Penerbangan Langsung dari Bangalore India ke Denpasar Telah Tersedia, Apa Istimewanya?

Penerbangan Langsung dari Bangalore India ke Denpasar Telah Tersedia, Apa Istimewanya?
info gambar utama

Indonesia baru saja membuka penerbangan internasional rute Bengaluru atau Bangalore India menuju Denpasar Indonesia. Rute internasional ini merupakan rute penerbangan perdana dari maskapai IndiGo.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyambut baik kedatangan maskapai perdana rute dari Bangalore kali ini. Kehadiran maskapai ini dinilai berpotensi untuk terus mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara di pulau Bali.

Hal tersebut tentu turut membantu masyarakat Bali pulih dari keterpurukan saat pandemi berlangsung selama dua tahun.

"Penambahan penerbangan langsung ini menjadi stimulus bagi kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia pada 2024," ujar Menparekraf, Sandiaga, Jumat (29/3/2024).

Pernyataan tersebut juga didukung oleh Deputi Bidang Kebijakan Strategis Kemenparekraf/Baparekraf Dessy Ruhati. Pihaknya mengatakan kehadiran masakapai IndiGo menjadi kabar baik bagi konektivitas langsung dari India ke Pulau Dewata.

"Adanya kemudahan konektivitas ini tentunya senantiasa kami dukung secara berkelanjutan, sehingga dapat terus bertambah kedepannya," kata Dessy.

Sambut Libur Lebaran, Garuda Indonesia Siapkan 1,4 Juta Kursi Penerbangan

Potensi Wisman dari India

India merupakan salah satu negara potensial yang penduduknya banyak melakukan kunjungan wisata ke Indonesia. Bahkan, menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2023, India menempati peringkat kedua sebagai negara dengan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Bali terbanyak setelah Australia. Jumlah kunjungan wisman dari India ke Bali mencapai 440.415 kunjungan .

Sementara itu, secara keseluruhan India telah menyumbang sebanyak 606.439 kunjungan wisman yang mengunjungi Indonesia. Angka tersebut menempatkan India sebagai negara keenam sebagai negara dengan kunjungan wisman terbanyak ke Indonesia.

Dessy Ruhati mengungkapkan bahwa MICE atau "Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition" di Bali menjadi destinasi potensial bagi wisman, khususnya dari Bengaluru India. Apalagi, Bengaluru menjadi kota dengan populasi penduduk ke-3 terbesar di India.

Kota Bengaluru telah berkembang menjadi “Silicon Valley of India” atau pusat industri teknologi India sehingga kota tersebut terdapat perusahaan yang bergerak di bidang teknologi terbanyak di India.

"Dengan adanya rute penerbangan langsung dari Bangalore ke Denpasar ini diharapkan dapat menyumbangkan lebih banyak kedatangan wisman ke Indonesia, khususnya untuk segmen MICE," ungkap Dessy.

Penerbangan ke Labuan Bajo dari Maskapai Asing Akan Bertambah

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Aslamatur Rizqiyah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Aslamatur Rizqiyah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini