Pemerintah Bangun Rumah untuk Pemulung hingga Tukang Becak di Prabumulih

Pemerintah Bangun Rumah untuk Pemulung hingga Tukang Becak di Prabumulih
info gambar utama

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI telah menyelesaikan pembangunan 100 unit Rumah Inti Tumbuh Tahan Gempa (RITTA) di Prabumulih, Sumatra Selatan. Bantuan ini diberikan secara gratis kepada kelompok bepenghasilan rendah, seperti pemulung, kuli panggul, tukang sol sepatu, tukang becak, dan penyandang disabilitas.

“Saya sangat senang karena pemerintah masih peduli dan memberikan bantuan rumah secara gratis kepada para tukang becak motor,” ucap M. Butar-butar, salah satu penerima bantuan RITTA, dikutip dari akun Instagram Kementerian PUPR RI, Kamis (25/1/2024).

Seratus unit RITTA berdiri di atas lahan seluas 2 hektare (ha) dan dibangun dengan teknologi Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) rancangan Kementerian PUPR RI. Setiap unit rumah dibangun dengan tipe 18 seluas 7x10 meter dan masih dapat dikembangkan menjadi tipe 36.

“Bangunannya bagus, kuat, tahan gempa, serta dilengkapi jalan beton. Syarat mendapatkannya juga tidak sulit,” sambung M. Butar-butar.

Apa Itu Rumah Tumbuh? Fungsi dan Cara Membuatnya

Dalam menjalankan program ini, Kementerian PUPR RI dan Pemkot Prabumulih bekerja sama dengan sejumlah perusahaan BUMN serta swasta melalui program Corporate Social Responsibility (CSR). Beberapa pihak yang terlibat antara lain: PT. Sarana Multigriya Finansial (SMF), PT. Bank Syariah Indonesia (BSI), PT. Bank Tabungan Negara (BTN), dan PT. Mowilex Indonesia.

Setiap unit RITTA diberikan secara gratis kepada penerima bantuan, sementara tanahnya dihibahkan oleh Pemkot Prabumulih kepada penerima bantuan. Program ini menjadi pilot project kolaborasi pemerintah bersama pihak swasta dan direncanakan akan dilaksanakan di provinsi lain.

“Saya sehari-hari hanya mengandalkan penghasilan tidak tetap dari berdagang sayur-mayur. Saya sangat bersyukur dan berharap program ini bisa dilanjutkan karena memang benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat,” tutur Masriyah, penerima bantuan RITTA dari kalangan penyandang disabilitas.

Mengenal Konsep Rumah Hijau, Fungsi, Serta Cirinya

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini