Debutan Fenomenal di Piala Asia U-23 2024 Itu Bernama Timnas U-23 Indonesia

Debutan Fenomenal di Piala Asia U-23 2024 Itu Bernama Timnas U-23 Indonesia
info gambar utama

Piala Asia U-23 2024 menghadirkan satu tim debutan yang begitu fenomenal. Tim itu tidak lain adalah Timnas U-23 Indonesia.

Terkini, Indonesia memastikan diri lolos ke perempat final. Tiket lolos didapat setelah anak-anak asuh pelatih Shin Tae-yong memetik kemenangan atas Yordania dalam laga terakhir babak penyisihan Grup A.

Bermain di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Minggu (21/4/2024), Indonesia menang dengan skor 4-1. Hasil ini membuat Indonesia menduduki peringkat kedua klasemen akhir Grup A dan lolos ke fase gugur mendampingi Qatar.

Sebelumnya, Indonesia kalah 0-2 dari Qatar dalam laga perdana yang beelangsung kontroversial. Kemudian pada laga kedua, Garuda Muda mengalahkan Australia 1-0.

Perjalanan di Piala Asia U-23 2024 memang belum usai. Namun bagi Indonesia, lolos ke perempat final sudah merupakan pencapaian ciamik sekaligus torehan sejarah tersendiri.

Mengintip Calon Lawan Timnas Indonesia pada Babak Perempat Final Piala Asia U-23 AFC 2024

Debutan Fenomenal

Ini adalah kali pertama Indonesia berpartisipasi di Piala Asia U-23 2024. Dengan demikian, langsung lolos ke perempat final tentu adalah sebuah kejutan.

Dalam Piala Asia U-23 edisi-edisi sebelumnya, langkah Indonesia selalu kandas di babak kualifikasi. Pada edisi 2024 ini, barulah Indonesia berkesempatan tampil di putaran final setelah menjadi juara grup di babak kualifikasi, menyingkirkan Turkmenistan dan China Taipei.

Luar biasanya lagi, lawan-lawan yang dihadapi Indonesia di penyisihan grup Piala Asia U-23 2024 bisa dibilang berat. Qatar merupakan tim tuan rumah yang jelas diuntungkan dengan dukungan besar dari publiknya sendiri. Sementara itu, Australia juga termasuk salah satu tim terkuat di Asia, dan Yordania adalah tim dari Timur Tengah yang secara tradisional merupakan kawasan yang tim-timnya biasa diunggulkan.

Bagi Indonesia, situasi ini tentu tak mudah. Apalagi ditambah dengan persoalan lain seperti kontroversi wasit, pencapaian tim di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong pun menuai apresiasi.

"Upaya besar kita benar-benar membuahkan hasil. Banyak kerja keras dan nyata yang kita lakukan bersama. Mulai dari hentikan Liga, pendekatan ke klub-klub luar negeri agar mau melepaskan pemain kita, dan belum lagi drama wasit di laga pertama melawan Qatar. Alhamdulillah. Hasil tidak akan jauh dari usaha keras bersama," ujar Ketua Umum PSSI Erick Thohir dalam keterangan tertulis.

Kini, Indonesia tengah menanti lawan di babak perempat final. Adapun kandidat lawannya adalah Korea Selatan atau Jepang, dua tim dari Grup B yang akan melakoni laga terakhir penyisihan grup di Stadio Jassim Bin Hamad, Al Rayyan, Senin (22/4/2024).

"Ini bukti, kita bisa. Saya harap nyali ini terus naik di babak berikutnya karena lawan semakin juat. Ini jadi motivasi untuk target berikutnya, lolos Olimpiade. Semoga," tambah Erick.

5 Pemain Timnas Indonesia dengan Nomor Punggung Unik di Era Pelatih Shin Tae-yong

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini