Malaysia Open 2024, Tantangan Pertama Bulu Tangkis Indonesia Tahun Ini

Malaysia Open 2024, Tantangan Pertama Bulu Tangkis Indonesia Tahun Ini
info gambar utama

Memasuki 2024, bulu tangkis Indonesia langsung dihadapkan turnamen Malaysia Open 2024 sebagai tantangan pertama untuk tahun ini.

Malaysia Open 2024 dimulai pada hari ini, Selasa (9/1/2024) dan akan berlangsung hingga Minggu (14/1/2024). Seperti edisi sebelum-sebelumnya, turnamen diselenggarakan di Axiata Arena, Kuala Lumpur.

Ajang ini jadi turnamen pertama yang dilakoni pada 2024. Setelahnya, ada India Open yang akan digelar pada 16 hingga 21 Januari 2024.

Para pebulu tangkis Indonesia yang berpartisipasi berangkat ke Kuala Lumpur pada Minggu (7/1/2024). Mereka juga telah menjalani sesi latihan pada Senin (8/1/2024) siang. Berikut skuad Indonesia di Malaysia Open 2024:

  • Tunggal Putra: Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie
  • Tunggal Putri: Gregoria Mariska Tunjung, Putri Kusuma Wardani
  • Ganda Putra: Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin
  • Ganda Campuran: Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati

Skuad tersebut telah mengalami perubahan dari rencana awal. Mulanya, pasangan ganda putri Ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti dan Ribka Sugiarto/Lanny Tria Mayasari diplot untuk ikut. Namun Apri/Fadia masih perlu pemulihan cedera dan Ribka jatuh sakit sehingga akhirnya absen.

Pebulu tangkis tunggal putra Chico Aura Dwi Wardoyo juga tidak diberangkatkan gara-gara cedera. Sementara itu, Jonatan Christie dan Anthony Ginting dalam kondisi siap berlaga.

"Sejauh ini Alhamdulillah tidak ada masalah untuk Jonatan dan Ginting. Sudah coba lapangan juga jadi tinggal bagaimana di pertandingan nanti. Secara persiapan sudah siap," ujar pelatih tunggal putra Indonesia, Irwansyah.

Tak hanya Jonatan dan Ginting, pebulu tangkis lainnya juga dipastikan sudah siap bertanding. Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi Rionny Mainaky memastikan jika persiapan para pebulu tangkis Indonesia sudah matang.

"Persiapan baik dan bagus tinggal bagaimana nanti permainan di lapangan. Saya meminta ke anak-anak supaya tidak terlalu terbeban terutama untuk Fajar/Rian yang statusnya juara bertahan," ujar Rionny.

Diungkap Rionny, bentuk persiapan yang dilakukan bermacam-macam, mulai dari latihan fisik hingga analisis video rekaman pertandingan.

"Ini momentum untuk meraih start bagus di awal tahun. Saya menitikberatkan pada penambahan latihan fisik dan strategi di lapangan. Video analisis pertandingan juga saya ingatkan terus untuk anak-anak pelajari permainan sendiri dan lawan-lawan mereka." pungkasnya.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini