Umat Islam dan Katolik Kompak Berpuasa pada 29 Maret 2024, Ada Apa?

Umat Islam dan Katolik Kompak Berpuasa pada 29 Maret 2024, Ada Apa?
info gambar utama

Tanggal 29 Maret 2024 akan jadi momen menarik. Sebab, umat Islam dan Katolik akan sama-sama berpuasa.

Bagi umat Islam, saat ini adalah waktunya berpuasa Ramadan, di mana periode puasa ini telah berlangsung sejak 11 atau 12 Maret lalu. Puasa dijalankan selama sebulan penuh dalan hitungan kalender Hijriah, dan baru akan berakhir pada 10 April mendatang.

Namun sebagaimana diketahui, ajaran untuk berpuasa juga dikenal dalam agama lainnya. Kebetulan, pada 29 Maret tahun ini adalah momen di mana umat Katolik juga diwajibkan berpuasa.

Dengan demikian, pada tanggal tersebut umat Islam dan Katolik akan sama-sama menjalankan ibadah puasa. Sementara umat Islam berpuasa Ramadan, umat Katolik berpuasa dalam rangka memperingati Jumat Agung.

Penting Diketahui, Ini 6 Manfaat Puasa Bagi Tubuh

Mengenal Puasa Jumat Agung

Jumat Agung adalah hari besar bagi umat Katolik. Hari tersebut merupakan peringatan atas wafatnya Yesus Kristus.

Seperti dicatat oleh laman imankatolik.or.id, umat Katolik diwajibkan berpuasa pada Jumat Agung dan satu hari besar lain, yakni Rabu Abu yang untum tahun ini telah jatuh pada 14 Februari lalu.

Perlu diketahui juga, aturan berpuasa dalam Islam dan Katolik juga tak sama. Jika dalam Islam
orang yang wajib berpuasa adalah orang beriman yang berakal, baligh, serta tidak dalam keadaan haid dan nifas, maka orang Katolik yang wajib berpuasa adalah yang berumur antara 18 tahun sampai awal 60 tahun.

Dalam menjalankan puasa, umat Islam juga tidak diperbolehkan makan dan minum sama sekali mulai dari dini hari hingga petang. Namun cara berpuasa umat Katolik berbeda karena selama berpuasa mereka tetap diperbolehkan makan dan minum.

Ya, umat Katolik memang boleh makan dan minum. Hanya saja, ada pembatasan. Itulah makna puasa dalam Katolik.

Yang dinaksud puasa bagi umat Katolik adalah mereka hanya boleh satu kali makan sampai kenyang. Misalnya jika seseorang terbiasa makan tiga kali sehari, maka ia bisa satu kali makan sampai kenyang, dan dua kalu makan tidak sampai kenyang.

Di samping puasa, ada lagi satu ritual yang biasa dilakukan Umat Katolik untuk menyambut Jumat Agung, yakni berpantang di mana mereka harus menahan diri dari berbagai kenikmatan duniawi.

Kenikmatan yang dimaksud ada beragam, mulai dari makan daging, merokok, mengonsumsi gula dan garam, hingga menonton film dan televisi.

Selamat Berpuasa bagi segenap Umat Islam dan Katolik di seluruh Indonesia!

Sambut Bulan Ramadan, Intip Tips Jitu Agar Puasa Tetap Fit

Referensi:

  • https://www.imankatolik.or.id/pantang-dan-puasa.html

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini