Profil Universitas Mitra IISMA 2024 dari Hanyang University di Korea hingga Yale University di Amerika

Profil Universitas Mitra IISMA 2024 dari Hanyang University di Korea hingga Yale University di Amerika
info gambar utama

Pengumuman penerimaan program beasiswa Indonesian International Student Mobility Award (IISMA)2024 telah resmi dirilis. Kabar gembira ini membuka gerbang bagi para mahasiswa terpilih untuk merasakan pengalaman belajar tak terlupakan di berbagai universitas ternama di luar negeri.

Sebagai informasi IISMA adalah sebuah program beasiswa yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemdikbudristek), bertujuan untuk mendukung studi mahasiswa Indonesia di universitas-universitas terkemuka di luar negeri selama satu semester.

IISMA menyelenggarakan dua program, yaitu untuk tingkat Sarjana (S1) dan program kejuruan (D3/D4), dengan tujuan untuk memperkenalkan mahasiswa Indonesia pada ragam akademik dan budaya internasional. Ketika mendaftar untuk IISMA, para calon penerima beasiswa akan diminta untuk memilih beberapa kampus di berbagai belahan dunia yang biasa disebut sebagai host university.

Host university atau kampus mitra IISMA tersebar di seluruh dunia, mencakup wilayah Amerika, Kanada, Asia, Australia, Selandia Baru, Eropa, Inggris, dan Irlandia, menyediakan beragam pilihan bagi para penerima beasiswa IISMA untuk melanjutkan studi pada jenjang S1 dan D3/D4.

Berikut ini beberapa profil kampus mitra IISMA tahun 2024 yang bisa menjadi informasi bagi penerima IISMA 2024.

University of Pécs, Hungaria

Terletak di jantung kota Pécs yang indah, University of Pécs (UP) merupakan salah satu universitas tertua di Hungaria dengan sejarah panjang dan tradisi akademik yang kuat. Berada di peringkat 801 QS World University Rankings 2024. UP menawarkan berbagai program studi menarik di bidang Kedokteran dan Kesehatan, Bisnis dan Manajemen, Ilmu Sosial, Humaniora, Ilmu Komputer dan TI, dan Lingkungan dan Pertanian.

Hanyang University, Korea Selatan

Hanyang University (HYU) berlokasi di Seoul, Korea Selatan, terkenal dengan reputasinya sebagai universitas riset terdepan. Berada di peringkat 164 QS World University Rankings 2024, HYU unggul dalam fakultas bidang Teknik, Ilmu Alam, dan Bisnis. Universitas ini juga memiliki program studi multikultural yang menarik bagi para mahasiswa internasional.

Mahidol University, Thailand

Sebagai universitas tertua dan paling bergengsi di Thailand yang tersebar dibeberapa kota, seperti di Bangkok Noi, Phaya Thai, Salaya, Vipawadee, dan Samut Prakan. Mahidol University (MU) menempati peringkat 475 QS World University Rankings 2024. MU terkenal dengan program studinya di bidang Kedokteran, Ilmu Kesehatan, dan Ilmu Sosial. Kampus MU yang modern dan ramah lingkungan menjadikannya tempat ideal untuk belajar dan berkembang.

Vytautas Magnus University, Lithuania

Vytautas Magnus University (VMU) didirikan pada tahun 1933 di Kaunas, Lithuania, merupakan universitas riset yang dinamis dengan fokus pada interdisiplinaritas dan internasionalisasi. VMU menempati peringkat 801 QS World University Rankings 2024 dan menawarkan program studi yang beragam, termasuk Ilmu Sosial, Humaniora, Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika, Seni, Desain, dan Media.

University of Glasgow, Inggris Raya

University of Glasgow, salah satu universitas tertua yang terletak di jantung kota Glasgow, Skotlandia, dan menempati peringkat 76 QS World University Rankings 2024. Universitas ini terkenal dengan reputasi akademiknya yang luar biasa dan program studinya yang inovatif di berbagai bidang, seperti Kedokteran, Teknik Engineering, dan Bisnis.

Yale University, Amerika Serikat

Yale University merupakan salah satu Ivy League universities dan universitas paling bergengsi di dunia. Berada di peringkat 16 QS World University Rankings 2024, Yale menawarkan program studi yang unggul di berbagai bidang, termasuk Hukum, Kedokteran, dan Seni Liberal. Yale University terletak di New Haven, Connecticut yang menawarkan kesempatan unik untuk belajar dari para pemimpin dunia dalam berbagai bidang studi.

Prince of Songkla University, Thailand

Prince of Songkla University (PSU) di selatan Thailand, menempati peringkat 901 QS World University Rankings 2023. PSU terkenal dengan program studinya di bidang Kelautan, Pertanian, dan Teknik. Kampusnya yang terletak di tepi pantai memberikan suasana belajar yang unik dan menyenangkan. Selain itu, tersedia juga beberapa kolese seperti College of Computing, International College of Arts and Sciences bahkan ada pula College of Islamic Studies.

University of Zagreb, Kroasia

University of Zagreb (UNIZG) merupakan universitas terbesar dan tertua di Kroasia. Universitas ini beroperasi di beberapa wilayah meliputi Eropa Tengah dan seluruh eropa tenggara, menempati peringkat 751 QS World University Rankings 2024. UNIZG menawarkan program studi yang beragam di berbagai bidang, termasuk Ilmu Sosial, Humaniora, dan Ilmu Alam.

Charles University, Republik Ceko

Charles University (CU) di Praha, Republik Ceko, merupakan salah satu universitas tertua di Eropa Tengah. Berada di peringkat 248 QS World University Rankings 2024, CU terkenal dengan program studinya di bidang Kedokteran, Filsafat, dan Teologi.

Palacky University Olomouc, Republik Ceko

Palacky University Olomouc (UP) adalah universitas tertua kedua yang terletak di Olomouc, Republik Ceko, menempati peringkat 801-1000 QS World University Rankings 2024. UP menawarkan program studi yang beragam di berbagai bidang, termasuk Kedokteran, Hukum, Sains dan Teknologi, Ilmu Sosial, dan Ilmu Komputer.

Baca juga : Banyak Kampus Top Dunia, Daftar Kampus yang Masuk Program IISMA

Setiap universitas yang menjadi tuan rumah bagi para penerima beasiswa IISMA memiliki keunggulan uniknya sendiri dalam pendidikan dan riset.

Dengan beragamnya pilihan program studi dan lingkungan belajar yang menarik, para mahasiswa yang beruntung ini akan memiliki kesempatan untuk mengembangkan diri mereka secara akademis dan pribadi di universitas-universitas bergengsi ini.

Sumber:

https://iisma.kemdikbud.go.id/info/host-universities-list/
https://www.topuniversities.com/qs-top-uni-wur

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AI
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini