12 Fakta Tentang Bulan yang Menarik, Mengejutkan dan Jarang Diketahui Orang

12 Fakta Tentang Bulan yang Menarik, Mengejutkan dan Jarang Diketahui Orang
info gambar utama

Fakta tentang Bulan yang menjadi benda langit menghiasi malam ternyata memiliki jarak yang paling dekat dengan bumi, sehingga Bulan juga dikenal sebagai satelit Bumi. Karena jaraknya yang dekat ini juga, menjadikan Bumi sebagai planet yang lebih baik dihuni oleh manusia. Bahkan, kabarnya Bulan tidak akan pernah menjauh dari Bumi.

Bulan bukan hanya berguna sebagai penghias langit di malam hari saja, tapi Bulan juga sangat berguna sebagai pemandu kegiatan nelayan dan saat berlayar dan penanggalan hari. Dari sinilah beberapa ilmuwan banyak yang penasaran dengan keberadaan Bulan ini dan mulai untuk menguliknya dan mencari tahu mengenai fakta tentang Bulan.

Dalam menggali ilmu mengenai Fakta tentang Bulan, para ilmuwan bahkan melakukan pendaratan pertama kali ke Bulan pada tahun 1969. Bahkan hingga saat ini, para ilmuwan tak henti-hentinya untuk mencari informasi keunikan tentang benda langit satu ini.

Nah mau tahu fakta apa saja yang menarik tentang bukan? Yuk, cek beberapa fakta tentang bulan berikut:

Bagaimana Bulan Mendapatkan Namanya

fakta-fakta tentang bulan yang jarang diketahui orang
info gambar

Fakta tentang bulan pertama, yaitu nama dari bulan yang mana dalam Bahasa Latin disebut dengan nama Luna yaitu kata sifat utama untuk semua yang berkaitan dengan bulan atau Moon-related: lunar

Ukuran dan Jarak

Berdasarkan informasi dari halaman website NASA, Bulan memiliki ukuran kurang dari sepertiga lebar Bumi yaitu dengan radius sekitar 1.080 mil (1.740 kilometer). Dapat diibaratkan Bumi memiliki ukuran sebesar nikel sementara Bulan memiliki ukuran sebesar biji kopi.

Mengenai jarak, Bulan berjarak rata-rata 238.855 mil atau 384.400 kilometer yang setara dengan 30 diameter Bumi. Nah, perlu diketahui bahwa secara perlahan Bulan bergerak menjauh dari Bumi, semakin jauh sekitar satu inci setiap tahunnya.

Orbit dan Rotasi

Tahukah Kawan, dalam penjelasan di lama NASA menyebutkan bahwa Bulan berputar dengan kecepatan yang sama mengelilingi Bumi. Nah, peristiwa ini disebut juga dengan synchronous rotation yang mana bulan selalu menghadap ke arah Bumi setiap waktunya dan tampak tak bergerak sama sekali.

Bagian bulan yang menghadap bumi biasa disebut sebagai sisi dekat atau near side sedangkan bagian bulan yang membelakangi Bumi disebut sisi jauh atau far side.

Fakta tentang Bulan, bahwa selama 27 hari Bulan membuat orbit lengkap saat mengelilingi matahari, namun untuk berganti bulan baru Bulan membutuhkan waktu selama 29,5 hari. Sementara perlu Kawan ketahui bahwa Bulan berotasi dari barat ke timur.

Struktur Bulan

fakta tentang bulan
info gambar

Fakta tentang Bulan selanjutnya adalah memiliki lapisan-lapisan seperti inti, mantel dan kerak bulan, sebagaimana yang dijelaskan di laman NASA menyebutkan bahwa:

  • Inti Bulan jika diukur besarnya lebih kecil dari inti benda terestrial lainnya dengan massa yang padat dan kaya akan besi dengan radius 149 mil atau 240 km. Kemudian bagian luar dikelilingi oleh cangkang cair dengan ketebalan 56 mil atau 90 km, sebagiannya juga terdapat lapisan cair dengan ketebalan 93 mil atau 150 kilometer yang mengelilingi inti besi.
  • Bagian atas inti Bulan terdapat Mantel dan Kerak Bulan, di mana mantel memanjang dari bagian atas lapisan hingga kerak Bulan. Kerak bulan memiliki ketebalan pada sisi dekat bulan 43 mil atau 70 km, sementara bagian sisi jauh memiliki ketebalan 93 mil atau 150 km.

Permukaan dan Suhu

Perlu Kawan ketahui, dulunya Bulan memiliki gunung berapi aktif yang cukup banyak. Nah, saat ini gunung berapi tersebut semua tidak aktif dan belum meletus selama jutaan tahun. Selain gunung permukaan Bulan juga terdapat kawah dan aliran lava yang juga sudah mengeras.

Komposisi rata-rata permukaan Bulan menurut massanya kira-kira 43% oksigen, 20% silikon, 19% magnesium, 10% besi, 3% kalsium, 3% aluminium, 0,42% kromium, 0,18% titanium, dan 0,12% mangan.

Suhu Bulan juga bervariasi, dimana pada siang hari suhunya bisa mencapai 127 hingga 134 derajat celcius. Pada malam hari suhu Bulan bisa mencapai -154 hingga -173 derajat celcius.

Air di Bulan

NASA pernah menemukan air di bawah permukaan Bulan, sementara misi penjelajahan Bulan yang dilakukan oleh negara India kuga pernah menemukan air di dekat kutub Bulan.

Memang tidak banyak air yang mereka temukan dalam penjelajahannya ke Bulan, namun fakta tentang Bulan ini telah dibuktikan oleh para peneliti bahwa air yang didapat berkisar satu liter air untuk kedalaman satu meter kubik tanah.

Satu-satunya Satelit Alami Terbesar di Tata Surya

NASA menyebutkan dalam lamannya, bahwa Bulan merupakan satelit Bumi satu-satunya secara alami dan terbesar. Benda ini mengitari Bumi pada jarak 385.000 km atau setara dengan 30 diameter Bumi.

Menstabilkan Iklim Bumi

Tahukah Kawan bahwa iklim Bumi ternyata dibantu distabilkan oleh Bulan, hal ini terjadi karena bulan membatasi rotasi Bumi. Tanpa adanya Bulan, kemungkinan Bumi memiliki iklim yang berbeda atau tidak seperti saat ini.

Terbentuk Tidak Lama Setelah Bumi

fakta tentang bulan yang menarik
info gambar

Kapan sih bulan terbentuk? Nah, diperkirakan Bulan ini ada sekitar 4,5 miliar tahun lalu, yaitu tidak lama setelah Bumi tercipta. Menurut penelitiannya, Bulan ini diketahui berasal dari serpihan-serpihan yang terlepas setelah sebuah benda langit seukuran Mars bertubrukan dengan Bumi.

Bentuk Bulan tidak Bulat

Ada yang pernah mendengar bahwa Bulan itu bulat? Nah, pada kenyataannya Bulan itu tidak bulat melainkan oval seperti telur. Pusat massa Bulan ini, sebenarnya bukan ada pada pusat geometris Bulan, melainkan ada pada 2 km dari pusat geometris Bulan tersebut.

Bulan akan Menjauhi Bumi

Banyak yang mengatakan bahwa Bulan tidak akan bisa jauh dari Bumi, nyatanya setiap tahun Bulan akan menjauhi Bumi sekitar 4cm setiap tahunnya. Menurut penelitian, jika ini masih terus terjadi selama 50 miliar tahun ke depan, maka membutuhkan waktu sekitar 47 hari untuk mengorbit bumi, bukan 27,3 hari seperti sekarang.

Namun, Bulan akan kembali mendekat dengan Bumi hal ini disebabkan oleh Matahari yang akan menggerakkan pasang surut di Bumi serta memperlambat putarannya dan memberikan efek menarik kembali bulan menjadi lebih dekat meski dalam waktu yang cukup lama.

Bulan Pernah Terbelah

Fakta tentang Bulan selanjutnya adalah pernah terbelah, ini merupakan salah satu keajaiban yang dikisahkan pada Nabi Muhammad SAW.

Meski NASA belum memberikan penjelasan mengenai Bulan pernah terbelah, namun para ilmuwan sepakat menyebutkan bahwa adanya belahan pada bulan yang merupakan patahan atau disebut rille seperti Rima Ariadaeus.

Rima Ariadaeus yang terdapat pada Bulan dengan panjang lintasan sekitar 300 km (186,4 mil), adalah sistem sesar seperti yang biasa ditemukan di bumi. Rille ini terbentuk dikarenakan aktivitas tektonik yang kemungkinan terjadi setelah benturan hebat, atau akibat sistem tanggul dalam yang terjadi saat bulan masih aktif secara vulkanik.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai fakta tentang Bulan. Semoga bisa menambah ilmu kita ya Kawan! Semoga bermanfaat.

Referensi :

science.nasa.gov
kids.grid.id

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Deka Noverma lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Deka Noverma.

DN
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini