Sibolga, Kota Terkecil di Indonesia yang Dijuluki Sebagai Kota Ikan

Sibolga, Kota Terkecil di Indonesia yang Dijuluki Sebagai Kota Ikan
info gambar utama

Setiap daerah atau wilayah sudah pasti memiliki ciri khasnya masing-masing yang tidak bisa didapatkan di daerah lain. Sama halnya dengan salah satu kota yang terdapat di Sumatra Utara, yaitu Sibolga. Kota ini menyandang gelar sebagai kota terkecil di Indonesia. Luasnya hanya sekitar 2.778 Ha yang mana hanya terdapat 10,77 Km2 wilayah layak huni. Selain itu, secara administratif Sibolga hanya terdiri dari 4 kecamatan dan 17 kelurahan.

Akan tetapi, meskipun hanya merupakan kota kecil, bukan berarti Sibolga hanya sebatas kota mati yang tidak menarik minat siapapun untuk berkunjung. Karena pada kenyataannya, Sibolga menjadi salah satu kota yang memiliki kebanggaan pada bidang pariwisata.

Baca juga : Keindahan Danau Toba Tidak Boleh Dilewatkan, Danau Terbesar di Indonesia!

Lokasi Sibolga

Letak Sibolga ada di bagian Pantai Barat Provinsi Sumatra Utara, tepatnya di Teluk Tapian Nauli. Selain itu, kota ini juga ada pada ketinggian kurang lebih 0-150 meter dari atas permukaan laut, dengan kemiringan lahan kawasan kota yang bervariasi sekitar 0-2% sampai 40% lebih.

Melihat lokasinya yang berada di sekitaran laut, tidak heran jika Sibolga memiliki suhu yang cukup panas. Suhu terendahnya adalah 21.6 derajat celcius dan bisa mencapai 32 derajat celcius.

Wisata Sibolga

Di Sumatra Utara, Sibolga terkenal dengan kota yang memiliki keindahan pantai mempesona. Pantai-pantai di Sibolga dapat menjadi alternatif bagi orang-orang yang ingin menikmati pantai di Pulau Dewata.

Baca juga : 10 Bali Baru: Danau Seluas Singapura di Sumatra Utara
  1. Pulau Poncan Gadang

Lokasi pulau ini dapat ditempuh dalam waktu 15 menit mengunakan speed boat dari Sibolga. Pantai yang ada di Pulau Poncan Gadang ini cocok untuk orang-orang yang memiliki hobi diving dan snorkling karena ada beragam jenis ikan hias dan terumbu karang. Keindahannya tidak usah diragukan, airnya sangat jernih dengan pasir putih yang menambah keindahan panorama. Kesampingkan ketakutan akan teriknya matahari, di sekeliling pulau ini ada banyak pohon nyiur yang tumbuh sehingga dapat digunakan untuk berteduh menikmati angin sepoi-sepoi pantai.

  1. Pulau Poncan Ketek

Tidak jauh berbeda dengan pulau sebelumnya, untuk sampai ke pulau ini juga bisa ditempuh dengan speed boat. Letaknya sendiri ada di sebalah Pulau Poncan Gadang. Hanya saja, luasnya lebih kecil. Namun, hal itu bukan masalah, pemandangan dari pulau ini juga indah.

Lebih menariknya lagi, pulau Poncan Ketek menyimpan banyak sejarah pada zaman dahulu; pernah menjadi pusat perdagangan di Teluk Tapian Nauli.

  1. Pulau Sarudik

Beralih ke pulau yang satu ini, jaraknya dari kota Sibolga sekitar 300 meter. Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Sibolga merupakan kota dengan wisata pantai yang terkenal. Jadi, sudah pasti di Pulau Sarudik pun demikian. Biasanya, wisatawan yang datang ke pulau ini menghabiskan waktunya untuk memancing atau sekadar beristirahat dari kesibukan di dunia kerja.

  1. Pantai Ujung Sibolga

Pantai ini menjadi salah satu objek wisata yang letaknya tidak jauh dari jantung kota Sibolga. Pengunjung yang mendatangi pulau ini sering mengajak keluarganya serta. Karena selain pemandangan pantainya yang tiada dua, riak ombak di pantai ini tidak terlalu besar sehingga aman jika memilih opsi untuk berenang di bibir pantai. Tidak hanya itu, sama seperti pantai lain, Pantai Ujung Sibolga juga memberikan kesan magis yang membuat semua orang terpukau pada saat matahari perlahan tenggelam.

Baca juga : Keindahan Kota Sibolga, Kota Terkecil Indonesia Tempat Syuting King Kong

Sibolga sebagai Kota Ikan

Seperti penjelasan di awal, Sibolga berlokasi tidak jauh dari laut. Dengan demikian, kota ini memiliki banyak potensi yang bersumber dari kelautan. Besarnya potensi sampai membuat Sibolga ditambahi julukan Kota Ikan.

Satu hal unik lagi dari Sibolga, jika oleh-oleh suatu daerah biasanya identik dengan buah-buahan atau makanan khas daerah, maka Sibolga tidak demikian. Seolah mendukung kekayaan hasil laut yang diperoleh, ikan asin adalah satu yang dipilih sebagai ciri khas kota ini.

Jadi, jangan mengharapkan oleh-oleh berupa makanan gurih dari kerabat yang pergi ke Sibolga, karena yang dibawa justru ikan asin, ikan teri, cumi asin, dan kawan-kawannya.

Referensi:

sibolgakota.go.id

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

NS
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini