Berwisata dan Camping Seru di Pantai Ngetun Gunung Kidul

Berwisata dan Camping Seru di Pantai Ngetun Gunung Kidul
info gambar utama

Pantai Ngetun merupakan salah satu dari sekian banyak lantai yang berada di Pantai Selatan Yogyakarta. Pantai ini menjadi salah satu primadona yang wajib Kawan kunjungi jika sedang berlibur ke Yogyakarta. Karena pantai ini menawarkan keindahan alamnya yang tenang dan alami.

Meski aksesnya cukup sulit, namun jika berkunjung ke pantai ini Kawan akan dibuat takjub. Nah, bagi kawan yang hendak mengunjungi surga tersembunyi di Yogyakarta satu ini simak beberapa informasi mengenai pantai ngetun di antaranya:

Arti dari nama Pantai Ngetun

Arti nama Pantai Ngetun | Reza Turtelix/googlemaps
info gambar

Dari beberapa sumber mengatakan, nama dari Pantai Ngetun diambil dari kata ngintun yang mana dalam Bahasa Jawa berarti mengintip. Hal ini diartikan karena pantai ini memang berada pada lokasi yang tersembunyi dan cukup sepi.

Ada juga yang mengartikan nama pantai ini dengan istilah getun yang memiliki arti kecewa dalam Bahasa Jawa, namun arti dari kata ini tidak berlaku jika Kawan mengunjungi Pantai Ngetun ini. Mungkin, kata kecewa karena perjalanan menuju Pantai Ngetun cukup sulit sehingga butuh waktu dan tenaga untuk sampai ke lokasi.

Perlu diketahui, Pantai Ngetun merupakan salah satu pantai yang ada di Gunung Kidul yang kunjungannya masih sepi. Mungkin hal ini dikarenakan lokasinya yang cukup tersembunyi, sehingga tak salah jika Pantai Ngetun dinobatkan sebagai surga tersembunyi yang keelokannya sangat memukau.

Lokasi Pantai Ngetun

Lokasi Pantai Ngetun | _RizkyRifaldi/googlemaps
info gambar

Pantai Ngetun beralamatkan di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul. Keindahannya yang sangat memukau dengan pasir putih dan air laut berwarna biru jernih membuat para pecinta pantai ingin menuju ke sini. Bukan hanya itu, panorama alam di Pantai Ngetun juga akan memberikan keindahan yang luar biasa bagi Kawan yang mengunjungi pantai satu ini.

Karena belum terlalu terjamah oleh para wisatawan, Pantai Ngetun tampak sangat asri dan alami. Cocok banget bagi Kawan yang menginginkan liburan dengan suasana pantai yang meneduhkan dan damai, yang hanya terdengar disini hanyalah suara desiran air dan ombak.

Keunikan Pantai Ngetun

Keunikan Pantai Ngetun | Putri Angelia/googlemaps
info gambar

Pantai di Yogyakarta memang sangat menarik dan unik untuk disinggahi, begitu juga dengan Pantai Ngetun. Selain keindahan panoramanya yang alami dan asri, tentu saja banyak keunikan Pantai Ngetun yang menjadi daya tarik para pengunjung yang hendak ke sini. Berikut beberapa rangkuman mengenai keunikan Pantai Ngetun, diantaranya:

  • Surga yang tersembunyi

Lokasinya yang tersembunyi sehingga banyak yang tidak tahu dan jarang bisa sampai ke pantai satu ini. Tak heran jika yang datang ke sini adalah wisatawan yang menginginkan suasana pantai yang tenang, untuk melepas sejenak kesibukan dan hiruk pikuk kota. Bagi Kawan yang hendak berwisata ke Pantai Ngetun, disarankan untuk melihat rutenya terlebih dahulu agar tidak kecewa karena susah mencari pantai satu ini.

  • Keindahan yang eksotis

Keindahan pantai di Yogyakarta memang tidak perlu diragukan lagi, Pantai Ngetun menjadi salah satu jawaban dari keindahannya tersebut. Pantai ini memiliki panorama alam yang asihh sangat alami dan menakjubkan. Airnya yang sangat jernih dengan perpaduan pasir putih yang halus, memberikan suasana alam yang sangat memukau.

Kawan juga bisa menikmati keindahan matahari terbenam di sini. Ditambah Lagi Pantai ini memiliki batu karang dengan formasi yang eksotis, serta batu-batu besar yang tersebar di sepanjang pantai. Tentunya semakin unik dan memukau.

  • Menyusuri goa-goa

Selain bermain air dan bersantai menikmati keindahan pantai, keunikan lainnya di Pantai Ngetun adalah Kawan bisa menjelajahi gua-gua kecil yang berada disekitar pantai. Meski kecil, tapi gua yang berada di Pantai Ngetun ini sangatlah menarik. Kawan bisa menjadikan gua-gua ini sebagai latar yang unik saat membidikkan kamera untuk berswa foto.

  • Terdapat ragam hayati

Berbagai jenis flora dan fauna bisa Kawan temukan di sini, seperti pepohonan serta kicauan burung bisa menjadi nilai tambah saat menikmati suasana pantai yang tenang dan damai. Terlebih bagi Kawan yang menginginkan suasana pantai yang jauh dari kebisingan kota.

Kegiatan yang dilakukan di Pantai Ngetun

Berkemah di Pantai Ngetun | instagram/gunungkidul.ig
info gambar

Beberapa kegiatan yang bisa Kawan lakukan di Pantai Ngetun cukup beragam, bukan hanya berenang atau hanya sekedar bermain pasir saja. Berikut beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di pantai ini, di antaranya:

  • Berkemah

Kegiatan pertama yang bisa Kawan lakukan adalah berkemah di area pasir putih, tepatnya di pinggir pantai. Tentunya akan menjadi pengalaman yang seru untuk berkemah di sini. Mendengar suara ombak yang damai dan melihat indahnya langit malam di pantai.

Untuk fasilitas jangan khawatir, karena walau tersembunyi fasilitasnya cukup lengkap seperti kamar mandi, musholla, area parkir bahkan warung.

  • Memancing

Bagi Kawan yang memiliki hobi memancing juga bisa ke Pantai Ngetun ini. Karena saat air pantai surut, akan banyak biota laut yang bisa didapatkan.

  • Piknik

Menikmati keindahan laut sambil menyantap hidangan yang sudah disiapkan di rumah? Tentu menjadi pengalaman yang menarik untuk berpiknik di Pantai Ngetun ini. Namun ingat! Jangan membuang sampah sembarangan, tetaplah jaga kebersihan pantai agar tetap indah.

  • Mendaki bukit karang

Hal seru lainnya yaitu Kawan bisa melakukan tracking ke bukit sekitar Pantai Ngetun ini. Pemandangan di atas bukit tentunya sangat indah dan memukau. Di sini Kawan juga dapat mengabadikan momen sunset dan sunrise di atas bukit karang ini. Tetap berhati-hati saat melakukan pendakian ya.

HTM dan jam operasional

Belum ada penetapan tarif masuk saat mengunjungi Pantai Ngetun, Kawan hanya akan dikenakan biaya parkir kendaraan saja. Untuk kendaraan beroda empat dikenakan biaya sekitar Rp5.000 dan Rp3.000 untuk kendaraan roda dua.

Jam operasional pantai ini adalah 24 jam dan dibuka setiap hari, jadi Kawan bebas untuk datang ke pantai ini kapan saja.

Rute menuju Pantai Ngetun

Berada di bagian selatan Daerah Istimewa Yogyakarta, untuk sampai ke Pantai Ngetun Kawan bisa menggunakan perjalanan darat yang dapat diakses dengan motor ataupun mobil.

Memang, letak pantai ini di daerah yang agak terpencil dan selama diperjalanan Kawan akan melewati dua pedesaan dengan perjalanan yang cukup naik turun hingga sampai ke lokasi. Namun jangan khawatir, perjalanan ini akan terbayar saat Kawan sudah sampai ke Pantai Ngetun yang memukau ini.

Tips berkunjung ke Pantai Ngetun

Bagi Kawan yang berencana untuk mengisi liburan ke Pantai Ngetun, berikut beberapa tips yang bisa diikuti seperti:

  • Pastikan kendaraan yang akan dibawa keadaannya baik, karena beberapa jalur ada jalan yang masih berbatu.
  • Untuk berlibur ke pantai, pastikan pada saat musim panas.
  • Pastikan tubuh dalam kondisi sehat.
  • Datanglah pada pagi hari, agar perjalanan semakin seru dan lebih semangat.
  • Bawalah pakaian ganti, topi, kacamata, dan perlengkapan pribadi lainnya.
  • Gunakan sunscreen untuk melindungi kulit agar tidak terbakar.
  • Jangan lupa untuk menyiapkan hp/kamera.
  • Jika hendak berkemah, pastikan untuk membawa tenda dan perlengkapan lainnya.

Tentunya sayang jika tidak menyempatkan bermain ke Pantai Ngetun saat Kawan berada di Yogyakarta! Yuk, rencanakan dan siapkan diri untuk berliburan ke sini.

Referensi :

jogja.idntimes.com
bakpiakukustugu.co.id

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Deka Noverma lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Deka Noverma.

DN
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini