Pendaftar Meningkat Drastis, Bukti IISMA Menjadi Tren Positif di Kalangan Mahasiswa

Pendaftar Meningkat Drastis, Bukti IISMA Menjadi Tren Positif di Kalangan Mahasiswa
info gambar utama

Program beasiswa IISMA dari tahun ke tahun pendaftarnya semakin meningkat. Benefit yang program ini tawarkan memang menjadi peluang emas bagi mahasiswa Indonesia berpotensi gemilang untuk menuntut ilmu di kampus-kampus top luar negeri secara gratis, para mahasiswa dari berbagai penjuru Indonesia berlomba-lomba tiap tahunnya untuk mendapatkan peluang emas ini.

Pada Rabu (20/3/2024) kemarin hasil seleksi pendaftar IISMA 2024 sudah diumumkan dan bisa di cek lansung melalui situs resminya. Bagi kawan GNFI yang masih bingung dan ingin tahu lebih banyak mengenai program IISMA, simak penjelasan singkat di bawah ini, ya!

Apa Itu IISMA?

IISMA merupakan singkatan dari Indonesian International Student Mobility Awards. IISMA merupakan beasiswa pertukaran mahasiswa yang dibiayai pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), dan Kementerian Keuangan. Peserta IISMA yang terpilih nantinya akan merasakan belajar satu semester di universitas luar negeri pilihannya. Program IISMA 2024 memiliki tiga jalur pendaftaran diantaranya yaitu Jalur Afirmasi, Jalur Reguler, dan Jalur Co-funding.

Pendaftar yang Meningkat Drastis

Pada tahun 2024 ini, jumlah pendaftar IISMA memecahkan rekor karena meningkat drastis daripada tahun-tahun sebelumnya yaitu sejumlah 15.211 yang terdiri dari 12.268 mahasiswa jalur sarjana dan 2.943 mahasiswa jalur vokasi. Pada mulanya program IISMA dibuka pada tahun 2021 dengan pendaftar sebanyak 2.551 mahasiswa. Pada tahun 2022, program IISMA menambah kuota untuk mahasiswa vokasi dan pendaftar pun semakin meningkat yaitu dengan total sebanyak 11.028 yang terdiri dari 7.522 mahasiswa jalur sarjana dan 3.506 mahasiswa jalur vokasi. Pada tahun 2023, pendaftar sebanyak 9.170 yang terdiri dari 7.714 mahasiswa jalur sarjana dan 1.456 mahasiswa jalur vokasi.

Bukti Bahwa IISMA Menjadi Tren Positif di Kalangan Mahasiswa

Pendaftar IISMA yang meningkat drastis menjadi bukti bahwa program ini menjadi tren positif di kalangan mahasiswa. Tak dapat dipungkiri nantinya program IISMA ini akan semakin berkembang dan semakin banyak peminatnya. Hal ini bisa menjadi gebrakan positif di dunia pendidikan Indonesia apabila pemerintah dapat terus mengembangkan program ini dengan baik dan mahasiswa yang berkesempatan mendapat beasiswa IISMA ini dapat memanfaatkan dan menerapkan ilmunya dengan baik untuk memajukan dan mengharumkan nama Indonesia.

Daftar Beberapa Universitas Top Dunia yang Bermitra dengan IISMA

Banyak universitas top dunia yang bermitra dengan IISMA. Berikut ini beberapa daftar dan penjelasan singkat universitas top dunia yang bermitra dengan IISMA, untuk penjelasan selebihnya dan daftar universitas-universitas lainnya, kawan GNFI bisa langsung lihat lewat situs resminya, ya!

Yale University

Yale University adalah salah satu universitas terbaik di Amerika Serikat yang menduduki peringkat ke-14 sebagai universitas terbaik di dunia tahun 2022 menurut QS Global World Ranking dan juga menduduki peringkat 16 dalam 100 top universitas terbaik di dunia berdasarkan pemeringkatan QS World University tahun 2024.

Keoi University

Universitas Keio merupakan salah satu universitas bergengsi di Tokyo, Jepang. Universitas ini menduduki peringkat 14 sebagai universitas terbaik di Jepang berdasarkan pemeringkatan Times Higher Education (THE), menduduki peringkat 36 di Asia, dan peringkat 91 di THE World Impact Rankings. Universitas ini juga merupakan satu-satunya universitas di Jepang yang berpartisipasi mengikuti CEMS, Aliansi Global dalam pendidikan manajemen.

Monash University

Monash university merupakan salah satu universitas terbaik di Australia. Monash University menduduki peringkat 1 untuk Ilmu Komputer di Australia menurut Academic Rankings of World Universities 2012 dan menduduki peringkat 45 di dunia dalam Computer Science and Information Systems menurut pemeringkatan mata pelajaran universitas dunia tahun 2013 oleh QS. Monash University memang terkenal dan sudah tidak diragukan lagi kemajuannya di bidang Information Technology (IT).

Sumber:

https://iisma.kemdikbud.go.id/

https://www.topuniversities.com/qs-top-uni-wur

Baca juga : Profil Universitas Mitra IISMA 2024 dari Hanyang hingga Yale University di Amerika

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

FZ
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini