka berbicara dalam bahasa inovasi, mengangkat bendera kreativitas, dan menerjemahkan impian menjadi realitas yang substansial.

Oleh karenanya, untuk mengukur indeks optimisme generasi muda tahun 2023 dalam berbagai aspek, Good News From Indonesia (GNFI) mengadakan survei yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat optimisme generasi muda terhadap berbagai aspek seperti Politik dan Hukum, Kehidupan Sosial, Ekonomi dan Kesehatan, Kebutuhan Dasar, dan Pendidikan dan Kebudayaan.

Pada survei ini, Good News From Indonesia (GNFI) berkolaborasi dengan Lembaga Survei Populix. Jika mengutip dari apa yang dikatakan oleh Akhyari Hananto selaku Founder GNFI, Survei ini dilakukan untuk kemudian dijadikan rujukan dalam pengembangan kebijakan baik dari pemerintah, korporasi, dan berbagai lembaga masyarakat.

Dengan latar waktu yang mendekati tahun demokrasi, GNFI melakukan survei ini dengan indikator yang sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. 8 Tahun sebelumnya, dimensi yang digunakan hanya mencakup 5 indikator. Yaitu, Kebutuhan Dasar, Ekonomi dan Kesehatan, Pendidikan dan Kebudayaan, Politik dan Hukum, dan Kehidupan sosial. Penambahan indikator 'Lingkungan dan Pemilu' dilakukan guna mengetahui seberapa tingkat optimisme generasi muda terhadap Pemilu 2024 nanti.

Survei ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dengan panel populix sebagai media atau platform yang digunakan. Rentang waktu penelitian ini dilakukan pada tanggal 10-17 Oktober 2023 dengan jumlah responden yang diambil sebesar 1.289 WNI dengan usia antara 17-40 tahun.

Hasil survei ini diluncurkan pada tanggal 14 November 2023 oleh GNFI Academy dan Populix. Hal yang cukup menarik disini adalah rendahnya indeks optimisme Politik dan Hukum pada tahun-tahun demokrasi ini. Hasil keseluruhan yang dicakup adalah sebesar 7,77 dari skala 10, dengan indeks tertinggi dipegang oleh Pendidikan dan Kebudayaan.

Dalam konteks Kebutuhan Dasar, generasi muda relatif lebih mampu memenuhi kebutuhan orang tua dan anak-anak mereka dalam hal makanan, tempat tinggal, dan kesehatan daripada generasi yang lebih tua. Berdasarkan faktor ekonomi, siswa dan responden yang tidak bekerja memiliki tingkat optimisme yang lebih tinggi tentang kemampuan mereka untuk berhasil dalam karir mereka.

Melalui tabel diatas, terindikasi bahwasannya optimisme tertinggi berada di sektor Pendidikan dan Kebudayaan , dengan indeks tertinggi berada pada optimisme generasi muda terhadap penerimaan kuliner Indonesia di kancah dunia. Kemudian indeks terendah pada dimensi Pendidikan dan Kebudayaan berada pada optimisme kontribusi terhadap perkembangan iptek sebesar 8,01 dari 10.

Mengkaji melalui tabel di atas, pada sektor politik dan hukum indikator terendah berada pada optimisme generasi muda terhadap berkurangnya korupsi di Indonesia dengan score sebesar 5,43 dari 10. Dan score tertinggi pada sektor ini berada pada indikator optimisme generasi muda terhadap penegakan hukum yang adil.

Melalui hasil survei optimisme generasi muda yang dilakukan oleh Good News From Indonesia (GNFI) dan Populix ini, hasil yang dipaparkan dari peluncuran survei ini diharapkan dapat membantu kinerja sektor-sektor dalam pembuatan kebijakan seperti peningkatan kinerja pemerintah, kinerja sistem-sistem sosial, dan beberapa instansi yang terkait.

Sumber:

https://www.youtube.com/watch?v=5Eod4kTo7QQ

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

NT
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini