Mengapa Berastagi Masuk Kategori Kota Terdingin di Indonesia?

Mengapa Berastagi Masuk Kategori Kota Terdingin di Indonesia?
info gambar utama

Indonesia memiliki wilayah laut yang luas dan 81% wilayah perairannya hangat. Itu sebabnya, Indonesia beriklim tropis. Tidak seperti negara lain yang musimnya bervariasi seperti musim dingin, musim gugur, atau musim semi, negara kita hanya mempunyai dua musim, yaitu musim hujan dan musim panas.

Berbicara tentang iklim, sudah pasti suhu ikut serta untuk diperbincangkan. Pada dasarnya, suhu dapat berubah-ubah, menyesuaikan musim yang berlangsung. Suhu juga akan berbeda-beda di setiap daerah. Contohnya saja di wilayah pesisir pantai perairan hangat, suhunya stabil di angka 28 derajat celcius, daerah pedalaman dan pegunungan 26 derajat celcius, dan wilayah pegunungan yang lebih tinggi 23 derajat celcius.

Begitulah kenyatannya, suhu rendah di Indonesia masih berada dalam rentang 20 derajat celcius. Jadi, anak-anak yang sering mengharapkan salju turun di Indonesia hanya akan disapa oleh kecewa. Akan tetapi, meskipun demikian Indonesia punya beberapa daerah yang masuk kategori suhu dingin hingga di bawah rata-rata. Salah satunya adalah Berastagi, Sumatra Utara.

Bagaimana Potensi Hujan di Awal Februari 2024? Begini Analisis dari BMKG

Penyebab Suhu Dingin di Berastagi

Berastagi masuk ke dalam daerah dataran tinggi dan termasuk daerah dengan suhu dingin. Harusnya, semakin tinggi suatu wilayah, semakin dekat pula dengan matahari, tapi mengapa justru memiliki suhu yang lebih tinggi dari pada dataran rendah, ya?

Ternyata, secara ilmiah jarak suatu tempat di bumi dengan matahari tidak bisa dijadikan tolok ukur pengkuran suhu. Sebab yang memengaruhi suhu suatu daerah menjadi dingin atau panas adalah tekanan udara.

Nah, suhu dingin di daerah pegunungan disebabkan oleh tekanan udara yang rendah dan kerapatan udara. Dengan demikian, molekul udara lebih mudah menyebar dan pergerakannya menjadi lebih lambat. Panas pun menjadi lebih sedikit sehingga dingin-lah yang mendominasi.

Dengan kata lain, bisa disimpulkan bahwa semakin tinggi dari permukaan bumi, akan semakin rendah tekanan udaranya. Sebaliknya, dataran rendah memiliki tekanan udara yang lebih tinggi.

Berastagi terletak di antara Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung, Sumatra Utara. Secara administratif masih dalam cakupan Kabupaten Karo. Letaknya berada di ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut. Jadi, tidak heran lagi tentang Berastagi yang bisa bersuhu dingin.

Kisaran suhu udara rata-rata di bawah 20 derajat celcius. Kemudian, didukung dengan kondisi geografisnya yang teretak di daerah Pegunungan Barisan, alhasil suhu tahunan rata-rata Berastagi mencapai 18 derajat celcius. Bahkan, suhu terdinginnya bisa mencapai 9 derajat celcius, terlebih pada saat musim penghujan.

Rekomendasi Kota untuk Pensiun di Sumatra Utara

Liburan ke Berastagi

Sebagai kota terdingin di Sumatra Utara, Berastagi bisa dijadikan sebagai opsi tempat liburan bagi orang-orang yang tempat tinggalnya bersuhu lebih panas. Bagi orang Jakarta dan sekitarnya ada Puncak Bokor untuk beristirahat dari hiruk-pikuk dan polusi udara, maka puncaknya orang Medan dan sekitarnya adalah Berastagi.

Ada banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan di sana, cocok untuk segala kalangan umur. Liburan bersama keluarga sangat direkomendasikan. Kawan bisa menyewa villa agar bisa menghabiskan beberapa hari untuk menikmati udara sejuk dan segar.

Hal paling menonjol dari Berastagi ada pada pasar-pasarnya yang selalu ramai. Ada bagian yang menjadi pusat perdagangan masyarakat di Berastagi. Mulai dari bunga, sayuran, dan buah-buahan yang dijual di pasar Berastagi lebih segar.

Selain menghabiskan waktu di villa, wisatawan juga harus berkunjung ke Bukit Gundaling, tempat pemerasan susu, kebun stroberi, kebun jeruk, atau bisa juga ke wahana bermain Mikie Funland. Kawan tidak akan menyesal jika sudah berkunjung!

Mikie Funland, Dufannya Orang Sumut!

Referensi:

  • https://goodstats.id/article/wajib-dikunjungi-ini-7-kota-dengan-suhu-terdingin-di-indonesia-Ox92F
  • https://www.indonesia.travel/id/id/informasi-umum/musim-iklim-dan-cuaca
  • https://www.indonesia.travel/gb/en/destinations/sumatra/berastagi

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

NS
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini