Viral Warga Malaysia Pilih Belanja Baju Lebaran di Tanah Abang

Viral Warga Malaysia Pilih Belanja Baju Lebaran di Tanah Abang
info gambar utama

Jelang kedatangan bulan suci Ramadan, Media sosial TikTok diramaikan dengan tren warga Malaysia berbelanja baju Lebaran di Indonesia. Mereka berbondong-bondong ke Jakarta untuk mencari kebaya, gamis hingga batik.

Salah satu pengguna TikTok asal Malaysia, @nurintashaaa membagikan video yang memperlihatkan dirinya saat berburu baju Lebaran di Mal Thamrin City—pusat perbelanjaan di Jakarta Pusat yang terkenal menjual pakaian muslim dengan harga terjangkau.

Baju raya disana (Indonesia) sangat murah dan cantik, tolong lihat video ini sampai habis karena ada baju hari raya yang sangat cantik,” tulisnya dalam unggahan yang viral pada 24 Februari 2024.

Meramaikan kembali Pasar Tanah Abang

Dari hotel tempatnya menginap, Warga Negeri Jiran itu juga meluncur ke Pasar Tanah Abang menggunakan bajaj untuk mencari baju Lebaran. Ia memuji baju-baju yang ada di Tanah Abang punya kualitas yang bagus dan harganya terjangkau.

Terlihat dalam video unggahannya, ia juga mencicipi beberapa kuliner viral di Jakarta seperti ayam cabe ijo. Video ini pun sudah dilihat lebih dari 393,5 ribu akun TikTok. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno lantas memberi tanggapan.

Menparekraf Sandiaga menyebut Ramadan sebagai bulan penuh berkah. Tanah Abang yang sebelumnya sempat sepi, kini mulai dipadati masyarakat dan akan terus dipromosikan. Kemunculan e-commerce menurutnya, tidak menggantikan pengalaman tawar-menawar di pasar.

Baca juga Pasar Tanah Abang, Tempat Jual Kambing hingga Jadi Pusat Tekstil Terbesar di Asia Tenggara

Asal-usul tradisi beli baju Lebaran

Kebiasaan membeli baju saat menjelang Hari Raya Idul Fitri ternyata sudah dilakukan sejak awal abad ke-20. Tradisi ini ada dalam catatan penasihat urusan pribumi untuk pemerintah Snouck Hurgronje kepada Direktur Pemerintahan Dalam Negeri.

Surat itu menyebutkan bagaimana cara masyarakat Indonesia memperingati Idul Fitri yang salah satunya dengan membeli pakaian baru sebagai hiburan dan menggembirakan diri setelah lama berpuasa.

Sampai saat ini, kebiasaan membeli baju Lebaran seakan menjadi agenda penting dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri. Meski bukan kewajiban, beberapa orang merasa kurang lengkap jika tak memakai pakaian baru saat merayakan Lebaran.

Baca juga Tradisi Beli Baju Lebaran, dari Banten dan Mengakar Hingga Hari Ini

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini