Kehangatan Mie Jawa Godog, Kuliner Legendaris yang Kaya Akan Campuran Rempah

Kehangatan Mie Jawa Godog, Kuliner Legendaris yang Kaya Akan Campuran Rempah
info gambar utama

Mie jawa godog merupakan pilihan para pecinta kuliner ketika berkunjung ke daerah Jawa Tengah. Mie yang kuahnya diracik dari paduan rempah-rempah seperti kemiri dan bawang putih ini memiliki cita rasa yang lezat.

Dimuat dari Indonesia Kaya, Mie jawa godog yang memiliki bahan dasar dari tepung terigu ini sangat lembut saat berada dalam mulut. Tambahan ketimun dalam sajian mie jawa godog menambah nuansa rasa ini menjadi sedikit lebih segar.

Kelezatan Kue Nopia, Kembaran Bakpia yang Jadi Oleh-oleh Andalan Warga Banyumas

Bila wisatawan menyukai rasa yang pedas, tambahan sambal pada mie tentu membuat aroma dan rasa mie menjadi lebih nikmat. Bahkan terkadang penikmat mie ini sampai mengeluarkan keringat menikmati nikmatnya kuliner khas Pulau Jawa.

Bagi para pecinta kuliner, mie godog menawarkan sensasi rasa yang autentik dan menghangatkan. Tidak banyak yang tahu, makanan yang berasal dari Pulau Jawa ini telah ada sejak lama sebagai makanan rakyat.

Berbagai komponen penting

Mie godog terdiri dari berbagai komponen penting. MIe kuning yang tebal menjadi bintang utamanya, kemudian disajikan dengan kuah berbasis kaldu ayam atau daging yang gurih. Dalam penyajiannya mie godog biasanya ditambah dengan daging ayam suwir.

Mie jawa godog memang diolah dari rempah-rempah seperti bawang putih, kemiri, cabe, dan lada. Aneka bumbu ini kemudian diulek hingga bumbunya berwarna kekuningan dan juga halus.

Nasi Gandul Khas Pati, Sajian Nasi Daging Berkuah Menggugah Selera

Setelah itu, semua bahan seperti mie, sayuran sawi, kubis dan tomat beserta bumbu yang sudah diulek dicampurkan ke dalam kuah mie. Kemudian rebusan mie diaduk hingga menyerap dan mie siap disajikan dengan tambahan irisan ketimun dan taburan bawang.

Agar memberikan rasa pedas, biasanya ditambahkan sambal sesuai selera. Seperti banyak makanan tradisional Indonesia lainnya, mie godog memiliki beberapa variasi tergantung daerah asalnya.

Disajikan dalam tradisi

Mie godog tidak hanya dijadikan sebagai makanan penghangat tubuh, tetapi juga sering dihidangkan dalam berbagai acara tradisional Jawa. Kehadirannya dalam berbagai momen penting seperti selamatan atau syukuran.

Mie godog menjadi representasi kekayaan kuliner Indonesia, khususnya dari tanah Jawa. Dengan rasa yang khas, tekstur mie yang kental, dan kuah yang menggugah selera, mie godog telah menjadi salah satu makanan favorit banyak orang.

Menikmati Surga Kuliner Ikan ketika Berkunjung ke Palangkaraya

Di balik kelezatannya, mie godog menawarkan cerita tentang tradisi, budaya, dan warisan kuliner yang tetap lestari di tengah perubahan zaman. Apalagi bila dinikmati bersama keluarga ketika pulang ke kampung halaman.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Kusumo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Kusumo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini