Pamali Jawa Punya Larangan Memotong Kuku pada Malam Hari, Ini Penjelasan Logisnya

Pamali Jawa Punya Larangan Memotong Kuku pada Malam Hari, Ini Penjelasan Logisnya
info gambar utama

Dalam kepercayaan tradisional Jawa, memotong kuku pada malam hari adalah hal yang tak boleh dilakukan dan dianggap dapat mengundang hal buruk. Kok bisa?

Setiap kelompok masyarakat di Indonesia tentu memiliki budayanya masing-masing. Salah satu wujud budaya tersebut adalah gagasan mengenai hal apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh manusia.

Di kalangan masyarakat tradisional Jawa, ada istilah pamali, yakni pantangan atau larangan tertentu yang mana jika itu dilanggar maka diyakini pelakunya akan ditimpa nasib buruk atau kesialan.

Salah satu pamali Jawa yang dikenal adalah larangan memotong kuku pada malam hari. Mengapa bisa ada larangan seperti demikian?

Larangan Menotong Kuku pada Malam Hari

Pada dasarnya, memotong kuku adalah hal biasa. Bahkan itu perlu dilakukan guna menjaga kebersihan tangan. Namun, pamali Jawa melarang memotong kuku pada malam hari sebagaimana tertuang dalam ungkapan berikut:

"Aja motong kuku ing wayah wengi, mundhak umur uripmu luwih cendhak."

Kurang lebih, ungkapan itu artinya "Jangan memotong kuku pada malam hari, karena akan membuat usia lebih pendek."

Larangan memotong kuku pada mam hari sebenarnya tidak hanya dikenal oleh masyarakat Jawa. Suku bangsa dari daerah lain pun punya kepercayaan serupa, mulai dari Kalimantan, Riau, dan Makassar.

Ternyata, pamali Jawa tersebut punya penjelasan logisnya. Jika dikulik lebih dalam, tidak memotong kuku pada malam hari sama dengan upaya meminimalisir tindakan yang berpotensi membahayakan seseorang.

Menurut Sri Wintala Achmad dalam Asal-usul & Sejarah Orang Jawa, orang tua pada jaman dahulu kerap melarang anak-anaknya memotong kuku pada malam hari. Sebab, itu sangat berbahaya berhubung suasananya gelap dan minim penerangan.

Saat itu, belum ada listrik yang menerangi rumah-rumah pada malam hari seperti sekarang. Alat penerang yang ada hanya lampu minyak. Oleh karena itu, orang tua menakut-nakuti anaknya agar tak memotong kuku dengan mengatakan bahwa mereka akan berumur pendek apabila melakukannya.

Menarilnya, memotong kuku bukan satu-satunya hal yang dilarang dalam pamali Jawa. Ada beberapa hal lain yang juga tak boleh dilakukan, di antaranya yakni menyapu rumah dan makan rujak. Alasannya pun masih sama, diyakini bahwa tindakan tersebut bisa menimbulkan hal buruk kepada pelakunya.

Pamali apa lagi yang pernah Anda dengar? Adakah hal lain yang juga dilarang dilakukan pada malam hari?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini