Strategi Belajar SNBT 2024 yang Efektif, Auto Lolos PTN Impian!

Strategi Belajar SNBT 2024 yang Efektif, Auto Lolos PTN Impian!
info gambar utama

“Pendidikan bukan persiapan untuk hidup. Pendidikan adalah hidup itu sendiri,” - John Dewey.

Tahukah Kawan GNFI sebentar lagi SNBT 2024 akan terselenggarakan? menurut Kemendekbud, SNBT 2024 akan dilaksanakan pada tanggal 26 Maret 2024. Kira-kira, perlu persiapan apa saja ya, untuk mengikuti SNBT 2024? Apakah cukup persiapan mental saja?

Tentu tidak! Kita perlu belajar untuk mendapatkan hasil yang terbaik dan lolos ke PTN impian kalian. Di sini, kita akan memberikan beberapa tips yang perlu kalian perhatikan untuk jadwal belajar SNBT yang lebih efisien dan tips menjadi lebih produktif juga semangat dalam belajar. Yuk, simak penjelasannya!

1. Jangan Salah Pilih Buku Belajar

Ada banyak sekali pilihan buku untuk belajar SNBT, tetapi apakah Kawan GNFI tahu ada beberapa buku yang memakai bahasa sulit dipahami dan ada yang mudah dipahami? Biasanya, para siswa mereka akan memilih buku dengan bahasa dan pengertian yang mudah dipahami.

Berdasarkan pengalaman belajar SNBT, kurang telitinya dalam memilih buku yang tidak cocok dapat menjadi penghambat konsentrasi dalam belajar. Maka tak jarang ada yang harus membeli buku baru lagi.

Fauziyah, seorang Jurnalis di Gramedia Blog, merekomendasikan buku yang cocok untuk para siswa terutama bagi yang masih kurang tahu-menahu buku SNBT mana yang bagus untuk pemula, yakni buku Top One, The King, Bank Soal, dan The Master Key.

Dari keempat buku tersebut, kira-kira Kawan GNFI tertarik dengan buku yang mana saja? Buku-buku tadi merupakan rekomendasi dari sang jurnalis dan sudah banyak juga siswa-siswi yang memakai buku tersebut untuk dipakai sebagai belajar latihan SNBT.

2. Harus Konsisten Belajar

Tidak ada suatu pencapaian yang bisa diraih tanpa komitmen dan konsisten dalam belajar. Kalau memang komitmen belajar kalian satu hari tiga jam, berarti Kawan GNFI harus belajar satu hari tiga jam sampai akhirnya nanti diterima di PTN.

Sebab, ketika Kawan GNFI mendapatkan hasil yang memuaskan dari komitmen dan konsisten, pasti kita merasa senang akan jerih payah diri sendiri. Pendapat tersebut berdasarkan teman penulis yang sekarang dapat berkuliah di kampus impian impiannya berkat komitmen dan konsistennya dalam belajar.

Maka penting sekali kita berkomitmen dalam belajar apalagi menjelang SNBT, karena banyak materi yang perlu dipelajari, latihan mengerjakan soal, dan masih banyak lagi. Semangat pejuang PTN!

3. Jangan Malas Mencari Sumber Belajar

Bagi Kawan GNFI yang tidak ikut bimbel untuk SNBT, kalian bisa belajar atau mencari materi dari platform atau media sosial manapun seperti YouTube, Twitter/X, ataupun buku. Dari pengalaman mereka yang belajar otodidak, pertama-tama Kawan GNFI dapat me-review materi terlebih dahulu selama kurang lebih 30 menit.

Setelahnya, kamu mulai mengerjakan soal-soal yang didapat dari YouTube, Twitter/X, dan buku. Hal tersebut sangat membantu kemampuan diri sendiri untuk meningkatkan semangat dan pengetahuan dalam belajar yang nantinya bisa mengerjakan SNBT dengan mudah karena materi yang sudah pernah dipelajari sebelumnya.

Kawan GNFI bisa mencobanya di rumah dan bisa mengerjakan latihan soal dari SNBT tahun sebelumnya atau latihan soal dari website Kemendikbud. Semangat dalam mengejar cita-cita dan impian! Masih ada waktu yang setia menunggu buah dari hasil jerih payahmu. Semangat calon mahasiswa baru PTN 2024!

Jadi itulah tips dan pengalaman semasa belajar SNBT. Semoga dapat membantu pejuang PTN 2024 dalam mendapatkan hasil yang terbaik. Sukses untuk teman-teman angkatan 2024!

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AN
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini