10 Bali Baru: Danau Seluas Singapura di Sumatra Utara

10 Bali Baru: Danau Seluas Singapura di Sumatra Utara
info gambar utama

Berawal dari 69 ribu hingga 77 ribu tahun lalu, ledakan Gunung Toba menciptakan sebuah kaldera yang kini kita kenal sebagai Danau Toba dan Pulau Samosir di tengahnya. Danau ini seluas 1,7 km persegi, lebih luas dari Singapura.

Tidak heran, danau kedua terbesar di dunia setelah Lake Victoria di Afrika ini memiliki kedalaman 450 meter yang membuatnya menjadi danau terdalam di dunia.

Danau Toba adalah salah satu destinasi terpopuler di Indonesia. Maka dari itu Kementerian Pariwisata RI menetapkan danau di Medan, Sumatra Utara, ini sebagai bagian dari 10 Bali Baru. Dengan harapan dapat meningkatkan popularitas pariwisata Indonesia seperti Bali.

Berikut beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Danau Toba:

Berendam di sumber air panas alami

Kolam air panas di Kaki Pusuk Buhit | Sumber: tripzilla.id
info gambar

Sumber air panas alami ini dapat ditemukan di kaki gunung Pusuk Buhit. Air panas ini pun telah disalurkan ke kolam renang di sekitar. Wisatawan dapat melihat langsung pemandangan alam sambil berendam dan bersantai.

Mengunjungi Tuktuk Siadong

Keunikan Tuktuk Siadong | Sumber: booking.com
info gambar

Terletak di dekat Pulau Samosir, Tuktuk Siadong ini sangat sayang untuk dilewatkan. Banyak penginapan dan restoran dengan arsitektur khas Sumatra Utara. Tidak hanya itu, lokasinya yang berada di pinggir danau memberikan pemandangan yang indah, serta dapat menjelajahi pulau menggunakan perahu.

Bermain kayak

Kayak, salah satu daya tarik Danau Toba | Sumber: pedomanwisata.com
info gambar

Angin semilir dan danau yang jernih dan tenang akan bisa dinikmati menggunakan kayak. Perahu juga disediakan di sini. Selain itu juga bisa dinikmati dengan piknik di tepi danau.

Wisata edukasi budaya Batak

Museum Batak di Tomok | Sumber: Simanindo
info gambar

Etnis Batak di Sumatea Utara memiliki banyak sejarah dan ciri khas mulai dari tarian hingga makanan. Mulai dari replika rumah tradisional Raja Sidauruk, hingga artefak dan pertunjukan wayang Sigang Gale, sehingga wisata di Danau Toba selain indah juga edukatif.

Akses menuju Danau Toba bisa ditempuh melalui Medan selama kurang lebih 6 jam menggunakan transportasi darat. Jika dari Singapura, dapat ditempuh menggunakan pesawat selama 1.5 jam.

Catatan kaki: Cherie Sim/The Travel Intern | Muchammad Yani/merahputih

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

NG
AI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini