5 Pemain Timnas Indonesia dengan Nomor Punggung Unik di Era Pelatih Shin Tae-yong

5 Pemain Timnas Indonesia dengan Nomor Punggung Unik di Era Pelatih Shin Tae-yong
info gambar utama

Publik sepakbola Indonesia tengah dalam suasana bahagia pada hari ini.

Sebab, Tim Nasional Indonesia U-23 baru saja meraih hasil positif pada lanjutan gelaran Piala Asia U-23 AFC 2024 yang diadakan di Qatar.

Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Australia dengan skor tipis 1-0 dalam lanjutan pertandingan Grup A pada gelaran kompetisi tersebut.

Satu-satunya gol yang tercipta pada laga ini dicetak oleh pemain bertahan Timnas Indonesia, Komang Teguh pada menit ke-45.

Kemenangan ini semakin memperbesar asa Timnas Indonesia untuk bisa lolos dan bertahan lebih lama dalam gelaran Piala Asia U-23 AFC 2024.

Akan tetapi tahukah Kawan bahwa terdapat satu kejadian unik yang pada laga ini?

Pada menit ke-77, pemain bertahan Timnas Indonesia, Justin Hubner masuk menggantikan Jeam Kelly Sroyer.

Namun ada yang unik dari nomor punggung yang dikenakan oleh pemain yang saat ini bermain di tim asal Jepang, Cerezo Osaka tersebut.

Jika biasanya pemain bertahan menggunakan nomor punggung dengan angka kecil, seperti 2, 3, 4, dan 5, Justin Hubner justru tampil dengan menggunakan nomor punggung 10.

Padahal, nomor punggung ini selalu identik dengan pemain yang bermain di lini depan dalam sebuah permainan sepakbola.

Meskipun demikian, hal ini bukanlah kejadian yang pertama kali terjadi pada pemain Timnas Indonesia, khususnya pada era kepelatihan Shin Tae-yong.

Pelatih berkebangsaan Korea Selatan tersebut memang terkenal sering melakukan gonta-ganti nomor punggung pemain asuhannya.

Hal ini bertujuan agar pihak lawan kebingungan dengan permainan Timnas Indonesia, sebab pemain yang menggunakan nomor punggung tertentu tidak bermain di posisi yang lazimnya ada di permainan sepakbola.

Dengan demikian, pihak lawan bisa kebingungan dalam memahami strategi yang ingin diterapkan pelatih Shin Tae-yong di Timnas Indonesia.

Lantas, siapa saja pemain Tim Nasional Indonesia yang pernah menggunakan nomor punggung unik di era kepelatihan Shin Tae-yong?

Saatnya Bangkit! Timnas U-23 Indonesia Masih Berpeluang ke Fase Gugur Piala Asia U-23 2024

1. Justin Hubner

Justin Hubner | Instagram @justinhubner5
info gambar

Justin Hubner merupakan pemain Timnas Indonesia terbaru yang menggunakan nomor punggung unik terbaru di bawah kepelatihan Shin Tae-yong.

Justin Hubner akan menggunakan nomor punggung 10 pada gelaran Piala Asia U-23 AFC 2024 di Qatar.

Padahal jika dilihat dari posisi yang dimainkannya, nomor 10 yang digunakan oleh Justin Hubner tidak lazim dikenakan oleh pemain bertahan.

Biasanya, nomor punggung ini lebih sering digunakan oleh pemain yang bermain di posisi depan, seperti gelandang serang maupun penyerang dalam sebuah permainan sepakbola.

2. Pratama Arhan Alif

Pratama Arhan Alif | Instagram @pratamaarhan8
info gambar

Pemain berikutnya yang pernah menggunakan nomor punggung unik di era kepelatihan Shin Tae-yong adalah Pratama Arhan Alif.

Pratama Arhan yang juga termasuk dalam daftar pemain yang dibawa Shin tae-yong dalam gelaran Piala Asia U-23 ini biasanya identik dengan nomor punggung 12.

Dalam gelaran Piala Asia U-23 kali ini pemain yang identik dengan lemparan jarak jauhnya tersebut juga menggunakan nomor punggung yang sama.

Akan tetapi, Pratama Arhan pernah menggunakan nomor punggung unik ketika Timnas Indonesia berhadapan dengan Vietnam pada 2021 lalu.

Pada laga tersebut, Pratama Arhan tampil dengan menggunakan nomor punggung 5.

Terkait Jersey Timnas Indonesia, Benarkah Erigo dan Erspo Tidak Saling Terafiliasi?

3. Egy Maulana Vikri

Egy Maulana Vikri | Instagram @egymaulanavikri
info gambar

Egy Maulana Vikri juga pernah menggunakan nomor punggung unik di era kepelatihan Shin Tae-yong.

Pemain yang menjadi andalan Timnas Indonesia sejak kelompok usia ini biasanya identik dengan nomor punggung 10 yang sering dia gunakan.

Namun, pada laga melawan Vietnam pada 2021, Egy Maulana Vikri tampil dengan menggunakan nomor punggung 7.

4. Witan Sulaeman

Witan Sulaeman | Instagram @witansulaiman_
info gambar

Pemain berikutnya yang pernah menggunakan nomor punggung unik ketika membela Timnas Indonesia di era kepelatihan Shin Tae-yong adalah Witan Sulaeman.

Pemain yang saat ini memperkuat tim Bhayangkara Presisi Indonesia FC tersebut biasanya sering menggunakan nomor punggung 8 ketika membela Timnas Indonesia.

Akan tetapi, ketika laga melawan Vietnam pada 2021 lalu, pemain yang sempat melalang buana di Eropa tersebut justru menggunakan nomor punggung 16.

Profil Ernanda Putra, Desainer Jersey Timnas Indonesia yang Dicap Anti Kritik oleh Netizen

5. Asnawi Mangkualam Bahar

Asnawi Mangkualam Bahar | Instagram @asnawi_bhr
info gambar

Pemain terakhir yang pernah menggunakan nomor punggung unik ketika bermain dengan seragam Timnas Indonesia di era kepelatihan Shin Tae-yong adah Asnawi Mangkualam Bahar.

Asnawi yang saat ini bermain di tim asal Thailand, Thai Port FC ini biasanya sering menggunakan nomor punggung 14 ketika berseragam Timnas Indonesia.

Meskipun demikian, kapten Timnas Indonesia tersebut pernah menggunakan nomor punggung 17 pada laga menghadapi Vietnam pada 2021 silam.

Sumber:
- https://twitter.com/AFCMediaTV/status/1401927408920322054

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

IA
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini