Saatnya Bangkit! Timnas U-23 Indonesia Masih Berpeluang ke Fase Gugur Piala Asia U-23 2024

Saatnya Bangkit! Timnas U-23 Indonesia Masih Berpeluang ke Fase Gugur Piala Asia U-23 2024
info gambar utama

Meski tak berhasil menang di laga perdana, Timnas U-23 Indonesia masih punya peluang untuk lolos ke fase gugur Piala Asia U-23 2024 asalkan bisa meraih hasil maksimal dari laga kontra Yordania dan Australia.

Indonesia telah menuntaskan laga perdana babak penyisihan Grup A Piala Asia U-23 2024 dengan menghadapi Qatar pada Senin (15/4/2024). Bermain di di Stadion Jassim bin Hamad, Doha, Indonesia kalah dengan skor 0-2.

Meski sempat tertekan pada awal laga, Indonesia cukup mampu mengimbangi permainan Qatar. Pada babak pertama, bahkan Rafael Struick sempat melepas tembakan yang mengenai tiang gawang.

Hanya saja, Indonesia kurang beruntung pada injury time babak kedua saat Rizky Ridho dianggap melakukan pelanggaran kepada Mahdi Salem Almejaba di kotak terlarang. Wasit asal Tajikistan Nasrullo Kabirov melihat video assitant referee (VAR) dan memberi hadiah penalti kepada Qatar yang mampu dieksekusi dengan tuntas oleh Khalid Ali Sabah.

Dalam kondisi tertinggal 0-1, Indonesia menyudahi babak pertama. Lalu pada menit ke-46, Ivar Jenner mendapat kartu kuning kedua karena dinilai melanggar bek Qatar, Saifeldeen Hassan Fadlalla. Ini membuat Indonesia harus bermain dengan 10 pemain.

Kalah jumlah pemain, Indonesia kebobolan untuk yang kedua kalinya melalui tendangan bebas Ahmed Al-Rawi pada menit ke-54. Hingga akhir laga, skor 0-2 tidak berubah.

Olimpiade Paris 2024 Bakal Seru, Ada Wakil Indonesia di Semua Sektor Bulu Tangkis!

Masih Berpeluang Lolos

Indonesia memasang target tinggi di Piala Asia U-23 2024. PSSI menetapkan target lolos ke babak delapan besar. Namun, Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas U-23 Indonesia bertekad membawa Garuda Muda menembus tiga besar demi mengamankan tiket ke Olimpiade Paris 2024.

Sepertu diketahui, Piala Asia U-23 2024 diikuti oleh 16 tim. Peraih juara, serta peringkat kedua dan ketiga akan berhak tampil di Olimpiade.

Kini, Indonesia harus lolos dari babak penyisihan grup menuju fase gugur. Peluang masih terbuka, dengan catatan wajib meraih hasil semaksimal mungkin dalam dua laga sisa.

Dalam dua laga tersebut, Indonesia akan menghadapi Australia dan Yordania pada 18 dan 21 April.

Beberapa jam sebelum laga Indonesia versus Qatar, Australia dan Yordania juga telah berduel. Hasilnya, kedua tim bermain imbang tanpa gol.

Idenya, Indonesia harus menang atas Australia dan Yordania. Sebab, penentuan peringkat utamanya akan ditentukan oleh hasil head to head apabila koleksi poin yang dimiliki Indonesia sama dengan tim lain di Grup A.

Shopee Cup, Panggungnya Klub Sepak Bola Indonesia untuk Jadi yang Terbaik di ASEAN

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini