5 Aplikasi Tes Mata Minus di Smartphone

5 Aplikasi Tes Mata Minus di Smartphone
info gambar utama

Mata minus atau dalam istilah medis disebut miopia merupakan kondisi kesulitan melihat benda dengan jarak jauh. Dilansir dalam laman optikmelawai.com, sinar yang direfleksikan dari objek masuk ke mata melalui kornea, kemudian difokuskan oleh lensa mata ke retina.

Pada mata normal, lensa mata dan kornea membiaskan cahaya yang masuk sehingga bayangan objek difokuskan tepat di retina. Sedangkan pada mata minus, cahaya yang masuk tidak fokus di retina, tetapi jauh di depannya.

Hal ini disebabkan kornea terlalu cembung atau panjang bola mata yang terlalu besar. Sehingga, jika Kawan GNFI memiliki mata minus saat melihat objek dari jarak jauh, objek akan terlihat tidak fokus atau blur.

Mata minus biasanya terjadi pada masa kanak-kanak dan dapat menghilang saat menginjak usia 20-an. mata minus juga bisa mengakibatkan starbismus atau mata juling yang mana kondisi posisi kedua mata tidak sejajar dan bergerak ke arah yang berbeda.

Belajar Daring Selama Pandemi, Kesehatan Mata Anak Memburuk

Gejala Mata Minus

Seiring bertambahnya usia, manusia cenderung memiliki ketajaman mata yang semakin berkurang. Jika beberapa gejala ini terjadi pada Kawan GNFI, mungkin sudah saatnya melakukan pemeriksaan mata. Berikut beberapa gejala mata minus!

  1. kesulitan saat melihat objek dari jarak jauh, tetapi jelas saat jarak dekat.
  2. Memicingkan mata saat melihat sesuatu.
  3. Kesulitan melihat saat berkendara mungkin saja.
  4. Mata terasa tegang.
  5. Mata terasa Lelah.
  6. Sakit kepala.
  7. mata sering berkedip.
  8. Sering mengucek mata.

Jika penglihatan dan gejala yang timbul terasa menganggu, disarankan Kawan GNFI langsung melakukan pengecekan secara mandiri. Tidak perlu jauh ke luar rumah, Kawan GNFI bisa mencoba memeriksakan mata secara online melalui smartphone. Berikut beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk tes mata online.

Aplikasi Test Mata Online

1. Eye Test

Aplikasi Eye Test © Google PlayStore
info gambar

Eye Test adalah aplikasi tes mata minus online. Pada aplikasi ini terdapat 6 jenis tes mata yang dapat mendeteksi kondisi mata. Aplikasi ini juga menyajikan tes yang tampak seperti alat tes di dokter spesialis mata atau yang ada di optik.

Menjaga Kesehatan Mata, Dua Siswa SD ini Ciptakan Alat Pendeteksi Jarak

2. Kuku Kube

Aplikasi Kuku Kube © Google PlayStore
info gambar

Kuku Kube dapat di induh melalui Google PlayStore maupun AppStore. Aplikasi ini terdapat berbagai macam fitur permainan bentuk dan warna yang mampu mendeteksi masalah pada mata.

3. Eye Exercises

Aplikasi Eye Exercise © Google PlayStore
info gambar

Tes mata ini menjadi salah satu wadah untuk membantu cek kondisi penglihatan yang lengkap dan canggih jika dibandingkan dengan aplikasi lainnya. Eye Excercises menggunakan algoritma otak untuk melihat respon yang diberikan mata pada tes yang dilakukan.

Aplikasi ini bisa di unduh melalui Google PlayStore maupun AppStore. Menariknya untuk versi iOS Kawan GNFI, bisa melakukan tes mata melalui suara dan bisa berkonsultasi secara online dengan dokter.

4. Smart Optometry

Aplikasi Smart Optometry © Google PlayStore
info gambar

Aplikasi ini menyediakan tes mata dengan berbagai macam bahasa yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Tidak hanya itu saja, jika menggunakan aplikasi ini hasil dari tes mata yang kita lakukan cukup cepat dan akurat sehingga dapat menghemat waktu.

5. Visual Acuity Test

Aplikasi Visual Acuity Test © App Store
info gambar

Visual Acuity Test merupakan aplikasi di mana Kawan GNFI bisa melakukan check up kondisi mata secara online tanpa harus datang ke rumah sakit atau ke optik. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini menyajikan visual yang menarik pada bagian tes mata yang ada.

Sumber:

https://www.optikmelawai.com/id/news/ini-yang-harus-diketahui-tentang-mata-silinder-dan-minus

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

NS
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini