Rekomendasi Kota untuk Pensiun di Sumatra Utara

Rekomendasi Kota untuk Pensiun di Sumatra Utara
info gambar utama

Pada umumnya, manusia telah menghabiskan waktu di masa muda untuk bekerja. Sebab usia muda adalah saat yang tepat untuk melakukan berbagai macam kegiatan yang produktif. Ada banyak hal yang bisa dilakukan di waktu muda, mulai dari bekerja, bersenang-senang, hingga menelusuri banyak tempat untuk menimbun banyak pengalaman.

Kalau muda adalah waktunya bekerja, maka tua adalah waktu untuk beristirahat. Maka dari itu, perencanaan yang baik juga diperlukan untuk menghadapi masa tua, salah satunya adalah memilih tempat tinggal untuk menghabiskan sisa umur.

Pemilihan tempat tinggal di masa tua harus mempertimbangkan kenyamanan, yang di antaranya meliputi wilayah yang tidak jauh dari keluarga, aman, tenang, dan tidak lupa mempertimbangkan kualitas lingkungan yang baik.

Memilih tempat tinggal juga menjadi satu hal krusial dalam hidup manusia, bahkan bisa tergolong sulit. Maka dari itu, dibuat rekomendasi ini untuk memudahkan dalam memilih. Tidak hanya untuk Kawan GNFI yang ada di Sumatra Utara, tapi juga untuk Kawan GNFI yang sekiranya tertarik menghabiskan masa tua di Sumatra Utara.

Siantar

Kota Pematangsiantar masuk ke dalam kategori wilayah dengan suhu yang cukup sejuk. Hal ini cocok dijadikan sebagai tempat tinggal di hari tua. Karena salah satu keluhan yang masih sering dialami banyak orang adalah udara yang panas. Dengan tinggal di Siantar, maka hal itu tidak menjadi masalah besar.

Selain itu, Siantar juga kota dengan kapasitas penduduk yang tidak terlalu padat. Lalu lintas di kota ini pun tidak mengalami kemacatan rutin seperti di kota-kota besar pada umumnya. Dari segi lingkungan juga cukup baik.

Wilayah-wilayah dengan banyak pepohonan tidak sulit didapati sehingga udara yang dihasilkan terjaga kualitasnya. Bagi Kawan GNFI yang sudah pernah mengunjungi Siantar, pasti tahu bagaimana indahnya ketenangan yang bisa dirasakan.

Baca juga: Ternyata Siantar Pernah Menjadi Ibukota Sumatra Utara, Ini Sejarahnya!

Sibolga

Kota Sibolga memang termasuk ke dalam jajaran kota kecil di Indonesia. Namun, hal itu tidak menjadikan kota ini sebagai tempat dengan keterbatasan mengakses berbagai hal. Bahkan, fasilitas umum seperti kesehatan cukup memadai. Selain itu, udaranya yang sejuk bisa dipertimbangkan untuk kenyamanan istirahat.

Lagi pula, Sibolga adalah kota dengan ciri khas pemandangan alam yang indah. Ada banyak wisata alam yang menjadi kebanggaan kota ini. Orang-orang yang menghabiskan waktu pensiunnya di sini dapat mengunjungi wisata alam untuk mencari sumber ketenangan.

Baca juga: Sibolga, Kota Terkecil di Indonesia yang Dijuluki Sebagai Kota Ikan

Sipirok

Sipirok adalah ibu kota Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatra Utara. Jarak yang harus ditempuh dari Medan ke Sipirok adalah 356 kilometer, kurang lebih menghabiskan waktu selama delapan sampai sembilan jam dengan perjalanan darat. Letaknya sendiri ada di sekitar lembah Gunung Sibualbuali, yang membuat udara di kota ini sejuk.

Sipirok bukanlah kota yang masuk kategori kota padat. Lingkungan kota ini juga termasuk asri dan kekayaan alam di sana masih terjaga sehingga berdampak pada udara yang baik.

Berastagi

Berastagi menjadi kecamatan terbesar kedua yang ada di dataran tinggi karo. Tidak heran jika suhu yang menyelimuti membuatnya masuk dalam jajaran kota terdingin yang ada di Indonesia. Rasanya menenangkan sekali jika kita tinggal di daerah yang tidak terlalu disengat panasnya matahari. Terlebih jika di pagi hari, udara sejuk senantiasa menyapa rongga hidung dan menyebarkan kenyamanan dalam diri.

Pusat kota Berastagi mungkin terlihat padat karena banyaknya aktivitas, terutama perdagangan. Namun, jika di daerah-daerah pinggiran tidak demikian. Alam yang masih terjaga tidak hanya menambah kesejukan, tapi juga minim polusi udara. Saat berlibur ke sana, semua orang pasti bisa merasakan bagaimana indahnya kedamaian yang bisa diraih.

Demikian rekomendasi kota yang cocok dijadikan sebagai tempat tinggal di hari tua dengan mempertimbangkan kualitas lingkungan yang baik. Meski sebenarnya ada banyak lagi kota yang memenuhi kriteria tersebut, tapi keempatnya adalah yang dianggap terbaik. Jika Kawan GNFI punya rekomendasi lain, ceritakan di kolom komentar, ya!

Baca juga:5 Rekomendasi Kota Untuk Menikmati Masa Pensiun

Referensi:

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Sipirok,_Tapanuli_Selatan
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Berastagi,_Karo

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan. Artikel ini dilengkapi fitur Wikipedia Preview, kerjasama Wikimedia Foundation dan Good News From Indonesia.

NS
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini