Ragam Penghargaan Pemprov DKI Jakarta, Sebuah Kritik yang Membangun Prestasi

Ragam Penghargaan Pemprov DKI Jakarta, Sebuah Kritik yang Membangun Prestasi
info gambar utama

Periode kepemimpinan Heru Budi Hartono sebagai Penjabat Gubernur DKI Jakarta belakangan ini banyak menarik perhatian media dan masyarakat. Mulai dari kritik terhadap komunikasi publik, Heru Budi Hartono menjadi sorotan utama.

Kekurangan dalam menyampaikan informasi secara jelas dan transparan telah menimbulkan kebingungan dan ketidakpastian di mata media dan masyarakat. Kemudian, perihal wajahnya terpampang jelas pada spanduk sosialisasi pemilu kemarin, dianggap mengganggu estetika dan memicu perdebatan. Hal ini lantaran pada era kepemimpinan gubernur-gubernur DKI Jakarta sebelumnya, spanduk Pemprov DKI sempat dilarang menggunakan wajah gubernur dan wakil gubernur.

Terakhir, anjurannya terkait pencegahan DBD yang menyarankan memakai lengan panjang dan menggunakan minyak telon dipandang sebagai solusi yang kurang serius dan efektif. Meskipun niatnya baik, hal ini dianggap kurang berdasar pada bukti ilmiah dan efektivitasnya dipertanyakan. Kritik tersebut menyoroti pentingnya edukasi dan komunikasi yang lebih luas mengenai pencegahan penyakit.

Kereta Api jadi Transportasi Andalan Mudik Lebaran, 475 Ribu Penumpang dari Jakarta

Di balik ramainya perbincangan terkait kritik untuk Pj Gubernur DKI Jakarta, sebenarnya seberapa jauh upaya Pemprov DKI Jakarta yang digadang akan menjadi kota global?

Sebagai pusat pemerintahan, bisnis, dan budaya, Jakarta terus berupaya meningkatkan kualitas hidup warganya melalui berbagai program inovatif. Mulai dari penataan lingkungan, pembangunan infrastruktur transportasi publik yang modern, hingga peningkatan layanan publik berbasis digital, semua upaya ini mencerminkan komitmen Pemprov DKI Jakarta dalam mewujudkan kota yang berkelanjutan dan ramah bagi semua penghuninya.

Melalui serangkaian prestasi yang membanggakan, Jakarta telah membuktikan bahwa visi untuk menjadi lebih baik bukanlah impian semata. Tujuan ini dicapai melalui kerja keras, inovasi, dan kolaborasi yang berkesinambungan.

Walaupun sering kali menjadi pusat perhatian media, Pj Gubernur DKI Jakarta menunjukkan komitmen kuat untuk mewujudkan perubahan positif bagi warga Jakarta melalui capaian prestasinya dalam periode satu tahun terakhir.

Pemprov DKI Jakarta melalui PAM JAYA melakukan percepatan membantu kebutuhan air bersih bagi warga Jakarta, khususnya di wilayah terdampak operasional IPA Hutan Kota. Hingga September 2023, bantuan air bersih sudah didistribusikan tercatat sebanyak 457 rit atau setara 1.828 meter kubik.

Tak sampai di situ, melalui kolaborasi antara TransJakarta dengan PAM Jaya, Pemprov DKI Jakarta menyediakan akses air bersih perpipaan di seluruh halte Transjakarta. Sambungan air bersih PAM JAYA di 32 halte merupakan langkah maju menuju peningkatan layanan dasar bagi pengguna transportasi umum.

Masih di bawah kepemimpinan Pj Gubenur DKI Jakarta, pada Februari 2024 Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta meresmikan tempat pengelolaan sampah sementara reduce, reuse,and recycle (TPS 3R) di Jakarta Selatan.

Ketika Oplet Masih Kuasai Jalan-jalan di Jakarta, Bisa Kalahkan Bus Kota

TPS 3R memiliki kapasitas 50 ton sampah/hari yang menghasilkan bahan bakar jumlutan padat atau refused derived fuel (RDF). TPS 3R merupakan inovasi pengelolaan sampah di Jakarta yang mampu mengurangi volume produksi sampah dan mengolahnya menjadi bahan bakar bernilai ekonomi tinggi.

Mengawali tahun 2024 Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian DKI Jakarta, menggelar program sembako murah guna penuhi kebutuhan pangan warga Jakarta. Program ini dilakukan bertahap sejak Januari 2024 di seluruh kecamatan wilayah Jakarta.

Sebanyak 65 ribu paket sembako murah terjual habis dikalangan masyarakat. Pada paket sembako murah juga tersedia produk hewani seperti telur, daging ayam, dan daging sapi beku, hingga produk olahannya. Sehingga dalam hal ini, program sembako murah dapat dirasakan warga secara lebih luas dengan komoditas yang dijual semakin bervariasi.

Masih terkait dengan pangan, pada bulan Februari 2024 Pemprov DKI Jakarta meraih penghargaan sebagai provinsi dengan Peningkatan Situasi Ketahanan Pangan Terbaik Tahun 2023 dari Badan Pangan Nasional (Bapanas).

Apresiasi ini diharapkan dapat terus menjaga komitmen penanganan dan pengendalian kerawanan pangan serta gizi. Hal juga menunjukan bahwa Jakarta layak menjadi provinsi ketahanan pangan terbaik walaupun mayoritas sumber pangannya berasal dari luar Jakarta.

Beralih ke transportasi, Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan DKI Jakarta meluncurkan lima bus bagi siswa penyandang disabilitas. Ragam fasilitas ada pada bus khusus penyandang disabilitas ini. Mulai dari kapasitas bagi 7 penumpang dengan kursi roda, 10 tempat duduk, dan 19 penumpang berdiri.

Selain itu, bus ini dilengkapi kamera CCTV dan lantai taktil sebagai panduan berjalan bagi siswa penyandang disabilitas tunanetra serta lantai hidrolik sehingga memudahkan pengguna kursi roda untuk naik dan turun bus.

Masih dalam periode satu tahun terakhir, Pemprov DKI Jakarta berhasil meraih penghargaan bergengsi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI pada program Kampung Iklim. Sebanyak 47 RW di Jakarta menerima penghargaan ini.

Program Kampung Iklim adalah program mitigasi dan adaptasi perubahan iklim yang dilakukan di tingkat kampung atau Rukun Warga (RW). Tujuan mitigasi perubahan iklim adalah untuk mengurangi dampak dan risiko yang disebabkan oleh perubahan iklim, serta mengurangi bencana iklim melalui penggunaan energi terbarukan, pengolahan budidaya pertanian, dan tutupan vegetasi.

64 Ekor Burung yang Terancam Punah Dilepasliarkan Demi Jaga Ekosistem Kota Jakarta

Pemprov DKI Jakarta meraih dua penghargaan divbidang perekonomian pada Desember 2022. Penghargaan tersebut dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi untuk Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi DKI Jakarta, sebagai Unit Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori Pelayanan Prima dengan Nilai Tertinggi (A).

Kemudian, penghargaan dari Badan Pangan Nasional untuk Pemprov DKI Jakarta juga didapatkan sebagai Otoritas Kompeten Keamanan Pangan Daerah Tingkat Provinsi dengan Profil Terbaik.

Di bidang pemerintahan, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia memberi Pemprov DKI Jakarta piagam penghargaan Anubhawa Sasana Kelurahan dan penghargaan Dukcapil Prima sebagai Provinsi Terbaik dalam pelaksanaan digitalisasi pelayanan kependudukan.

Kemudian, Pemprov DKI Jakarta juga menerima berbagai penghargaan, termasuk penghargaan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah Terbaik Tingkat Provinsi di Regional Jawa-Bali, penghargaan Tim Pengendalian Inflasi Daerah Terbaik Tingkat Provinsi di Regional Jawa-Bali, dan penghargaan Inovatif Pemerintah hingga Innovative Government Award Tahun 2023 yang diberikan oleh Kemendagri Republik Indonesia.

Tidak berhenti di situ, Pemprov DKI Jakarta kembali meraih prestasi raih penghargaan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) Tahun 2024. Penghargaan ini menjadi wujud nyata komitmen Pemprov DKI Jakarta terhadap penggunaan produk-produk dalam negeri, dengan capaian P3DN Provinsi DKI Jakarta tahun 2023 sebesar Rp25,584 triliun.

Penghargaan yang diterima oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam periode satu tahun terakhir ini merupakan bukti nyata dari dedikasi dan kerja keras seluruh elemen pemerintahan dan masyarakat dalam memajukan ibu kota.

Dari pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan, inovasi dalam pelayanan publik, hingga upaya peningkatan kualitas hidup warganya. Penghargaan ini bukanlah akhir dari sebuah perjalanan, melainkan titik awal untuk terus berinovasi, memperbaiki, dan berdedikasi demi masa depan Jakarta yang lebih baik.

Mari kita bersama terus mendukung dan berpartisipasi dalam setiap usaha pembangunan yang dilakukan, agar prestasi ini dapat terus bertambah dan Jakarta semakin bertumbuh.

Sumber:

  • https://www.instagram.com/dkijakarta/p/C4xlIxfxs1u/?img_index=1
  • https://news.detik.com/berita/d-7063972/setahun-pemerintahan-heru-budi-pemprov-dki-raih-banyak-penghargaan#:~:text=Selain%20penghargaan%20untuk%20Pemprov%20DKI,kontribusinya%20membina%20serta%20mendukung%20BUMD
  • https://m.beritajakarta.id/read/130607/pemprov-dki-terima-penghargaan-program-kampung-iklim
  • https://news.detik.com/berita/d-7145907/pemprov-dki-luncurkan-5-bus-sekolah-khusus-penyandang-disabilitas
  • https://m.beritajakarta.id/read/135239/pemprov-dki-raih-penghargaan-provinsi-dengan-peningkatan-situasi-ketahanan-pangan-terbaik
  • https://m.beritajakarta.id/read/135185/pemprov-dki-pastikan-program-sembako-murah-penuhi-kebutuhan-pangan-warga
  • https://news.detik.com/berita/d-7196485/heru-budi-resmikan-tps-3r-di-jaksel-kelola-sampah-50-ton-per-hari
  • https://m.beritajakarta.id/read/134321/pam-jaya-transjakarta-kerja-sama-penyediaan-air-bersih-di-seluruh-halte
  • https://m.beritajakarta.id/read/129028/pam-jaya-sudah-suplai-457-rit-tangki-air-bersih

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

BH
GI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini