Terkait Jersey Timnas Indonesia, Benarkah Erigo dan Erspo Tidak Saling Terafiliasi?

Terkait Jersey Timnas Indonesia, Benarkah Erigo dan Erspo Tidak Saling Terafiliasi?
info gambar utama

Kisruh jersey Timnas Indonesia memasuki babak baru. Setelah komentar Ernanda Putra, dicap anti kritik oleh netizen, kini polemik berimbas ke Erigo dan Erspo yang diketahui sebagai produsen jersey timnas Indonesia.

Lalu, apa sebenarnya terjadi antara jersey Timnas Indonesia, PSSI, Erigo dan Erspo? Berikut investigasinya

Penyebab Erspo Dapat Kerjasama Dengan PSSI

Kemenangan Erspo sebagai jersey Timnas 2024 memicu perdebatan warganet di X. Warganet meneliti bahwa Erspo bukan brand tidak seharusnya dapat menang karena tidak masuk ke dalam nominasi tender jersey Timnas 2024. Selain itu, banyak warganet yang menggali informasi lebih dalam terkait mengapa hal tersebut dapat terjadi. Informasi yang didapat warganet tidak satupun menyatakan bahwa Erspo memiliki hubungan dalam produksian, yang ditemukan justru Erigo dan Erspo merupakan dua brand dengan PT yang berbeda.

Tak hanya itu, warganet juga menyampaikan opininya terkait Erigo yang dinilai melakukan cuci tangan terkait masalah yang sedang terjadi. Pasalnya nama brand yang mengikuti tender, yang memenangkan tender, yang muncul dalam laman PSSI adalah Erigo, namun, yang muncul dalam peresmian dan yang disebutkan dalam penetapan penyuplai pakaian Timnas tahun 2024 adalah Ergonomic Sporty Outfit atau Erspo.

Namun, menurut keterangan pada Januari lalu, Ketua umum PSSI, Erick Thohir sempat mengungkapkan bahwa terpilihnya Erspo untuk menyuplai kebutuhan pakaian Timnas Indonesia karena nilai komersial yang dapat disepakati bersama dan juga strategi yang dimiliki Erspo pengembangan kerja sama jenama yang juga mencapai kesepakatan bersama.

Dalam situasi ini, Erspo dan PSSI tentu dihadapkan pada tantangan besar untuk mendengarkan dan melakukan klarifikasi terkait adanya hal janggal tersebut.

Hubungan Antara Erigo Dengan Erspo

Salah satu yang juga sempat menjadi pertanyaan warganet adalah apakah Erspo dan Erigo memiliki afiliasi. Pasalnya, banyak yang mengira bahwa Erspo merupakan Erigo Sport yang merupakan anak dari induk perusahaan brand lokal ternama Erigo. Sama seperti brand induknya, Erigo Sport dengan Erigo didirikan oleh Muhammad Sadad.

Namun, fakta yang mencuat belum lama ini mengungkapkan bahwa ternyata Erspo yang diresmikan menjadi founder jersey Timnas 2024 ini bukanlah Erigo Sport, melainkan Ergonomic Sporty Outfit yang dalam Website Pangkalan Data Kekayaan Intelektual menyatakan bahwa Erspo merupakan hak milik Sadad sedangkan Erigo merupakan milik PT Idea Solusi Indonesia.

Meski dikabarkan oleh pesan kutipan yang diunggah oleh akun @indonesans yang diklaim bahwa Muhammad Sadad sudah tak lagi bagian dari Erigo. Sadad dalam akun resmi Instagramnya pada 23 Januari mengunggah foto kerjasamanya dengan PSSI dan menuliskan keterangan bahwa hadirnya Erigo adalah untuk memperkuat bisnis Erspo dengan menggandeng Erigo sebagai tim kreatif dalam pembuatan desain logo dan kain jersey yang akan digunakan oleh Erspo.

Selain itu, ia juga menerangkan tujuan adanya hubungan adalah dengan harapan dapat menghasilkan produk-produk yang berkualitas dan dapat diterima oleh masyarakat.

Kelanjutan Kontrak Jersey Timnas 2024

Jersey Timnas Indonesia telah diresmikan dan menyepakati akan menjadikan produksian Erspo sebagai jersey Timnas 2024. Pada Januari lalu, PSSI sudah mencapai kesepakatan dua tahun dengan Erspo untuk apparel Timnas Indonesia termasuk jersey skuad Garuda. PSSI juga menyatakan bahwa kontrak yang dijalankan antara PSSI dan Erspo akan berjalan selama dua tahun dengan komisi kerja sama sponsorship hingga 5 miliar.

Referensi:

  • https://www.cnnindonesia.com/olahraga/20240331114207-142-1080906/netizen-murka-kepada-desainer-jersey-timnas-boikot-erspo-menggema
  • https://www.cnnindonesia.com/olahraga/20240122165224-142-1052946/timnas-indonesia-punya-jersey-baru-maret-2024-diproduksi-erspo
  • Media sosial X
  • https://www.antaranews.com/berita/3927396/pssi-ikat-kerja-sama-baru-dengan-erspo-untuk-apparel-tim-nasional
  • https://www.antaranews.com/berita/3927396/pssi-ikat-kerja-sama-baru-dengan-erspo-untuk-apparel-tim-nasional

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

PN
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini