Eksplorasi Ragam Kuliner Terpopuler bersama GNFI

Eksplorasi Ragam Kuliner Terpopuler bersama GNFI
info gambar utama

Negara Indonesia dikenal sebagai negara yang sangat amat kaya. Dengan budayanya yang beragam, aneka kulinernya sejarah kulinernya, hingga cita rasa makanannya yang memikat bisa membuat banyak orang penasaran ketika menjelajahinya. Rempah-rempah tradisionalnya membuat tampilannya menggoda.

Kawan GNFI bisa menemukan ragam kuliner terpopuler dengan khas yang berbeda di setiap daerah Indonesia. Karena saking enaknya dengan ciri khas kuliner daerah, tak jarang makanan dari berbagai daerah di Indonesia dikenal dan disukai oleh banyak orang dari daerah lain. Bahkan, sampai mereka yang dari luar negeri juga sangat menikmatinya. Berikut ragam kuliner populer khas daerah yang ada di Indonesia!

Sate

Makanan yang satu ini sangatlah terkenal dan di sudah tersebar di seluruh Indonesia, yakni sate. Kuliner tersebut terbuat dari daging masak yang dibakar kemudian biasanya disajikan dengan saus kacang atau saus kecap. Sate bisa dengan mudah Kawan temukan di penjaja keliling, warung, hingga restoran berbintang.

Nasi Becek, Legenda Kuliner dari Nganjuk

Hal yang paling unik adalah penamaan sate dan cara penyajiannya di setiap daerah, misalnya sate Madura dengan saus kacang, sate Padang yang sausnya warna kuning kental, sate klatak, sate lilit, dan masih banyak lagi.

Nasi Goreng

Selain dinobatkan sebagai salah satu makanan terenak di Indonesia, banyak juga wisatawan dari luar negeri yang terkesan dengan kelezatan makanan yang satu ini. Selain harganya terbilang sangat murah, nasi goreng menjadi makanan khas lokal yang jika ditemukan di luar negeri, akan cukup sulit dimasak dengan cita rasa yang sama.

Nasi goreng juga tidak satu jenis, sebab banyak sekali macamnya nasi goreng di Indonesia dan di setiap daerah hampir punya bumbu yang berbeda dalam pembuatannya. Salah satunya nasi goreng khas Jawa. Rasanya lebih manis karena salah satu bumbunya menggunakan kecap, biasanya dihiasi dengan telur mata sapi di atasnya dan ditambahi kerupuk.

Soto

Soto merupakan salah satu kuliner khas Indonesia yang sangat populer. Makanan berkuah ini terbuat dari kaldu ayam, daging sapi, atau kambing. Biasanya akan disajikan dengan nasi, potongan daging, telur rebus, nasi, dan jeruk nipis. Tentunya, ditambah dengan kerupuk dan sambal akan lebih nikmat.

Soto mempunyai berbagai macam penyajian karena setiap daerah mempunyai khas tersendiri. Contohnya soto Kudus yang memakai daging kerbau. Lalu ada soto Betawi yang terkenal dengan kuah kentalnya yang terbuat dari santan atau soto Madura yang mempunyai cita rasa yang kaya dan pedas. Hidangannya menggunakan potongan daging ayam, telur rebus, serta ditaburi dengan bawang goreng.

Kehangatan Mie Jawa Godog, Kuliner Legendaris yang Kaya Akan Campuran Rempah

Bakso

Satu lagi makanan yang sangat populer di Indonesia, yakni bakso. Bentuknya seperti bola kecil yang terbuat dari daging. Lazimnya, daging sapi giling akan dicampur dengan bahan lainnya, seperti tepung, bawang putih, garam, dan rempah-rempah lainnya. Bakso akan disajikan dengan kuah kaldu bersama mie dan irisan sayur, misalnya kubis dan seledri, serta tambahan seperti telur dan tahu.

Bakso juga bisa berbeda penyajiannya, sesuai dengan ciri khas daerah masing-masing. Ada bakso Malang yang ukurannya bisa sangat besar, dilengkapi tahu, pangsit, dan kuah yang kental. Ada juga bakso urat yang diberi tambahan daging sapi urat untuk memberikan tekstur lebih kenyal, seperti halnya urat. Bakso ini biasanya disajikan dengan kuah yang lebih bening.

Dengan keragaman kuliner dan cita rasa yang menggoda, Indonesia tidak pernah gagal memikat hati pecinta kuliner Nusantara. Dari Mabang hingga merauke, setiap sudut daerah mempunyai rahasia kuliner tersendiri.

Inilah keajaiban yang terus memikat banyak orang, membuat kuliner Indonesia tak pernah kehilangan pesonanya, Jadi, mari kita terus menjelajahi dan menikmati kekayaan rasa dari masakan Nusantara!

#WritingCamp

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

SW
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini